The effect of the implementation of the literacy movement on the reading ability of V grade students at Sokoharjo elementary school
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.111Keywords:
biography, literacy movement, reading abilityAbstract
The literacy movement at Sokoharjo Elementary School is implemented through a reading corner program, flashcards, and biographical texts of heroes, designed to create an engaging reading environment for students. Gerakan Literasi Sekolah (GLS), with its reading corner, offers access to a diverse range of reading materials. GLS utilizes flashcards to improve vocabulary recognition and quick comprehension. Additionally, the literacy movement with biographical texts of heroes enriches general knowledge and motivates students through inspirational stories. This study aims to measure the effect of the literacy movement program on the reading ability of fifth-grade students at Sokoharjo Elementary School. A quantitative approach, utilizing an experimental design, was employed in this study. To measure its effect, a Paired Sample T-Test statistical test was used, which showed a substantial average difference between the results of the initial test (pre-test) and the final test (post-test) of students. These findings demonstrate that the literacy movement has been successful in enhancing the reading abilities of fifth-grade students at Sokoharjo Elementary School. Thus, the literacy movement can be recognized as an effective method for improving students' reading abilities.
Abstrak
Gerakan literasi di SDN Sokoharjo diimplementasikan melalui program pojok baca, flash card, dan teks biografi pahlawan yang dirancang untuk menciptakan lingkungan membaca yang menarik bagi peserta didik. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan pojok baca menyediakan akses ke beragam bahan bacaan, gerakan literasi menggunakan flash card untuk meningkatkan pengenalan kosakata dan pemahaman cepat, serta GLS dengan teks biografi pahlawan memperkaya pengetahuan umum dan memotivasi peserta didik melalui kisah inspiratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh program gerakan literasi terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Sokoharjo. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengukur pengaruhnya, digunakan uji statistik Paired Sample T-Test yang menunjukan perbedaan rata-rata yang substansial antara hasil tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) peserta didik. Temuan ini membuktikan bahwa gerakan literasi berhasil meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Sokoarjo. Dengan demikian, gerakan literasi dapat diakui sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
Kata Kunci: biografi; gerakan literasi; kemampuan membaca
References
Abustang, P. B. (2023). Pengaruh implementasi literasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Inpers Tangalla melalui studi literatur. Selecta Education , 6(2), 93-102.
Alfiana, D. R. N., Nurazizah, R. A., & Arviana, V. (2023). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap peningkatan minat baca siswa kelas IV SD Negeri 2 Landungsari. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(1), 7-15.
Andini, M. D., Chandra, C., & Syam, S. S. (2025). Strategi berpikir kreatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 161-173.
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74-83.
Anjarini, T., & Pangestika, R. R. (2022). Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan uang asli untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II. Jurnal Educatio FKIP Unma, 8(4), 1253-1260
Arifin, Z., & Ismail, M. (2023). Meningkatkan minat baca siswa berbasis implementasi program literasi. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(10), 1345-1356.
Arsya, F., & Safitri, L. (2019). Pengaruh metode pembelajaran authentic material terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 4(1), 15-29.
Arya, G. Z., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Nugraha, H. (2024). Implementasi monitoring dan evaluasi pada pengembangan koleksi perpustakaan SMA Pasundan 8 Bandung. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 15(1), 39-50.
Aulia, W. P., & Hadiapurwa, A. (2023). Pengaruh pendidikan non-formal bimbel (bimbingan belajar) terhadap minat literasi anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 192-196.
Babayiğit, S., Hitch, G. J., Kandru-Pothineni, S., Clarke, A., & Warmington, M. (2022). Vocabulary limitations undermine bilingual children’s reading comprehension despite bilingual cognitive strengths. Reading and Writing, 35(7), 1651-1673.
Diana, D., & Juairiah, J. (2022). Impelemtasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal El-Pustaka, 3(1), 67-80.
Fitriati, S., Apriliya, S., & Ganda, N. (2024). Analisis program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) pada tahap pembiasaan di sekolah dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 101-107.
Hafis, C., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Multimedia interaktif berbasis literasi sains dan karakter bagi siswa sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 246-252.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56-63.
Juliana, R., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan gerakan literasi terhadap kemampuan literasi sains dan literasi membaca di sekolah dasar. Journal of Education Research, 4(3), 951-956.
Kusuma, A. W. & Sari, C. K. (2023). Penerapan model belajar calistung untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran , 5(1), 18-25.
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas , 8(1), 128-134.
Rahmadani, A., & Anas, N. (2025). Development of word booklet learning media to improve early reading ability in elementary school. Inovasi Kurikulum, 22(2), 999-1014.
Rumaf, N., & Wahyuningsih, A. (2020). Penerapan gaya literasi read and writing bagi siswa di SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong Warmon Kokoda Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimasa, 3(1), 21-27.
Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri I Penatih. Pendasi Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53-63.
Şimşek, B., & Direkçi, B. (2023). The effects of augmented reality storybooks on student's reading comprehension. British Journal of Educational Technology, 54(3), 754-772.
Salma, A. (2019). Analisis gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122-127.
Sholeh, A., Riyanto, Y., & Bachri, S. S. (2021). Pengaruh pembelajaran konstruktivistik dengan metode problem solving terhadap kreativitas siswa MAN. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 44-51.
Simbolon, J. (2023). Transformasi pembelajaran bahasa indonesia melalui penerapan literasi di sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 162-171.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; 3rd ed.) Alfabeta
Suryanti, S. (2025). Penguatan literasi bahasa Indonesia bagi remaja melalui program pojok baca di sekolah. Abdisoshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 4(1), 26-34.
Tihurua, F. S. (2024). Sosialisasi literasi dan pembuatan lapak baca di Desa Kawa, Kabupaten Seram Bagian Barat. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 432-436.
Wulandari, T., & Haryadi, H. (2020). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan keterampilan membaca siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 92-97.
Yunianika, I. T. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497-503.
Zahra, K. A., Pribadi, R. A., & Jamaludin, U. (2023). Peningkatan keterampilan membaca permulaan di kelas 2 SD menggunakan media kartu huruf. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3516-3528.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chisa Amanda Putri, Nur Ngazizah, Rintis Rizkia Pangestika (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.