The development of a customer-based (TQM) quality management model at Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung

Authors

  • Isep Saepulloh Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Johar Permana Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Danny Meirawan Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Nur Aedi Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.167

Keywords:

college, education, manual quallity

Abstract

Quality assurance in higher education is a crucial and mandatory aspect for any university, including at Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung. Educational quality assurance will enhance global competitiveness in terms of the university’s overall quality. The purpose of this article is to explain the development of a customer-based (TQM) quality management model at Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung. The method used is a descriptive qualitative approach with a PPEPP (Determination, Implementation, Evaluation, Control, and Improvement) standard. The results of the study show that the education quality manual was developed through five stages, involving the BPH, Rectorate (comprising the Rector and Vice Rectors 1–3), Senate, Deans, and Heads of Study Programs. Each party has specific responsibilities and has successfully produced the necessary documents and performance indicators. The development of this quality manual takes into account the goals, vision, and mission of the university, which are aligned with Islamic values. This development improved the education standards and learning outcomes at Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung according to Islamic values.

 

Abstrak

Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan hal yang sangat penting dan wajib dalam sebuah perguruan tinggi, begitupun di Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung. Penjaminan mutu pendidikan akan menciptakan daya saing secara global mengenai mutu perguruan tinggi itu sendiri. Tujuan artikel ini adalah menjelaskan pengembangan model manajemen mutu berbasis pelanggan (TQM) di Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) standar. Hasil dari penelitian adalah manual mutu pendidikan dikembangkan melalui lima tahapan oleh BPH, Rektorat (Rektor, Warek 1-3), Senat, Dekan dan Kaprodi. Semua pihak mempunyai tugas masing-masing dan berhasil mengeluarkan dokumen dan indikator kerja yang dibutuhkan. Pengembangan manual mutu ini dilakukan dengan memperhatikan tujuan atau visi dan misi universitas yang mengarah pada nilai Islam. Pengembangan manual mutu ini menghasilkan standar pendidikan dan capaian pembelajaran di Universitas Halim Sanusi Persatuan Ummat Islam Bandung menjadi lebih baik sesuai dengan nilai islam.

Kata Kunci: manajemen mutu; pendidikan; perguruan tinggi

References

Abaimuhtar, A. B., & Yasin, M. (2024). Konsep Total Quality Management (TQM) dan implementasi konteks pendidikan. Al-Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-12.

Andriana, R., & Wulandari, E. (2023). Evaluasi kinerja guru dan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(4), 215-227.

Annisa, A., & Gyfend, P. (2021). Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 929-936.

Cappa, E., Hamzah, R. A., & Intan, I. (2024). Pengembangan aspek landasan terhadap perancangan kurikulum di sekolah dasar. Scholars, 2(1), 14-28.

Erfiyana, E., Sehabudin, B., & Gumilar, D. (2024). Implementasi budaya mutu sekolah melalui pendekatan total quality management. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1055-1066.

Fitriani, D., & Zahra, N. (2022). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap kualitas pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(3), 202-214.

Hadijaya, Y., Fahada, N., Iman, M., Irwansyah, I., & Nasution, R. H. (2024). Penerapan sistem manajemen pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di lembaga pendidikan. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1), 95-92.

Hidayah, N., & Ma’arif, S. (2023). Diagnosis tata kelola perguruan tinggi berbasis good university governance. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 7(2), 110-123.

Hidayat, S., & Anggraini, D. (2020). Strategi pengelolaan mutu pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 137-145.

Mubarok, R., Muhith, A., & Muis, A. (2024). Manajemen peningkatan mutu pendidikan di Universitas Islam Jember. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 277-290.

Mulyasa, E., & Aryani, W. D. (2022). Implementasi sistem penjaminan mutu internal di era merdeka belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 933-944.

Murtyaningsih, R. (2024). Analisis penerapan sistem manajemen pendidikan tinggi dalam mewujudkan good university governance di STAI Muhammadiyah Blora. Jurnal Pedagogy, 17(1), 55-72.

Ndoluanak, Y. H., Husnorofik, Z., Riyadi, R., & Ridwan, A. (2023). Urgensi sistem penjaminan mutu internal terhadap peningkatan mutu di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 46-53.

Neliwati, Bakti, S., & Lubis, S. (2024). Pengendalian dan peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi: Konsep dan aplikasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3261-3270.

Nuraeni, A., Lindasari, A., Rahmawati, R., Amalia, S. N. A., & Kholik, A. (2025). Analisis transformasi penjaminan mutu pendidikan tinggi berdasarkan tinjauan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi No. 53 Tahun 2023. Karimah Tauhid, 4(6), 3756-3772.

Nurdiniyya, Y. Q. (2025). Strategi peningkatan mutu pendidikan berbasis Total Quality Management (TQM) di Madrasah Al-Azhar Samarinda. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 121-131.

Prasetyo, H., & Suharto, E. (2020). Reformasi kurikulum untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(3), 105-118.

Rahman, D. A., Hidayat, D. A., & Sugiharti, I. (2023). Konsep Islam tentang total quality management. Jurnal Studi Islam Multidisiplin, 1(1), 109-147.

Salsabila, H., Rohmah, P., Maulidah, L. N., & Susilawati, S. (2025). Pengembangan kurikulum di MI KH Hasyim Asy'ari Kota Malang. Jurnal Ilmiah Madrasah, 2(1), 1-15.

Sanda, Y., Warman, W., Pitriyani, A., & Yesepa, Y. (2022). Peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 85-94.

Sapruddin, S., Rahelli, Y., Fitriyana, F., Ayunira, L. M., Maisaroh, H., & Rahmawati, V. (2025). Peran penjaminan mutu dalam meningkatkan akreditasi perguruan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Multazam, 7(1), 30-45.

Sari, A. T., & Hidayati, L. (2021). Peran kurikulum dalam peningkatan mutu pendidikan di era globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-56.

Sari, D. L., NoorMi’raj, M. L., Aslamiah, & Cinantya, C. (2024). Total Quality Manajement (TQM) kepuasan pelanggan sebagai perbaikan mutu pendidikan. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 8(4), 481-491.

Sitorus, A. S., & Dahlan, Z. (2024). Model sistem penjaminan mutu internal program studi pendidikan Islam anak usia dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 259-278.

Sularno, M., Wasliman, I., Muchtar, H. S., & Warta, W. (2022). Manajemen sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu lulusan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 451-466.

Sulkifli, S., Reskiah, R., Muqim, F., Maulana, M. M., Juliati, T., Surahman, M. S., & Sari, A. P. I. (2025). Manajemen mutu dan supervisi pendidikan. Naafi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(4), 505-512.

Sutrisno, A., & Anwar, M. (2021). Keterlibatan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Masyarakat dan Pendidikan, 7(1), 110-121.

Wahyuni, A. D., & Solichin, M. M. (2025). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pengelolaan mutu pendidikan di SMP Negeri 8 Pamekasan. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 24(1), 202-217.

Widiastuti, W., & Purnamaningsih, I. R. (2025). Manajemen mutu pendidikan berbasis digital: Pengaruh implementasi sistem informasi pendidikan terhadap kinerja akademik di perguran tinggi. Journal Development, 13(1), 161-173.

Widiawati, W., Suryana, A., & Alkadri, H. (2022). Implementasi sistem penjaminan mutu internal pada perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan global. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(2), 235-250.

Zaki, C., Ummah, K., AP, I. M., & Sodiq, A. (2024). Total Quality Management (TQM): Ffilosofi, evolusi, dan pendekatan strategis. Inflasi: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 1(1), 10-20.

Zulfa, E. (2025). Peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan total quality management di lembaga pendidikan Islam. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 21-31.

Published

28-11-2025

Similar Articles

21-30 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.