Development of PPKn worksheet using problem-based learning to improve critical thinking

Authors

  • Jesika Sitorus Universitas Negeri Medan Author
  • Dede Ruslan Universitas Negeri Medan Author
  • Rosmala Dewi Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.123

Keywords:

critical thinking, LKPD, Pancasila education, problem-based learning, student worksheets

Abstract

The need for learning that is able to improve critical thinking skills, active participation of students, and suitability for children's cognitive development. This research aims to develop Problem-Based Learning (PBL) based Pancasila Education (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan or PPKn) student worksheets (Lembar Kerja Peserta Didik or LKPD) on the material “Aku Patuh Aturan” for grade III students of SDN 101912 Pagar Merbau. This research uses a modified ADDIE development model, including the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used were validation sheets, response questionnaires, and multiple-choice patterned pre-test-post-test tests. Data analysis was carried out descriptively and quantitatively using percentages for feasibility and practicality and comparative analysis for effectiveness. The validation results showed that the LKPD was very valid from the aspects of material, media, and language. Practicality tests on a small group and field trials resulted in a very practical category based on teacher and student responses. The effectiveness evaluation revealed a significant increase in students' critical thinking skills, with the percentage of completed students increasing from 4.5% to 81.8%. These findings strengthen the conclusion that PBL-based LKPD is feasible to use and effective in improving critical thinking of elementary school students.

 

Abstrak

Kebutuhan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, partisipasi aktif murid, dan kesesuaian dengan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pendidikan Pancasila berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada materi “Aku Patuh Aturan” untuk murid kelas III SDN 101912 Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, angket respons, dan tes pre-test-post-test berpola pilihan ganda. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase untuk kelayakan dan kepraktisan serta analisis perbandingan untuk efektivitas. Hasil validasi menunjukkan LKPD sangat valid dari aspek materi, media, dan bahasa. Uji kepraktisan pada uji coba kelompok kecil dan lapangan menghasilkan kategori sangat praktis berdasarkan respons guru dan murid. Evaluasi efektivitas mengungkapkan peningkatan signifikan keterampilan berpikir kritis murid, dengan persentase murid tuntas bertambah dari 4,5 % menjadi 81,8 %. Temuan ini memperkuat kesimpulan bahwa LKPD berbasis PBL layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan berpikir kritis murid sekolah dasar.

Kata Kunci: berpikir kritis; lembar kerja peserta didik; LKPD; pendidikan Pancasila; problem-based learning

References

Ahmad, K., & Hidayat, A. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan PKn melalui pembelajaran learning community pada siswa sekolah dasar. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 75-83.

Aisah, R. N., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2022). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar PPKn di SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671-685.

Aisyah, F. N., & Gumala, Y. (2025). Implementasi model Problem-Based Learning (PBL) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar: Literature review. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 4(1), 1-14.

Akbar, M. S. F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan media komik digital penerapan sila Pancasila berbasis masalah dalam pembelajaran PPKn sekolah dasar. Kompetensi, 16(1), 160-167.

Ali, N. N., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis problematika guru sekolah dasar dalam kegiatan pembelajaran tematik pada era new normal. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 503-510.

Amelia, B. T., & Hamidaturrohmah, H. (2025). Efektivitas model problem based learning berbasis kontekstual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 44-60.

Anbiya, K., & Khaldun, I. (2023). Integration of problem-based learning model with guided inquiry worksheet to enhance scientific process skills and critical thinking abilities. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8328-8334.

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa SD pada mata pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459-467.

Atizah, K., Yusuf, M., & Ilham, D. (2024). Validitas dan kepraktisan LKPD interaktif berbantuan Canva pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Bua Ponrang. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), 73-82.

Azizah, S. N., & Prasetiyo, W. H. (2023). Profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka: Persepsi dan harapan pengajar PPKn. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5375-5383.

Cahyani, M., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran problem based learning pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534-1540.

Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis berpikir kritis pada pembelajaran PKN di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.

Fathurrahman, F., & Puspita, R. D. (2025). Penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di Kelas IV SDN 18 Dodu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 124-129.

Gustina, R. R., & Jayadinata, A. K. (2023). Pengaruh bahan ajar PowerPoint interaktif dengan model contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatan pemahaman konsep pelajaran PKn kelas V SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 1-11.

Hakim, A. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam membangun karakter dan moral siswa melalui pendidikan kewarganegaraan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 748-752.

Handoyo, A. F., Sobandi, A., & Bimo, W. A. (2024). Trend and research focus on problem-based learning and learning outcome in the world: Bibliometric analysis. Inovasi Kurikulum, 21(2), 1289-1302.

Herdiansyah, G. P. (2025). Peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran Matematika melalui problem based learning pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Wuny, 7(1), 65-77.

Hidayat, F. S., Nuha, U., & Rusdianto. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis three dimensional thinking graph untuk meningkatkan bernalar kritis pada pembelajaran IPA SMP. Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(4), 456-462.

Julisa, T. C., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2023). Pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 234-246.

Khairunnisa, A. A., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Studi implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila: Meningkatkan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 242-250.

Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358.

Khoirunni’ma, F., Matsuri, M., Mahfud, H., & Surya, A. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir pada pembelajaran PPKn menghargai keragaman di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(5), 322-327.

Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 152-161.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

McArthur, J. (2023). Rethinking authentic assessment: Work, well-being, and society. Higher Education, 85(1), 85-101.

Meha, N., Armanto, D., & Sutopo, A. (2025). Developing student worksheets (LKPD) based on Problem-Based Learning (PBL) to improve students' learning outcomes. Inovasi Kurikulum, 22(2), 847-860.

Milala, K. N. B., Harahap, F., & Hasruddin, H. (2024). Developing STEM-based LKPD to improve student's critical thinking abilities. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2243-2262.

Mukhlisotin, F. A., & Rahmandani, F. (2023). Peningkatan keterampilan kewarganegaraan peserta didik dengan penerapan model problem-based learning berbasis e-LKPD interaktif. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 17-27.

Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Academy of Education Journal, 14(2), 359-366.

Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603-610.

Pratomo, W., & Putri, Y. K. (2023). Pengembangan e-LKPD berbasis live worksheet pada muatan PPKn siswa kelas 4 SD negeri 2 Karanganyar Kebumen. Journal of Contemporary Issues in Primary Education, 1(2), 62-67.

Rahma, E. L., Hadiyanti, A. H. D., & Kriswanto, Y. B. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir analisis dan hasil belajar siswa dengan model PBL (Problem Based Larning) dalam mata pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 55-62.

Rahmawati, A., & Wardani, K. W. (2023). Upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model berbasis masalah berbantu media flashcard dalam pembelajaran pendidikan Pancasila kelas 1 SD Negeri Secang 1. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 198-206.

Rosita, R., Safitri, R. D., Suwarma, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(3), 238-247.

Sabarudin, M., Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Metode project-based learning untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 15-22.

Sakti, N. C., & Luthfiyah, A. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 694-698.

Saputri, W., & Reinita, R. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis Canva dalam pembelajaran pendidikan pancasila elemen nilai-nilai Pancasila kelas IV sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 333-341.

Sarbaini, W., Peranginangin, R. B. B., & Sumarno. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis 2022/2023. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 391-402.

Septiari, N. K. (2025). Metacognitive-based learning management system in IPAS: A study on enhancing independence and critical thinking skills. Journal of Education Technology, 9(1), 172-180.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Shefira, A., Dewi, N. R., & Octaviani, R. (2024). Inovasi pembelajaran PKn di era digital dengan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-10.

Sholihah, M., & Amaliyah, N. (2022). Peran guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898-905.

Sofiyan, F. H., Sanusi, A. R., & Susanto, E. (2024). Peran guru pendidikan Pancasila pada proyek suara demokrasi dalam upaya meningkatkan partisipasi politik siswa kelas XI di SMAN 5 Karawang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 123-133.

Suharyati, T., & Arga, H. S. P. (2023). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 45-53.

Suratman, A., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban untuk kelas III SDN 3 Golong. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(5), 203-214.

Susilawati, W. O. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pendidikan Pancasila berbasis model Self Directed Learning (SDL) pada siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 807-816.

Syahnia, S. M., Haenilah, E. Y., Perdana, R., & Caswita, C. (2024). Ethnomathematics-based Problem Based Learning (PBL) model to increase students’ critical thinking in Mathematics learning. Lectura : Jurnal Pendidikan, 15(2), 571-581.

Utari, N. M. W., Widiada, I. K., & Nisa, K. (2022). Kesulitan guru dalam menyusun soal HOTS pada mata pelajaran PPKn kelas tinggi di SDN Gugus V Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2413-2419.

Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127-136.

Zakiah, L. (2021). Pengembangan instrumen keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 272-281.

Zumratul, T., Ermiana, I., & Tahir, M. (2023). Pengaruh penggunaan LKPD terhadap hasil belajar PPKn siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 143-148.

Published

28-11-2025

Similar Articles

1-10 of 89

You may also start an advanced similarity search for this article.