Modern learning media improves the quality in vocational high school

Authors

  • Dela Destiana Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • M. Dandi Humaedi Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Rida Syofianasari Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v1i1.1

Keywords:

learning media, learning model, vocational high school

Abstract

This research aims to examine current learning media to improve the quality in vocational high school. Research data was obtained through surveys and questionnaires given to vocational high school students. The research results show that the majority in vocational high school students actively use the latest learning media, such as videos, animations and digital applications. Traditional learning media such as textbooks and writing pads. The latest learning media has helped students understand the lesson material a lot. Students find it easier to absorb new information and concepts through interesting and interactive learning media. Today's learning media have also increased students' interest in learning. Students feel more motivated to learn and complete school assignments when using interesting and interactive learning media. Based on the results of this research, it can be concluded that the use of the latest learning media can have a positive impact on student learning. This learning media can help students understand the material, increase interest in learning, and improve learning outcomes.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi mendorong perkembangan dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran menjadi contoh aspek yang terdampak oleh perkembangan itu. Sehinggga saat ini mulai banyak penggunaan media pembelajaran modern yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media belajar masa kini tingkatkan mutu sekolah menengah kejuruan, Data penelitian diperoleh melalui survei dan kuisioner yang diberikan kepada peserta didik sekolah menengah kejuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik sekolah menengah kejuruan aktif menggunakan media pembelajaran terkini, seperti video, animasi dan aplikasi digital. Media pembelajaran terkini yang menarik dan interaktif telah banyak membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, menyerap informasi serta konsep-konsep baru. Media pembelajaran masa kini juga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Peserta didik merasa lebih termotivasi untuk belajar dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah ketika menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran terkini dapat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran peserta didik. Media pembelajaran tersebut dapat membantu peserta didik dalam memahami materi, meningkatkan minat belajar, dan meningkatkan hasil belajar. Pentingnya kajian mengenai media pembelajaran ini dapat menjadi dorongan bagi pelaksana pendidikan untuk dapat menerapkan media pembelajaran secara aktif dan efektif, agar dampak positifnya dapat dirasakan.

Kata Kunci: media pembelajaran; model pembelajaran; sekolah menengah kejuruan

Author Biography

  • Dela Destiana, Universitas Pendidikan Indonesia

    Educational Technology

References

Adnan, D. F. H., & Istiqomah, N. (2022). The role of YouTube platform as a learning resource in online learning effectiveness. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 1-14.

Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic literature review: Pengaruh media pembelajaran digital pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103-115.

Aurelliana, I., & Nugraha, S. S. (2022). Impact of using podcasts on students learning motivation. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 61-72.

Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. (2018). Penggunaan media berbasis autoplay media studio 8 untukmeningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa: sebuah inovasi media pembelajaran using autoplay media studio 8-based media to improve students’ activities and learning outcome: an innovation of learning media. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 394-395.

Baihaki, M. R., Rasyadi, M. J., Hafiz, M., Juliyanto, F., & Rahma, F. (2023, November). Teknologi AR sebagai media pembelajaran: tinjauan literatur. Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi ,13(1),185-188).

Berliana, A. U., Mailizar, Faiza, & Leonard. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android melalui model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan). JIDR, 2(2), 58-68.

Cobo-Rendón, R., Bruna Jofre, C., Lobos, K., Cisternas San Martin, N., & Guzman, E. (2022). Return to university classrooms with blended learning: A possible post-pandemic COVID-19 scenario. Frontiers in Education, 7, 1-9

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasi audio visual terhadap peningkatan hasil belajar sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113.

Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran Blabak Trarerodi pada materi geometri transformasi: Tahap expert review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 155-178.

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis pengaruh media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81-89.

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247-266.

Haq, R. R., & Irawati, L. D. D. (2022). Influence of using animated video media in online learning at junior high school. Curricula. Journal of Curriculum Development, 1(1), 51-60.

Hartati, L., & Suhendri, H. (2021). Improvement of student’s mathematics skills through innovation of mathematics. Jurnal Berdaya Mandiri. 3(2), 698-707.

Hidayah, N., & Utami, R. (2021). The effectiveness of e-learning media in improving learning outcomes of vocational high school students in the subject of computer programming. International Journal of Information Technology and Computer Science, 13(3), 1-10.

Husaen, M. M., & Yuliani, H. (2023). Sytematic literature review: Kelayakan media pembelajaran mobile learning sebagai penunjang pembelajaran MIPA di indonesia. Lambda: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 3(2), 78-86.

Ibda, H., Syamsi, I., & Rukiyati, R. (2023). Professional elementary teachers in the digital era: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 459-467.

Indriani, R., & Abidin, Z. (2022). Literature review: Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran biologi. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 139-148.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). 1-9.

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas: Literature review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82.

Keswari, P. H., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Improving mathematical knowledge through the student facilitator and explaining learning model assisted by fraction board media. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 420-428

Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of multimedia instructional message on motivation and academic performance of elementary school students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 491-508.

Lundström, M., & Lundström, T. P. (2021). Podcast ethnography. International Journal of Social Research Methodology, 24(3), 289-299.

Maulido, S., Karmijah, P., & Rahmi, V. (2024). Upaya meningkatkan pendidikan masyarakat di daerah terpencil. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(1), 198-208.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.

Muthi, A. Z., Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Efektivitas penerapan media pembelajaran video dokumenter dalam pembelajaran ips pada siswa smp. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 104-116.

Nugraha, N. W., & Novaliyosi, N. (2023). Media pembelajaran berbasis etnomatematika: systematic literature review. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 4(1), 477-490.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah DanTarbiyah, 3(1), 171-187.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 6(2), 248-251.

Priyanda, R. (2019). Efektivitas penggunaan media pembelajaran matematika menggunakan media cai dengan tipe tutorial terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan. Jurnal Dimensi Matematika, 2(1), 50-57.

Putra, A. D., & Salsabila, H. (2021). Pengaruh media interaktif dalam perkembangan kegiatan pembelajaran pada instansi pendidikan. Inovasi Kurikulum, 18(2), 231-241.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337-343.

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video dalam penyampaian konten pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38-53.

Romadanti, L. (2023). Evolusi metode pembelajaran pendidikan agama Islam. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 231-242.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Salsidu, S. Z., Azman, M. N. A., & Pratama, H. (2018). Trend pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dalam bidang pendidikan teknikal: Satu sorotan literatur. Sains Humanika, 10(3), 21-27.

Sari, M., & Wardani, E. R. (2020). The effectiveness of interactive multimedia learning media in improving learning outcomes of vocational high school students in the subject of accounting. Journal of Educational Technology and Information, 1(1), 1-10.

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19-29

Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9-16.

Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran ips kelas v di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal ilmiah ilmu kependidikan, 3(3), 294-306.

Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran fisika berbasis augmented reality: Studi literatur. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 96-101.

Suasty, F., & Hadi, A. A. (2020). Penggunan media pembelajaran video untuk solusi penurunan pemahaman materi pembelajaran ketika belajar online akibat pandemic covid-19. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1), 12-16.

Sulistio, W., & Qohar, A. (2020). Development of instructional media “Game Math Comic Story” based android on number. Journal of Education Research and Evaluation, 4(2), 109-113.

Syamsiani, S. (2022). Transformasi media pembelajaran sebagai penyalur pesan. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa, dan Pendidikan, 2(3), 35-44.

Thong, V., Wulandari, A., Adawiyah, R., Dilla, K. N., & Maharani, T. A. (2023). Tinjauan literatur: Peluang dan tantangan pendidikan berbasis digital. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 211-220.

Uzun, A. M., & Yıldırım, Z. (2018). Exploring the effect of using different levels of emotional design features in multimedia science learning. Computers & Education, 119(1), 112-128.

Yasin, M., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic literature review: Integrasi model problem based learning dengan media pembelajaran dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 4(2), 728-747.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Wulandari, I. G. A. A. P., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2022). Multimedia interaktif berorientasi model cooperative learning pada mata pelajaran IPS untuk kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 393-402.

Wijayanto, P. S., Setiawan, W., Wahyudin, W., & Firmansyah, A. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media youtube (podcast) dengan metode pembelajaran pendidikan jarak jauh pada materi komputer dan jaringan dasar di SMKN 3 Bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 50-62.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024-1029.

Published

19-04-2024

How to Cite

Destiana, D., Humaedi, M. D., & Syofianasari, R. (2024). Modern learning media improves the quality in vocational high school. Hipkin Journal of Educational Research, 1(1), 61-74. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v1i1.1

Similar Articles

1-10 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.