The implementation of Informatics subject in the Kurikulum Merdeka at SMP 26 Bandung

Authors

  • Rina Tri Agustianis Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.163

Keywords:

education curriculum, Informatics subjects, Kurikulum Merdeka

Abstract

This study aims to describe the implementation of the Informatics subject within the Merdeka Curriculum at SMP 26 Bandung. A qualitative descriptive method was employed, with data collected through in-depth interviews, classroom observations, and literature review. The findings indicate that although the implementation has been initiated, it still faces several challenges such as the lack of teachers with an Informatics background, inadequate facilities, and suboptimal teaching and assessment methods. The Informatics subject primarily focuses on developing basic skills, particularly in using Microsoft Office, and does not group students based on their ability levels. Nevertheless, this approach has encouraged peer collaboration and fostered a supportive learning environment. To enhance learning effectiveness, ongoing professional development for teachers, especially those from non-informatics disciplines, is essential. The study also highlights the potential of cross-disciplinary learning to enrich digital literacy. Overall, the research emphasizes the need for strengthening teacher capacity, institutional support, and adequate learning infrastructure as strategic efforts to ensure the delivery of relevant, inclusive, and adaptive Informatics education in response to the evolving demands of the digital era.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi mata pelajaran Informatika dalam Kurikulum Merdeka di SMP 26 Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Informatika telah berjalan meskipun menghadapi sejumlah kendala, seperti keterbatasan guru yang memiliki latar belakang dalam bidang Informatika, sarana prasarana yang belum memadai, serta belum optimalnya metode pembelajaran dan evaluasi yang diterapkan. Mata pelajaran Informatika di sekolah ini difokuskan pada penguasaan keterampilan dasar penggunaan Microsoft Office, tanpa mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan. Namun, pendekatan ini justru mendorong kolaborasi antar peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang suportif. Untuk mendukung efektivitas pembelajaran, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta pengembangan pembelajaran lintas mata pelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas pendidik, dukungan kebijakan sekolah, dan penyediaan fasilitas sebagai upaya strategis dalam menghadirkan pendidikan Informatika yang relevan dan adaptif terhadap perkembangan zaman serta kebutuhan peserta didik di era digital.

Kata Kunci: kurikulum pendidikan; Kurikulum Merdeka; mata pelajaran Informatika

References

Al-Maskari, A., Al Riyami, T., & Ghnimi, S. (2024). Factors affecting students' preparedness for the fourth industrial revolution in higher education institutions. Journal of Applied Research in Higher Education, 16(1), 246-264.

Alfiyah, A. H., & Ekohariadi, E. (2020). Pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap problem solving siswa berbantu media pembelajaran. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 234-246.

Ashraf, M. A., Iqbal, J., Arif, M. I., & Asghar, M. Z. (2022). Fostering ICT competencies in blended learning: Role of curriculum content, material, and teaching strategies. Frontiers in Psychology, 13(1), 1-13.

Aslan, A. (2021). Problem-based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171(1), 1-10.

Dewi, Z. R., & Sunarni, S. (2024). Peran literasi digital dalam implementasi kurikulum merdeka: Adaptasi dan transformasi di era digital. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 9-14.

Etnawati, S. (2021). Implementasi teori Vygotsky terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130-138.

Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi merdeka belajar untuk membekali kompetensi generasi muda dalam menghadapi era society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 115-129.

Harahap, E., Asmaryadi, A., & Yuspita, I. (2023). Motivasi belajar siswa pada pembelajaran blended learning di masa new normal. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 55-60.

Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 185-190.

Haryanti, A., Sumardi, L., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2025). Upaya sekolah dalam membina karakter berkebhinekaan upaya global melalui program profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 6 Mataram. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(10), 7791-7800

Herman, H., Panji, A. L., & Mahmud, M. E. (2023). Kebijakan perubahan kurikulum di Indonesia. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 92-104.

Maifianti, K. S., Hidayati, R., & Mauliansyah, F. (2021). Literasi digital dan etika bermedia sosial kalangan pelajar di SMAN Wira Bangsa Aceh Barat. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 301-305.

Matthews-DeNatale, G., Poklop, L., Plews, R., & English, M. (2024). Global challenges: Engaging undergraduates in project-based learning online. Teaching and Learning Inquiry, 12(1), 1-123.

Maulana, V. A. H., & Wijaya, I. (2025). Analisis pengggunaan literasi digital berbasis media pembelajaran Informatika di SMK Askhabul Kahfi Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(1), 55-61.

Maya, M. D., Rif'an, M., D.A, S. R., Hadi, R. T., Gultom, I., & Ikhlas, M. (2025). Fleksibilitas dan tantangan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 060877 Medan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 3(2), 208-216.

Melisa, M. (2024). Analisis kesiapan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran kurikulum merdeka. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 3(1), 443-462.

Monalisa, M. (2023). Analisis berpikir komputasional siswa smp pada kurikulum merdeka mata pelajaran Informatika. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 298-304.

Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis penerapan mata pelajaran Informatika dalam implementasi kurikulum merdeka tingkat SMP. Pijar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 109-118.

Nisa, S., Lena, M. S., Anas, H., & Utari, T. (2023). Implementasi capaian pembelajaran Informatika dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 18-26.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas strategi pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 17(1), 39-47.

Nugraheny, D. C., Syukrilah, Z., Haliza, F., & Zahroh, F. (2023). Kurikulum merdeka di sekolah menengah pertama. Pusaka: Journal of Educational Review, 1(1), 1-11.

Paramita, E., Aminullah, A., Ratnasari, D., & Husna, A. (2025). Transformasi perkembangan kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 169-184.

Prastyo, T. D., Setiarini, T., & Lisnawati, I. (2023). Analisis berpikir komputasional mata pelajaran informatika siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Pacitan pada kurikulum merdeka. Jurnal Edumatic, 4(1), 39-46.

Putra, G. S., Maulana, I. I., Chayo, A. D., Haekal, M. I., & Syaharani, R. (2024). Pengukuran efektivitas platform e-learning dalam pembelajaran Teknik Informatika di era digital. Jurnal Mentari: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1), 19-29.

Raharjo, A. D., Putri, A. A., & Budi, H. R. (2024). The use of game-based learning to increase student engagement. Hipkin Journal of Educational Research, 1(3), 299-310.

Rohmatin, D. N., Masfingatin, T., & Widodo, C. W. (2023). Project based learning: Suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(2), 173-184.

Rostini, D., Hidayatillah, F., Suhendar, E., & Saputra, W. R. (2023). Implementasi teknologi kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6903-6909.

Sari, A. W. M., & Ekohariadi, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran Informatika dengan model pembelajaran project based learning kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 17-25.

Setiawan, Y., Wijaya, A., Surur, M., & Dassucik, D. (2024). Pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa SMK Negeri 1 Kendit. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 26-34.

Situmorang, D. Y. (2024). Efektivitas pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 146-151.

Suja'i, C. A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Nurul Qomar. Hasbuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 147-170.

Sumarto, S., & Harahap, E. K. (2025). Perencanaan pendidikan dalam menyusun kurikulum deep learning untuk membentuk karakter peserta didik. Jurnal Literasiologi, 13(1), 80-86.

Wahdini, F., Mansur, H., & Qomario, Q. (2024). Evaluasi kinerja guru Informatika dalam pelaksanaan kurikulum merdeka untuk meningkatkan mutu pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5779-5788.

Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di revolusi industri 4.0: Studi kasus evaluasi kurikulum merdeka di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 380-390.

Yuwono, H. R. (2024). Eksplorasi peran guru dalam mengintegrasikan literasi digital dalam pembelajaran informatika di SMP Negeri 24 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(7), 13-13.

Published

29-08-2025

How to Cite

Agustianis, R. T. (2025). The implementation of Informatics subject in the Kurikulum Merdeka at SMP 26 Bandung. Hipkin Journal of Educational Research, 2(2), 243-254. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.163

Similar Articles

1-10 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.