The role of libraries in curriculum implementation at SMP Kartika XIX-2

Authors

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.160

Keywords:

Kurikulum Merdeka, learning, school library

Abstract

This article aims to examine the strategic role of school libraries in supporting the implementation of the Kurikulum Merdeka at the Junior High School (Sekolah Menengah Pertama or SMP) level. This research was conducted through direct interviews with library managers and observations of the available supporting facilities and resources. The primary focus of this study is on how the library provides effective and relevant teaching materials, coordinates with teachers to support teaching and learning activities, and carries out various innovations to adapt to the demands of the more flexible and student-centered Merdeka Curriculum. The library functions not only as a reading space but also as a learning resource center that supports the development of students’ literacy and independent learning. The findings of this research are expected to provide a comprehensive overview of the school library’s contribution to creating a learning environment that is adaptive and responsive to curriculum changes. Thus, this article also serves as a reference for schools and policymakers in enhancing the function and role of libraries in an increasingly complex educational landscape.

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis perpustakaan sekolah dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini dilakukan melalui wawancara langsung dengan pengelola perpustakaan serta observasi terhadap perangkat dan fasilitas pendukung yang tersedia. Fokus utama dari kajian ini adalah bagaimana perpustakaan menyediakan bahan ajar yang efektif, relevan, dan menjalin koordinasi dengan guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, serta melakukan berbagai inovasi untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel dan berpusat pada peserta didik. Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat membaca, tetapi juga sebagai pusat sumber belajar yang mendukung pengembangan literasi dan kemandirian belajar peserta didik. Hasil temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai kontribusi perpustakaan sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan responsif terhadap perubahan kurikulum. Dengan demikian, artikel ini juga menjadi rujukan bagi pihak sekolah dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan fungsi dan peran perpustakaan di era pendidikan yang terus berkembang.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka; pembelajaran; perpustakaan sekolah

References

Abas, S., Mas, S. R., & Sumar, W. T. (2022). Strategi kepala sekolah dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah berbasis digital. Student Journal of Educational Management, 2(1), 123-135.

Aeni, Y. N., Nurpratiwiningsih, L., & Setiyoko, D. T. (2025). Optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 383-395.

Afifah, N. A., Erwina, W., & Rohman, A. S. (2020). Peran tenaga perpustakaan dalam mewujudkan keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 02 Rajamandala. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 105-112.

Ahyar, S. A. (2022). Analisis pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri Larangan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Jurnal Wawasan Pendidikan, 2(1), 228-234.

Andayani, U. (2020). Pemanfaatan e-resource di perpustakaan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran. Media Pustakawan, 20(3), 21-29.

Arya, G. Z., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Nugraha, H. (2024). Implementasi monitoring dan evaluasi pada pengembangan koleksi perpustakaan SMA Pasundan 8 Bandung. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 15(1), 39-50.

Asari, A., Kurniawan, T., & Andajani, K. (2020). Penerapan manajemen perpustakaan sekolah berbasis otomasi inlislite. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 246-252.

Cholifah, T. N. (2024). Profil literasi membaca dan literasi budaya siswa dalam mendukung penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 282-293.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar Pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226.

Evawani, L. (2022). Perpustakaan sebagai sumber belajar di madrasah. Jurnal Literasiologi, 8(1), 136-143.

Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan perpustakaan digital sebagai sumber belajar elektronik pada masa pandemi COVID-19 di tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36-48.

Idhamani, A. P. (2020). Dampak teknologi informasi terhadap minat baca siswa. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 11(1), 35-41.

Ismail, S. N., & Tangahu, W. (2023). Deskripsi faktor-faktor kendala optimalisasi pengelolaan perpustakaan di SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurnal IKA PGSD: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 14(2), 187-194.

Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.

Kurniawan, K. (2020). Pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dalam meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Pikatan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 118-151.

Lusianai, W. O., Muliati, M., Astin, A., & Jabar, A. S. Model pengembangan perpustakaan sekolah berbasis guru pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(2), 85-94.

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., ... & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan dinding sebagai program gerakan literasi sekolah untuk meningkatan kemampuan membaca siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100-104.

Mursyidah, M., Sukirman, S., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan sistem informasi manajemen perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca siswa di SMAN 1 Berau. Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61-75. .

Nurhayati, N., Tarigan, S., & Lubis, M. (2025). Implementasi dan tantangan kurikulum merdeka di SMA: Strategi pengajaran berpusat pada siswa untuk pembelajaran yang lebih fleksibel dan kreatif. Jurnal Pendidikan, 13(1), 69-79.

Olivia, D., Nabila, G. H., & Juliana, I. (2024). Penguatan karakter peserta didik dalam pembelajaran proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(2), 27-32.

Panggalo, L. (2022). Analisis pengaruh peran orang tua, peran guru dan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa SMP di Kota Timika. Jurnal Kritis (Kebijakan, Riset, dan Inovasi), 6(1), 70-83.

Purnama, M. S., Rokhmat, J., & Setiadi, D. (2023). Implementation of Inlislite application based on management information systems at SMKN 1 Praya Tengah. International Journal of Science, Technology and Management, 4(1), 168-174.

Putra, R. M., & Komara, D. A. (2022). Peran perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat sebagai sumber belajar dalam melestarikan naskah kuno. Inovasi Kurikulum, 19(1), 99-108.

Rahmi, A., & Najamudin, N. (2022). Efektivitas penerapan sistem aplikasi InlisLITE (Integrated Library System) Pada Kegiatan Penginputan Data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 4(2), 128-141.

Rifqi, M., Yasdomi, K., Maradona, H., Dona, D., Sabri, K., Bakti, I. R., & Saragih, A. A. (2021). Optimalisasi layanan perpustakaan sekolah menggunakan senayan library management system SLiMS Pada SMKS Ismailiyah. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 42-47.

Rochayati, S. D. (2024). Analisis pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa sekolah dasar. Media Manajemen Pendidikan, 6(3), 541-549.

Rusli, R. K., Krisdiantoro, W. T., Rangkuti, Y. Y., & Maryani, N. (2022). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan program literasi siswa. Tadbir Muwahhid, 6(1), 77-93.

Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(7), 473-480.

Susilawati, E., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2021). Manajemen perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di madrasah aliyah. Tadbir Muwahhid, 5(2), 219-243.

Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169.

Usholicchah, N., Agustina, M., Utami, M. D., Tusaqdia, A., Barokah, L., & Febriyanti, F. (2024). Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(4), 614-623.

Wahyuni, H. S., Rejeki, D. S., & Agustine, M. (2024). Analisis perencanaan pengembangan perpustakaan digital di SMA Negeri 1 Cimalaka. Teknimedia: Teknologi Informasi dan Multimedia, 5(1), 97-102.

Yulia, N. M., Sa’diyah, Z., & Ni’mah, D. (2023). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan profil pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 430-442.

Yuntawati, Y., & Suastra, I. W. (2023). Projek P5 sebagai penerapan diferensiasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka: Literature review studi kasus implementasi P5 di sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515-525.

Zahrotun, I., & Kamal, R. (2023). Analisis efektivitas kurikulum merdeka dalam meningkatkan berpikir kritis pada peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 9-14.

Published

29-08-2025

How to Cite

Sucahyo, F. N., & Hadiapurwa, A. (2025). The role of libraries in curriculum implementation at SMP Kartika XIX-2. Hipkin Journal of Educational Research, 2(2), 201-214. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.160

Similar Articles

1-10 of 48

You may also start an advanced similarity search for this article.