Analysis of curriculum development and implementation at SMP Negeri 12 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.159Keywords:
curriculum implementation, learning innovation, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, secondary educationAbstract
Careful evaluation at the school level is necessary because the implementation of the Kurikulum Merdeka is inseparable from practical obstacles. The main challenges of implementation include the readiness of human resources, infrastructure, and supporting regulations. Therefore, case study-based research at SMP Negeri 12 Bandung is expected to reveal these specific factors. This study aims to analyze the development and implementation of the Kurikulum Merdeka. The Kurikulum Merdeka was designed as a response to the post-pandemic learning crisis and aims to provide flexibility to education units in managing learning according to local characteristics and the needs of students. The descriptive qualitative method with a case study approach was chosen to examine the problem through interviews, observation, and documentation. The results showed that the implementation of the Kurikulum Merdeka at SMP Negeri 12 Bandung was carried out in stages with several contextual adjustments. The school has integrated the Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila and implemented differentiated learning as the primary strategy. However, challenges such as a lack of in-depth understanding among teachers and limited infrastructure remain obstacles that need to be overcome. This study recommends continuous training for teachers and systematic support from the government to improve the effectiveness of curriculum implementation.
Asbtrak
Evaluasi yang cermat di tingkat sekolah sangat diperlukan karena implementasi Kurikulum Merdeka tidak terlepas dari hambatan praktis. Tantangan utama implementasi mencakup kesiapan sumber daya manusia, infrastruktur, dan regulasi pendukung. Oleh karena itu, penelitian berbasis studi kasus di SMP Negeri 12 Bandung diharapkan dapat mengungkap faktor-faktor spesifik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan dan implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka dirancang sebagai respons terhadap krisis pembelajaran pasca-pandemi dan bertujuan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan karakteristik lokal dan kebutuhan peserta didik. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dipilih untuk mengkaji permasalahan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 12 Bandung dilakukan secara bertahap dengan beberapa penyesuaian kontekstual. Sekolah telah mengintegrasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai strategi utama. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman mendalam dari guru dan keterbatasan sarana prasarana masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru dan dukungan sistematis dari pemerintah untuk meningkatkan efektivitas implementasi kurikulum.
Kata Kunci: implementasi kurikulum; inovasi pembelajaran; Kurikulum Merdeka; pendidikan menengah; Profil Pelajar Pancasila
References
Afifah, N., Koniyo, H., & Latief, M. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika SMK Negeri 1 Suwawa. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 53-60.
Ali, M. K., & Hasanah, A. (2023). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Informatika siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Tambangan. IJESPG (International Journal of Engineering, Economic, Social Politic and Government), 1(3), 50-56.
Amanulloh, M. J. A., & Wasila, N. F. W. (2024). Implementasi dan pengembangan kurikulum merdeka dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 33-58.
Anggraeni, A., & Fitria, Y. (2023). Transformasi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5463-5477.
Arifin, J., & Hanif, M. (2024). Manajemen program komunitas belajar sekolah untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1421-1432.
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi COVID-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.
Cantika, V. M., Khaerunnisa, L., & Yustikarini, R. (2022). Merdeka curriculum implementation at Wonoayu 1 Junior High School as Sekolah Penggerak. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(2), 175-188.
Farhan, A., Furqon, A., Alfiah, N., & Noor, A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Informatika/TIK di SMP Al Manshuriyah Pemalang. Madaniyah, 13(1), 19-28.
Fatah, A., Haryana, K., & Guntur, Y. S. (2023). Analisis materi esensial mata pelajaran panel body dan rangka pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 119-130.
Fitra, D. (2023). Kurikulum merdeka dalam pendidikan modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149-156.
Ghafara, S. T., Jalinus, N., Ambiyar, A., Waskito, W., & Rizal, F. (2023). Pembelajaran menggunakan TIK dapat meningkatkan literasi peserta didik generasi Z pada kurikulum merdeka. Jurnal Saintikom (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 22(2), 241-251.
Hanifah, H., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. W. (2025). Projek profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka: Sebuah studi kepustakaan tentang penguatan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 1122-1135.
Irnanta, T. (2024). Manajemen kurikulum merdeka di sekolah menengah pertama unggulan terpadu Bumi Kartini Kabupaten Jepara. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 715-726.
Jamilah, I., Murti, R. C., & Khotijah, I. (2023). Analysis of teacher readiness in welcoming the “merdeka belajar” policy. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 769-776.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.
Magdalena, W., & Yulianti, Y. (2022). Implementasi kebijakan merdeka belajar dalam meningkatkan kompetensi siswa. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 211-216.
Masurah, U., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam peningkatan literasi peserta didik di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 340-356.
Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412-420.
Munandar, A., Mulyasari, E., Hendriyawan, D., Rizkiah, A., & Rahayu, I. (2025). Strategi guru dalam mengatasi kendala implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 394-408.
Munthe, M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum ditinjau dari sudut manajerial. Warta Dharmawangsa, 14(2), 269-279.
Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis penerapan mata pelajaran Informatika dalam implementasi kurikulum merdeka tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 109-118.
Nurhayati, N., Tarigan, S., & Lubis, M. (2025). Implementasi dan tantangan kurikulum merdeka di SMA: Strategi pengajaran berpusat pada siswa untuk pembelajaran yang lebih fleksibel dan kreatif. Jurnal Pendidikan, 13(1), 69-79.
Okta, N. V., Febrian, A. A., Sari, D. A. P., Herawati, E., & Samitra, D. (2024). Kurikulum merdeka terhadap perubahan karakter peserta didik: Studi analisis dikelas IV SD Negeri 1 Air Satan Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(2), 291-299.
Pawartani, T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan kompetensi guru untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182-2191.
Putri, N. A., & Nukman, M. (2024). Peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 109-123.
Qothrunnada, A., & Putri, A. R. (2024). The implementation of project-based learning on teaching english writing in merdeka curriculum of seventh students at SMP Islam Al-Azhar Kedung. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 205-216.
Ramadhan, M. R., Pohan, N., & Nasution, A. F. (2023). Model-model pengembangan kurikulum di sekolah. Jurnal Yasin, 3(1), 788-799.
Risna, R. (2023). Analyzing the efficacy of outcome-based education in kurikulum merdeka: A literature-based perspective. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 155-166.
Said, N. (2017). Menejemen kurikulum pendidikan Islam sensitif bencana (tuntutan inovasi dan kontekstualisasi). Quality, 1(1), 1-18.
Saputra, A. A., & Stiawan, A. (2024). Kajian review kurikulum K13 dan kurikulum merdeka dalam implikasinya terhadap pembelajaran di masa mendatang. Sosearch: Social Science Educational Research, 5(1), 1-17.
Selviani, D., Suwarni, S., Suranti, D., Kurnianto, R. R., Lestari, M. I., & Saputra, F. R. (2025). Pendampingan komunitas belajar guru SMP Sektor Sukaraja dalam pemanfaatan teknologi digital. Journal of Community Development, 6(1), 25-33.
Shakina, S., Nashrullah, N., Lapasere, S., Firmansyah, A., & AR, M. (2025). Penerapan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 160-173.
Simbolon, E., Tibo, P., & Bere, P. H. (2025). Challenges faced by teachers in implementing the merdeka curriculum for catholic religious education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 17(1), 256-269.
Sistia, N., Putri, E., Setiani, F., Sandy, D. M., & Fath, A. (2023). Building character education based on the merdeka curriculum towards society era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194-201.
Sobriyah, S. (2025). Konsep fundamental manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas program pendidikan. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 114-132.
Syawalia, D., Putri, A. F. S., Fahmi, R. R., & Saputra, D. (2023). Application of project-based learning method in Entrepreneurship education (PKWU) subjects of Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 3(1), 81-94.
Tanggur, F. S. (2023). Tantangan implementasi kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar di wilayah pedesaan Pulau Sumba. Hinef: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 23-29.
Wahdini, F., Mansur, H., & Qomario, Q. (2024). Evaluasi kinerja guru informatika dalam pelaksanaan kurikulum merdeka untuk meningkatkan mutu pendidikan kata kunci. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(6), 5779-5788.
Wicaksono, A. G., & Rahman, I. H. (2023). Implementasi model project-based learning dalam kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 11-19.
Wulandari, T., & Nawangsari, N. A. F. (2024). Project-based learning in the merdeka curriculum in terms of primary school students' learning outcomes. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 31-42.
Yuniarto, B., Maryanto, M., & Habibi, A. (2022). Pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka. Jurnal Sosial dan Sains, 2(11), 1170-1178.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andika Bahari Maskar (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.