Development of Mathematics learning tools through Realistic Mathematics Education (RME) to enhance spatial ability

Authors

  • Fince Yeni Putri Purba Universitas Negeri Medan Author
  • Bornok Sinaga Universitas Negeri Medan Author
  • Fauziyah Harahap Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.110

Keywords:

elementary students, learning tools, Realistic Mathematics Education, RME, spatial ability

Abstract

This study aims to develop mathematics learning tools based on Realistic Mathematics Education (RME) to improve elementary school students’ spatial ability. The research was conducted in response to students’ low spatial skills, primarily caused by the dominance of conventional teaching methods, limited use of contextual media, and the absence of systematically integrated learning tools using the RME approach. The development procedure used a modified ADDIE model consisting of three main stages: analyze, design, and develop. The research subjects included fourth-grade students and mathematics teachers at SDN 102083 Pabatu. The instruments involved expert validation questionnaires, student response questionnaires, spatial ability tests, and observation sheets for lesson implementation. The results showed that the developed learning tools were deemed valid by material experts, media experts, and teachers. The high level of lesson implementation and positive responses from both students and teachers confirmed practicality. Effectiveness was evidenced by the improvement in pretest and posttest scores, with a normalized gain score of 0.651 and a classical mastery percentage of 88 percent. These findings suggest that RME-based learning tools are effective in enhancing students’ spatial abilities in Mathematics.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) guna meningkatkan kemampuan spasial murid sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan spasial murid yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional, penggunaan media yang kurang kontekstual, serta belum tersedianya perangkat ajar yang mengintegrasikan pendekatan RME secara sistematis dan menyeluruh. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap utama, yaitu analyze, design, dan develop. Subjek penelitian meliputi murid kelas IV SDN 102083 Pabatu dan guru mata pelajaran Matematika. Instrumen yang digunakan mencakup angket validasi, angket respon, tes kemampuan spasial, dan lembar observasi keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru. Perangkat juga tergolong praktis karena keterlaksanaan pembelajaran mencapai kategori baik dan memperoleh respon positif dari guru dan murid. Keefektifan perangkat dibuktikan melalui peningkatan nilai pretest dan posttest, dengan skor N-Gain sebesar 0,651 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis RME efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial murid sekolah dasar.
Kata Kunci: kemampuan spasial; perangkat pembelajaran; Realistic Mathematics Education; RME; sekolah dasar

References

Abdurohim, R., Wahyudin, D., & Susanti, L. (2025). Research trends on RME and self-confidence in the Mathematics education curriculum. Inovasi Kurikulum, 22(1), 465-492.

Ainurrahmah, A., Helena, G., & Handayani, R. (2023). Analisis kemampuan spasial visualization siswa sekolah dasar dalam pemecahan masalah geometri. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 717-725.

Aisyah, S., Lusiana, L., & Retta, A. M. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi bangun ruang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 123-137.

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978-1986.

Asni, A. S., & Hidayat, W. (2023). Pengembangan e-LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Google Form untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 166-171.

Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112-119.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.

Azzahra, M., Kurniawan, R., Sapitri, T. S., Mahendra, Y., Zulkardi, Z., Mulyono, B., Meryansumayeka, M., & Susanti, E. (2025). Pengembangan media Adventure with Math untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas IV materi bangun datar. J-MPM Media Pendidikan Matematika, 13(1), 419-508.

Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar Matematika kelas IV sekolah dasar negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 94-106.

Fardiana, R., Supriyadi, & Djuniadi. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir geometri berbasis website. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 8(1), 63-71.

Fattah, G. F., & Pratama, L. D. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis teori Van Hiele terhadap kemampuan spasial siswa SMP pada materi kesinambungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 196-204.

Hadidi, H., & Setiawan, B. (2021). Penerapan media pembelajaran e-learning berbasis Google Sites terhadap hasil belajar Matematika siswa. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 377-384.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106-113.

Hidayati, A. N., Sari, T. M., Qiftiyah, M., & Yunianto, T. (2023). Development of student activity sheets based on the Realistic Mathematics Education (RME) approach for elementary school students. Journal Al-Mudarris, 6(1), 66-79.

Hidayatillah, W., Ningsih, E. T. W., & Pratama, L. D. (2022). Kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites berorientasi pada hasil belajar dan minat belajar siswa. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93-104.

Ismi, K., Al, K., Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2021). Analisis kemampuan spasial matematis ditinjau dari perbedaan gender siswa kelas VIII. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 53-62.

Istiqomarie, N., Hapizah, H., & Mulyono, B. (2023). Design of Google Site-based learning media for circle material to support critical thinking skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 527-544.

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites pada pembelajaran Matematika materi pola bilangan SMP kelas VIII SMPN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68-73.

Kurniawan, A. A., Cahyaningsih, D., Sari, M., Ramadhaniyah, M., Yukans, S. S., Kurniadi, E., & Utari, R. S. (2024). Motivasi belajar siswa gen-alpha dalam pembelajaran geometri berbantuan Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 521-532.

Kusnadi, D., Barumbun, M., & Fauzan, B. A. (2023). Analisis kemampuan spasial siswa melalui teori belajar Van Hiele pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Jurnal Mathematic Pedagogic, 7(2), 146-157.

Lestari, D. D. P., & Naila, I. (2021). Profil kemampuan spasial siswa sekolah dasar dalam pemecahan masalah geometri: Sebuah studi literatur. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar, 4(1), 9-20.

Listyaningrum, P., Retnawati, H., Harun, & Ibda, H. (2025). Realistic mathematics education in digital era elementary schools: A systematic literature review. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 15(1), 67-74.

Lutfiyah, F. M., Sari, A. C., & Kurniawati, N. (2025). Media Matematika interaktif exploring math berbasis Google Sites untuk pembelajaran transformasi geometri. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(2), 546-557.

Manik, S. A. R., Humairoh, A. P., Annisa, S., Mailani, E., & Ketaren, M. A. (2024). Peran media visual dalam meningkatkan pemahaman geometri siswa sekolah dasar. Ar-Rumman: Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 759-763.

Maryanti, I. (2024). Upaya meningkatkan motivasi belajar Matematika peserta didik dengan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi bangun ruang sisi datar. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 630-640.

Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas aplikasi website dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Akademika, 11(2), 283-294.

Muhammad, I., Jupri, A., & Herman, T. (2025). Development of web-based learning media with a Realistic Mathematics Education approach to increase student self-determination. Infinity Journal, 14(2), 303-322.

Nadia, K., & Saputro, T. V. D. (2025). Profil kemampuan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V di SDN 09 Rangkang. Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika dan Kebumian, 1(2), 68-74.

Ozcakir, B., & Cakiroglu, E. (2021). An augmented reality learning toolkit for fostering spatial ability in Mathematics lesson: Design and development. European Journal of Science and Mathematics Education, 9(4), 145-167.

Payadyna, I. P. A. A., Wena, I. M., Noviantari, P. S., & Kurniawan, I. M. P. (2025). Development of RME learning media based on virtual exhibition to improve students’ High Order Thinking Skills (HOTS). Mathematics Teaching Research Journal, 15(5), 129-156.

Pitriyani, S., R., & Maryati, I. (2024). Efektivitas model problem-based learning terhadap kemampuan spasial matematis siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 347-356.

Pramesta, S. P. E., & Mariana, N. (2022). Implementasi RME berbasis etnomatematika materi ciri-ciri bangun datar menggunakan permainan engklek. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 111-120.

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan media Google Site dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas belajar peserta didik sekolah dasar. Akademika, 11(01), 163-172.

Putra, S. D., Aryani, D., Syofyan, H., & Yasin, V. (2023). Aplikasi augmented reality geometri sekolah dasar untuk bangun datar dan ruang menggunakan metode marker based tracking. Jurnal Media Informatika Budidarma, 7(1), 250-259.

Safari, Y., & Syafawani, U. R. (2025). Implementasi model Realistic Mathematics Education (RME) sebagai solusi kontekstual peningkatan hasil belajar Matematika. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 31-45.

Sari, H. A., Susanto, S., & Yudianto, E. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa sekolah dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2441-2450.

Selian, N. M. K., Mulyono, M., & Mariani, M. (2023). Development of learning instruments based on RME models to improve students’ mathematical literacy and learning interest. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 27-48.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Simamora, D. K., Maria, N. S., Adhawina, R., Manik, R. S., F, K., S., & Siregar, B. H. (2024). Peningkatan kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang melalui penerapan RME berbantuan Geogebra di kelas IX SMPN 27 Medan. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 599-606.

Soraya, F., & Wantika, R. R. (2021). Pengaruh pendekatan realistic mathematic education secara e-learning terhadap hasil belajar Matematika. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 151-164.

Suanto, E., Ginting, T. T. E., & Kartini, K. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1953-1964.

Sugiarto, S., Buchori, A., & Kusumaningsih, W. (2023). Pengembangan mobile learning Matematika menggunakan virtual reality dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(3), 242-249.

Sutarna, N., & Maryani, E. (2021). Literasi spasial mahasiswa calon guru sekolah dasar. Dwija Cendekia. Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 351-360.

Sutarni, S., & Aryuana, A. (2023). Realistic Mathematics Education (RME): Implementation of learning models for improving HOTS-oriented Mathematics problem-solving ability. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1213-1223.

Tiofani, A., Soelasmono, K., & Bella Cintya, H. A. (2024). Kajian dampak positif puzzle terhadap kemampuan spasial dan motorik anak. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, 12(1), 107-120.

Umami, R. R., Utaminingsih, S., & Riswari, L. A. (2024). Efektivitas pendekatan realistic mathematics education berbantuan media ARCA terhadap pemahaman konsep Matematika siswa kelas V SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 325-333.

Warmansyah, J., Yuningsih, R., Nirwana, E. S., Ravidah, P., R., A., & Masril. (2023). The effect of mathematics learning approaches and self-regulation to recognize the concept of early numbers ability. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(1), 54-81.

Yulianti, V., & Novtiar, C. (2023). Pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis google sites dengan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa pada pembelajaran materi penyajian data. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI, 6(5), 2035-2044.

Yuliati, F. A., Murtianto, Y. H., & Nursyahidah, F. (2021). Profil berpikir kreatif siswa SMP ditinjau dari kemampuan spasial dan kemampuan logis matematis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 418-427.

Yunianingsih, E., Meiliasari, M., & Jaya, I. (2024). Mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V sekolah dasar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan visualisasi spasial. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 147-160.

Zaharah, S., Sahidi, & Triono, M. (2024). Analisis kemampuan spasial peserta didik ditinjau dari teori Van Hiele tingkat informal deduktif. JPPI: Jurnal Pembangunan Pendidikan Indonesia, 1(2), 9-17.

Published

28-11-2025

Similar Articles

11-20 of 90

You may also start an advanced similarity search for this article.