Boosting Islamic history learning through Digital Storytelling (DST) at MI Ziyadatul Ahsan Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.184Keywords:
digital storytelling, Islamic cultural history, learning outcomes, learning interestAbstract
This study was motivated by the limitations of conventional teacher-centered methods, which often lead to low student engagement and achievement in Islamic Cultural History (Sejarah Kebudayaan Islam or SKI) learning. The main objective was to compare the effectiveness of Digital Storytelling (DST) and conventional methods, examine the main effect of learning interest, and analyze their interaction in improving learning outcomes that encompass both cognitive and affective dimensions. This study employed a factorial experimental design with a pretest-posttest control group, involving forty-seven fourth-grade students who were divided into experimental and control groups. Data were collected through validated learning achievement tests and learning interest questionnaires, and analyzed using Two-Way ANOVA. The findings indicate that DST is significantly more effective in enhancing learning outcomes compared to conventional methods. Learning interest also showed a significant effect, with students demonstrating high interest achieving better results. Furthermore, a significant interaction was identified between instructional models and learning interest, suggesting that DST is most effective when combined with high learning interest, while still providing benefits for students with lower interest. These results highlight the role of DST as an innovative and inclusive pedagogical approach to strengthening SKI learning in the digital era.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan metode konvensional yang berpusat pada guru, yang sering kali mengakibatkan rendahnya keterlibatan dan capaian belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan utama penelitian ini adalah membandingkan efektivitas metode Digital Storytelling (DST) dengan metode konvensional, menguji pengaruh utama minat belajar, serta menganalisis interaksi keduanya dalam meningkatkan hasil belajar yang mencakup aspek kognitif dan afektif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen faktorial dengan model pretest-posttest control group, yang melibatkan empat puluh tujuh siswa kelas IV yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang telah divalidasi serta kuesioner minat belajar, kemudian dianalisis menggunakan Two-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode DST secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan metode konvensional. Minat belajar juga terbukti memberikan pengaruh signifikan, di mana siswa dengan minat tinggi memperoleh capaian yang lebih baik. Selain itu, ditemukan adanya interaksi signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar, yang menunjukkan bahwa DST paling optimal ketika dipadukan dengan minat belajar tinggi, namun tetap memberikan manfaat bagi siswa dengan minat rendah. Temuan ini menegaskan peran DST sebagai pendekatan pedagogis inovatif dan inklusif dalam memperkuat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di era digital.
Kata Kunci: digital storytelling; hasil belajar; minat belajar; sejarah kebudayaan Islam
References
Alim, U. N., Mariah, E., & Rivai, M. (2024). The relationship between learning motivation and arabic language learning achievement of junior high school students in Makassar city. Pinisi Journal of Art, Humanity, and Social Studies, 4(3), 214-224.
Aprijal, A., & Syarifudin. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Mitra PGMI, 6(1), 76-91.
Azizeh, S. N. (2021). Metode kisah dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan bercerita pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 88-114.
Azzahra, A. M., Rochmawati, R., & Zahra, H. A. (2025). Students' motivation in learning English through ubiquitous learning (video-based learning). Journal of English for Academic and Specific Purposes (JEASP), 8(1), 34-48.
Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuadin, A. (2024). Efektivitas pembelajaran berbasis teori kontruktivisme melalui media e-learning. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 636-648.
Chen, H. J. (2024). Multimodal digital storytelling presentations in EFL contexts: Learning outcomes, positive/negative affects, and perception between high-/low-achieving learners. Innovation in Language Learning and Teaching, 18(2), 181-196.
Damanik, M. H., Perangin-angin, R. B. B., Ndona, Y., & Yunita, S. (2025). Development of storytelling media to increase Civic education interest in elementary students. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1503-1518.
Fatmawati, E. (2017). Media baru digital storytelling di perpustakaan. Libraria, 4(2), 105-117.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 4(2), 47-53.
Firmansyah, H. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital untuk meningkatkan minat belajar sejarah di sekolah menengah atas. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 541-548.
Hamida, N. A., Sein, L. H., & Ma'rifatunnisa', W. (2022). Implementasi teori meaningfull learning David Ausubel dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nursyamiyah Tuban. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1386-1400.
Hendrawijaya, A. T. (2022). Effects of mediation of learning interest in improving student learning achievement. International Journal of Instruction, 15(1), 857-872.
Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2012). A project-based digital storytelling approach for improving students' learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Journal of Educational Technology & Society, 15(4), 368-379.
Julia, M. A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses pembelajaran konstruktivisme yang bersifat generatif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-7.
Martarini, N. M. L., Ayu, N. N., Sastaparamitha, S., & Primandana, P. A. (2020). Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) "Google Classroom" dalam pembelajaran teks "descriptive." Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(2), 671-679.
Munawir, M., Negari, B. D., & Ta'dzimah, I. (2023). Penanaman nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter siswa melalui pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI). Fikrah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 1-14.
Murti, N. L. P., Widiana, I., & Wibawa, I. M. (2022). Pengaruh pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi terhadap kualitas literasi finansial dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 23-34.
Musthofa, Z., Faizin, F., & Sanjani, M. A. F. (2025). Strategi pembelajaran storytelling adaptif untuk menanamkan nilai akhlak mulia pada siswa MI di era digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4282-4291.
Najla, A. P., Izzati, N. V., Oktaviani, D., & Marini, A. (2022). Digital storytelling untuk meningkatkan karakter siswa SD pada kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 413-424.
Nasution, A., Siburian, A. T., Saragih, T., & Aritonang, H. (2025). Pengaruh gaya bahasa gen Alpha terhadap kedudukan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(5), 966-969.
Pratama, P. R. (2024). Objek evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam analisis taksonomi Bloom (kognitif, afektif, psikomotorik). Edu Global Учредители: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, 5(1), 18-26.
Puspitaningrum, M. N., & Purnomo, H. (2025). Analisis keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa kelas 2 SDN Krebet. JBES (Journal Basic Education Skills), 3(2), 129-136.
Puteri, A. R., Nasution, W. N., & Nasution, M. I. P. (2025). Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan: Konsep, perkembangan, dan inovasi media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 5(4), 50-55.
Ratih, M., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Media digital storytelling pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMP di Bandung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3119-3126.
Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter, 1(1), 1-8.
Reinita, R. (2020). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model problem based learning di sekolah dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88-96.
Riswan, D., Rohmadi, S. H., & Suhardi, M. (2024). Peningkatan keterlibatan siswa dalam digitalisasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Wera. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 4(3), 129-136.
Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Arita, M. (2023). Implementasi nilai pendidikan karakter pada siswa kelas 2 SD berbasis digital storytelling. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 784-808.
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1), 78-81.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.
Sinaga, D. Y., Yunilisa, R., Simangunsong, S., Simajuntak, A., Sinaga, F., Sinaga, Y. P., Hutagalung, W., Simbolon, U. G., Sitindaon, L. M., & Maharani, N. (2024). Mengembangkan minat belajar siswa untuk meningkatkan pembelajaran Matematika SD kelas tinggi. Jurnal Educendikia, 4(3), 1550-1560.
Sokheh, M., & Hendrawati, T. (2025). Strategi penggunaan media dan teknologi digital dalam pembelajaran kurikulum merdeka pada pendidikan Islam. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(4), 2640-2653.
Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.
Tamimi, M. A. A., Elahi, E., & Ramadan, J. A. (2024). Digital narratives for academic success: Enhancing student achievement through storytelling. Journal of Learning and Development Studies, 4(1), 31-51.
Wicaksono, A. G. Jumanto, & Irmade, O.(2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215-226.
Yang, Y. T. C., & Wu, W. C. I. (2012). Digital storytelling for enhancing student academic achievement, critical thinking, and learning motivation: A year-long experimental study. Computers and Education, 59(2), 339-352.
Yani, D. E., & Hadiyanti, P. O. (2025). The influence of using animated videos on elementary school students' learning motivation. Inovasi Kurikulum, 22(2), 1069-1082.
Yunus, R. (2018). Teori belajar sibernetik dan implementasinya dalam pelaksanaan diklat. Journal of Education Science, 4(2), 32-41.
Zalsabella P, D., Ulfatul C, E., & Kamal, M. (2023). Pentingnya pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter dan moral anak di masa pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43-63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sanusi, Khasanah, Pardan Prasetyo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.