Teaching Informatics in the Kurikulum Merdeka: An exploratory case study at SMPN 12 Bandung

Authors

  • Alya Nurul Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.164

Keywords:

Informatics education, Kurikulum Merdeka, teaching practices

Abstract

This study aims to examine the implementation of Informatics teaching within the context of the Kurikulum Merdeka at Junior High School (SMP) Negeri 12 Bandung. This research focuses on three aspects, namely implementing Project-Based Learning (PjBL), developing teaching materials relevant to students' lives, and applying continuous formative assessment. The findings reveal that the PjBL approach significantly increased student engagement and enhanced their basic digital skills, particularly in creating digital presentations and animations. Teachers play a crucial role as learning facilitators, capable of designing responsive learning experiences and adapting materials to students' needs. Despite challenges such as infrastructure limitations and unequal access to technology, adaptive solutions like blended learning and unplugged activities were successfully implemented. This study highlights the need for continuous teacher training in digital pedagogy and strong institutional support to enhance the implementation of the Kurikulum Merdeka. The findings aim to contribute to the development of best practices in contextual Informatics teaching and provide valuable insights for policy development based on the Kurikulum Merdeka.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pengajaran informatika dalam konteks Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 12 Bandung. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama, yaitu penerapan Project-Based Learning (PjBL), pengembangan bahan ajar yang relevan dengan kehidupan peserta didik, dan penerapan asesmen formatif berkelanjutan. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan PjBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan peserta didik dan mengembangkan keterampilan digital dasar mereka, khususnya dalam pembuatan presentasi dan animasi digital. Guru memainkan peran penting sebagai fasilitator pembelajaran yang mampu merancang pengalaman belajar yang responsif dan menyesuaikan materi dengan kebutuhan peserta didik. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan ketimpangan akses teknologi, solusi adaptif seperti blended learning dan aktivitas unplugged berhasil diterapkan. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru secara berkelanjutan dalam pedagogi digital serta dukungan kelembagaan yang kuat untuk memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan praktik terbaik dalam pengajaran Informatika yang kontekstual serta memberikan wawasan berharga bagi pengembangan kebijakan berbasis Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka; pendidikan informatika; praktik pengajaran

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 1(3), 123-133.

Ali, M. K., & Hasanah, A. (2023). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Informatika siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Tambangan. IJESPG (International Journal of Engineering, Economic, Social Politic and Government), 1(3), 50-56.

Almuzhir, A. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX semester ganjil pada bimbingan TIK tentang penggunaan dasar internet atau intranet di SMP Negeri 1 Marisa tahun pelajaran 2021/2022. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 425-436.

Andayani, D. D., Fathahillah, & Jakob, F. E. (2024). Pengembangan e-modul ajar kurikulum merdeka berbasis augmented reality pada mata pelajaran TIK kelas VII UPT SMP Negeri 4 Parepare. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 86-98.

Arianta, I. G. N., Warpala, I. W. S., & Sudarma, I. K. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar Informatika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 55-67.

Ayunda, V., Jannah, A. M., & Gusmaneli, G. (2024). Metode pembelajaran yang efektif dalam pendidikan dasar. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 259-273.

Caroline, C., & Aslan, A. (2025). Meningkatkan Aksesibilitas Pendidikan melalui teknologi: Tantangan dan solusi di negara berkembang. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 224-231.

Dewantara, J. A., Yuliana, N., & Sari, A. R. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran digital di sekolah menengah. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 12(1), 34-45.

Dewi, Z. R., & Sunarni, S. (2024). Peran literasi digital dalam implementasi kurikulum merdeka: Adaptasi dan transformasi di era digital. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 9-14.

Fadil, K., Ikhtiono, G., & Nurhalimah, N. (2024). Perbedaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 224-238.

Farhan, A., Furqon, A., Alfiah, N., & Noor, A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Informatika/TIK di SMP Al Manshuriyah Pemalang. Madaniyah, 13(1), 19-28.

Fitriani, D., Hidayani, S., Perdana, P. R., & Amri, S. (2024). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan kompetensi literasi digital guru SMP di Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(6), 1840-1850.

Gusrianto, R., & Rahmi, U. (2022). Pengembangan e-modul pada mata pelajaran Informatika berbasis kurikulum merdeka belajar untuk kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 173-180.

Hadiapurwa, A., Susilana, R., & Rusman, R. (2021). Kesiapan calon guru sekolah dasar pada pelaksanaan kurikulum dalam kondisi khusus. Pedagogia, 19(2), 126-138.

Hartono, F. R. (2024). The effect of problem-based learning model in informatics subjects on the creativity of student in class X SMK Negeri 2 Tulungagung. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 9(3), 1759-1767.

Hikmah, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pemrograman dasar siswa. Jurnal Teknodik, 24(1), 27-38.

Husna, P., & Yanni, M. H. (2022). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran Informatika sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1(1), 1-10.

Indah, N. (2024). Model pembelajaran discovery learning pada operasi bilangan kelas 4 SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA. 4(4), 382-399.

Ishartono, N., Ulya, N. H. A., Sidiq, Y., Kholid, M. N., Nigtyas, Y. D. W. K., Kartini, N. H., & Oktiama, F. B. (2023). Peningkatan keterampilan guru dalam mengajarkan matematika berbasis project-based learning terintegrasi pendekatan HOTS di Sanggar Belajar Sungai Buloh Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 107-116.

Jelimbi, M., Herlinda, R., Adesfiana, Z. N., Bahari, Y., & Warneri. (2024). Identifying the best model for implementing technology-based education in Indonesian schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 586-604.

Kusumawardani, N., & Fauziah, F. (2021). Studi kasus eksploratif dalam penelitian pendidikan: Pendekatan dan penerapan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 310-325.

Lisda, L. E. M., & Nailah, N. T. (2025). Analisis kesiapan guru sekolah dasar pada kemampuan literasi digital di era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 213-223.

Meriyani, A., Eldarni, Hendri, N., & Amilia, W. (2023). Implementation of eighth class Informatics learning in the merdeka curriculum at SMP Negeri 39 Padang. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(4), 2442-9511.

Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Istahara, R. (2023). Analisis penerapan mata pelajaran Informatika dalam implementasi kurikulum merdeka tingkat SMP. Pijar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 110-119.

Palinkas, L.A., Horwitz, S.M., Green, C.A., Wisdom, J.P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2020). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 47(5), 793-798.

Prinanda, D. (2025). Analisis problematika guru dalam implementasi media pembelajaran berbasis teknologi. IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education), 2(2), 329-353.

Putranto, F. K. H. (2024). Peran pembelajaran Informatika dalam menumbuhkan pemahaman literasi digital pada siswa. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1131-1142.

Rahardja, U., Dewi, E. R., Supriati, R., Santoso, N. P. L., & Khoirunisa, A. (2022). Pengabdian pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja. Adi Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 16-24.

Rosidah., T. M. (2023). Penerapan media visual untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema keselamatan di rumah dan di perjalanan siswa Kelas II SDN 19 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 45-50.

Salam, R. (2024). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran dasar desain grafis di SMK Negeri 7 Makassar. Jurnal Media TIK, 7(3), 34-40.

Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tinta, 6(2), 158-176.

Simanjuntak, P., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2024). Pengaruh model project-based learning terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik SMP. Sigma Didaktika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-10.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKn, 7(2), 66-75.

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan modul ajar bahasa Indonesia berbasis interdisipliner di kelas bawah sekolah dasar pada kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 504-514.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.

Wahyuni, M. S., Pratama, M. I., Abdal, N. M., & Atmasani, D. (2024). Evaluasi kemampuan profesional mahasiswa calon guru informatika melalui praktik pengalaman lapangan. Information Technology Education Journal, 3(3), 105-112.

Widiawati, O., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2062-2070.

Yulianti, N. R. (2023). Pengaruh model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan pendekatan saintifik berbasis lokal wisdom papua terhadap hasil belajar ipa pada materi pesawat sederhana siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mariyai. Jurnal Pendidikan, 11(1), 153-160.

Published

29-08-2025

How to Cite

Hanifah, A. N. (2025). Teaching Informatics in the Kurikulum Merdeka: An exploratory case study at SMPN 12 Bandung. Hipkin Journal of Educational Research, 2(2), 255-268. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.164

Similar Articles

1-10 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.