Challenges in curriculum implementation and development at SMK Profita Bandung
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.36Keywords:
curriculum development, implementation curriculum, Kurikulum MerdekaAbstract
This research analyzes the implementation of the Kurikulum Merdeka at SMK Profita Bandung, focusing on the flexibility of the curriculum to meet the needs of students and industry. Data were collected through observations and interviews to identify curriculum development challenges and provide insights for improving vocational education practices. The study explores issues related to creating and implementing the curriculum at SMK Profita Bandung, particularly concerning the application of the Kurikulum Merdeka. It investigates how a flexible curriculum can meet students' needs and industry demands and the effectiveness of technology use in learning. Conducted descriptively qualitatively, the research gathered data through observations, document analysis, and semi-structured interviews. The findings indicate that the main challenges in curriculum development include limited resources, resistance to change among educators, and the need for ongoing teacher training. Furthermore, although the Kurikulum Merdeka offers flexibility, its implementation still faces obstacles, especially in collaboration between teachers, school principals, and other stakeholders. This research is expected to provide insights for improving curriculum development practices in vocational schools and support enhancing educational quality in Indonesia.
Abstrak
Penelitian ini menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Profita Bandung, fokus pada fleksibilitas kurikulum untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan industri. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi tantangan dalam pengembangan kurikulum, dengan tujuan memberikan wawasan untuk perbaikan praktik pendidikan vokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari masalah yang terkait dengan pembuatan dan pelaksanaan kurikulum di SMK Profita Bandung, terutama dalam hal penerapan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kurikulum yang fleksibel dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dan tuntutan industri serta seberapa efektif penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pengembangan kurikulum meliputi keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan di kalangan pengajar, serta kebutuhan pelatihan berkelanjutan untuk pendidik. Selain itu, meskipun Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas, implementasinya di lapangan masih menghadapi kendala, terutama dalam hal kolaborasi antara pendidik, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perbaikan praktik pengembangan kurikulum di SMK dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kata Kunci: implementasi kurikulum; Kurikulum Merdeka; pengembangan kurikulum
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.
Agustang, A. D. M. P. (2023). Mengintip revolusi pendidikan di Indonesia: Tantangan dan peluang dalam implementasi kurikulum merdeka. Phinisi Integration Review, 6(3), 500-506.
Al Munawar, M. A. R., Azyan, N. I., Aurelia, S., Indriani, S., & Hadiapurwa, A. (2025). Teachers' views on optimizing Kurikulum Merdeka in SMK Kencana accounting department. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 93-108.
Aprilia, W. (2020). Organisasi dan desain pengembangan kurikulum. Islamika, 2(2), 208-226.
Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum merdeka: Problematik guru dalam implementasi teknologi informasi pada proses pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65-70.
Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata pelajaran bahasa Indonesia masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri Balikpapan (tinjauan implementasi dan problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 189-198.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56-67.
Ekayana, A. A. G., & Ratnaya, I. G. (2022). Evaluasi kurikulum program sarjana sistem komputer menggunakan model CIPP Stufflebeam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 366-376.
Fadhillah, L., & Khairani, S. (2024). Game cards accounting sebagai inovasi media pembelajaran akuntansi berbasis teknologi digital menuju era society 5.0. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam (JIPPI), 2(2), 72-80 .
Fatimah, I. F. (2021). Strategi inovasi kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16-30.
Fatimatuzzahrah, F., Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah: Tantangan membangun kualitas pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-53.
Ferdiansyah, D., & Kaltsum, H. U. (2023). Teacher’s strategy in growing student creativity through the pancasila student profile strengthening project. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 46-54.
Fitria, R. D., & Rohayati, S. (2024). Pengembangan e-book berbasis kontekstual pada mata pelajaran komputer akuntansi program aplikasi accurate accounting V5 untuk kelas XI akuntansi dan keuangan lembaga. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8606-8614.
Hariyani, R., Prasetio, T., Utami, I. T., & Martini, M. (2023). Pemanfaatan perangkat lunak akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan bagi tingkat sekolah menengah kejuruan. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 9-18.
Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.
Kholiq, I. N., & Syamsudin, M. (2022). Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Mansyaul Huda Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Manajemen pendidikan Islam, 3(2), 253-269.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Kumar, V., & Rewari, M. (2022). A responsible approach to higher education curriculum design. International Journal of Educational Reform, 31(4), 422-441.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Muin, A. A., Hafiz, A., Karyadiputra, E., Pratama, S., & Setiawan, A. (2023). Pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran di SDN Tabing Rimbah 2. Abdine: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193-198.
Negara, O. J., Husain, M. K., & Khong, I. (2023). Peran transformasi teknologi informasi di era industri 4.0 pada profesi akuntansi. Jurnal Mentari: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 84-94.
Nurcahyono, B., Retnowati, R., & Sutisna, E. (2020). Implementasi kurikulum berbasis industri di SMK mitra industri Mm2100 Cikarang-Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 81-88.
Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic, 4(1), 14-23.
Prasetyarini, A., Anif, S., Harsono, Narimo, S., & Nugroho, M. S. (2025). Peer collaboration in P5: Students' perspective of project-based learning in multicultural school setting. International Journal of Innovation and Learning, 37(1), 104-119.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan pendidikan Indonesia di era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 31-838.
Rahmi, E. (2021). Analisis pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan Islam. El-Rusyd, 6(1), 60-72.
Ralston, S. J. (2021). Higher education’s microcredentialing craze: A postdigital-Deweyan critique. Postdigital Science and Education, 3(1), 83-101.
Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.
Sabila, K. (2021). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Prima Ma’arif NU. Jurnal pendidikan Generasi Nusantara, 2(2), 352-359.
Safitri, E., Pariati, E., & Nursalim, E. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan pengembangan pembelajaran PAI. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 2(1), 41-54.
Salamah, U., Listiyani, Y., & Mustafiyanti, M. (2024). Analisis konsep dan struktur kurikulum merdeka dan merdeka belajar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(2), 123-129.
Setioyuliani, S. E. P., & Andaryani, E. T. (2023). Permasalahan kurikulum merdeka dan dampak pergantian kurikulum K13 dan kurikulum merdeka. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 157-162.
Sholeh, M. I., Rohman, H., Suwandi, E. A., Efendi, N., & Muhajir, A. A. (2023). Transformation of Islamic education: A study of changes in the transformation of the education curriculum. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 33-50.
Silvana, H., & Setiani, S. (2018). Peran guru pustakawan dalam peningkatan minat baca siswa pada program literasi informasi. Edutech, 17(2), 215-229.
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum pada tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3), 230-238
Spöttl, G., & Windelband, L. (2021). The 4th industrial revolution–its impact on vocational skills. Journal of Education and Work, 34(1), 29-52.
Suryaningsih, H. A., & Purnomo, H. (2023). Kesiapan guru terhadap literasi digital pada implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Sembungan. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 247-253.
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan guru abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 221-231
Vreuls, J., Koeslag‐Kreunen, M., van der Klink, M., Nieuwenhuis, L., & Boshuizen, H. (2022). Responsive curriculum development for professional education: Different teams, different tales. The Curriculum Journal, 33(4), 636-659.
Wulandari, C. R., & Ningrum, T. A. Syahril.(2024). Kepemimpinan transformasional kepala SMK Negeri se-kota Padang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(1), 66-75.
Xie, Q. (2021). Applying vocational education and training pedagogy in business English courses for China's English major undergraduates. Education Training, 63(2), 292-312.
Yahya, N., Santaria, R., & Muhaemin, M. (2024). Manajemen dan evaluasi penerapan kurikulum merdeka di SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1383-1393.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Balqis Najmi Aqila Putri Syaela, Firda Nur Fauziah, Syahla Aulia Syahida, Zahra Tazkia (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.