Standar Nasional Perpustakaan (SNP) implementation in library service in SMAN 2 Cimahi
Keywords:
school library, library services, services implementationAbstract
School libraries need to carry out their operational activities following applicable standards, one of which is the Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). That regulation concerning National Library Standards for Senior High Schools/Islamic Senior High Schools (SMA/MA). This study aims to determine whether the SMAN 2 Cimahi Library has implemented the service standards in accordance with the National Library Standard. This study is qualitative, using observation and interview techniques, and data analysis is carried out descriptively. The results obtained are that the SMAN 2 Cimahi Library has implemented SNP SMA/MA from the service aspect, namely types of services, compulsory reading programs, library education programs, information literacy programs, library promotions, reports, cooperation, and several programs have been integrated with the curriculum. Unfortunately, in terms of service hours, the SMAN 2 Cimahi library has not met the service hours in accordance with the SNP, which is 8 hours per working day. From these results, the SMAN 2 Cimahi Library can consider opening service activities for more than 8 hours per working day in order to optimize library services to all SMAN 2 Cimahi library users.
Abstrak
Perpustakaan sekolah perlu menjalankan kegiatan operasionalnya sesuai dengan standar yang berlaku, salah satunya Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Perpustakaan SMAN 2 Cimahi telah mengimplementasikan standar layanan dalam SNP SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara, analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil yang didapat adalah Perpustakaan SMAN 2 Cimahi telah mengimplementasikan SNP SMA/MA dari aspek pelayanan, yaitu jenis pelayanan, program wajib baca, program pendidikan pemustaka, program literasi informasi, promosi perpustakaan, laporan, kerja sama, serta beberapa program telah terintegrasi dengan kurikulum. Sayangnya, dari segi jam pelayanan, perpustakaan SMAN 2 Cimahi belum memenuhi jam layanan yang sesuai dengan SNP, yaitu 8 jam per hari kerja. Dari hasil tersebut, Perpustakaan SMAN 2 Cimahi dapat mempertimbangkan untuk membuka kegiatan pelayanan lebih dari 8 jam per hari kerja guna mengoptimalkan layanan perpustakaan kepada seluruh pemustaka perpustakaan SMAN 2 Cimahi.
Kata Kunci: perpustakaan sekolah; layanan perpustakaan; implementasi layanan
References
Ali, I., & Warraich, N. F. (2024). Use and acceptance of technology with academic and digital libraries context: A meta-analysis of UTAUT model and future direction. Journal of Librarianship and Information Science, 56(4), 965-977.
Anjani, S., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Samson, C. M. S. (2021). Inovasi pelayanan sirkulasi open library telkom university saat covid-19. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 4(1), 31-44.
Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with Discrepancy Model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.
Arya, G. Z., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Nugraha, H. (2024). Implementasi monitoring dan evaluasi pada pengembangan koleksi perpustakaan SMA Pasundan 8 Bandung. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 15(1), 39-50.
Attahiru, Y. L., & Musa, H. Y. (2022). reinterpretation of ranganathan five laws of library science in the digital era: an overview of the 21st century academic libraries. Gombe Technical Education Journal, 14(1), 75-82.
Azrina, O., Kesuma, M. E. K., & Nurjannah, L. (2022). Pustakawan guru sebagai agen literasi informasi di Sekolah Madania Parung Bogor. Jurnal El-Pustaka, 3(2), 67-82.
Badaruddin, K. (2023). Analisis layanan perpustakaan. Jambura: Journal of Educational Management, 4(1), 88-96.
Behesty, O. L. K. (2023). Implementasi literasi informasi di perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. JIMR: Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 108-113.
Cabero‐Almenara, J., Guillén‐Gámez, F. D., Ruiz‐Palmero, J., & Palacios‐Rodríguez, A. (2022). Teachers' digital competence to assist students with functional diversity: Identification of factors through logistic regression methods. British Journal of Educational Technology, 53(1), 41-57.
Dewi, A. O. P. (2019). Memilih software otomasi perpustakaan sesuai kebutuhan perpustakaan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(1), 71-76.
Distianti, N. I., & Pramudyo, G. N. (2024). Peran pustakawan dalam mengembangkan literasi informasi siswa di perpustakaan SMA Negeri 2 Pati. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 8(3), 425-440.
Elnadi, I. (2018). Upaya meningkatkan layanan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 3(2), 203-214.
Endarti, S. (2022). Perpustakaan sebagai tempat rekreasi informasi. Abdi Pustaka: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 23-28.
Eskha, A. (2018). Peran perpustakaan sebagai sumber belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12-18.
Fedorowicz-Kruszewska, M. (2020). Environmental education in libraries–theoretical foundations and practical implementation. Library Management, 41(4/5), 279-293.
Ferizal, A. A., & Sobarnas, M. A. (2021). Sistem informasi perpustakaan berbasis web di SMK Fatahillah Cileungsi. Infotech: Jurnal Informatika & Teknologi, 2(2), 102-111.
Figuracion, V. C., & Ormilla, R. C. G. (2021). The word reading performance of grade V pupils through a library hour program in Philippines. Educatum Journal of Social Sciences, 7(1), 95-103.
Hamdi, M. M., & Farichah, N.N.(2021). Otomasi perpustakaan dalam lembaga pendidikan Islam. Cermin: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(1), 26-30.
Hamim, A. H. (2022). Peran Layanan Digitalisasi Perpustakaan di lingkungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Kota Bandung. J-Staf: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 1(1), 27-38.
Hastuti, B. T. (2018). Kontribusi kompetensi pustakawan, sarana prasarana, dan layanan perpustakaan sekolah terhadap manajemen mutu perpustakaan SMA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 265-276.
Hutapepa, E. A. B., Siregar, U. A., Sasmita, F. D., & Yusniah, Y. (2023). Jaringan kerjasama perpustakaan perguruan tinggi. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(1), 444-452.
Jensen, J. B., Pedersen, O., Lund, O., & Skovbjerg, H. M. (2022). Playful approaches to learning as a realm for the humanities in the culture of higher education: A hermeneutical literature review. Arts and Humanities in Higher Education, 21(2), 198-219.
Kanazawa, M. (2020). An analysis of web pages for school support services in public library websites in Japan. Public Library Quarterly, 41(6), 1-21.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Krismayani, I. (2018). Mewujudkan fungsi perpustakaan di daerah. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(2), 233-242.
Krismayani, I. (2019). Analisis kesesuaian instrumen akreditasi perpustakaan sekolah terhadap ketentuan standar nasional perpustakaan sekolah menengah atas. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(2), 199-205.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Erza, E. K. (2018). Library class: Model pembelajaran literasi informasi tingkat sekolah dasar (studi kasus SD Madania). Jurnal Perpustakaan Pertanian, 27(2), 51-58.
Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran siswa terhadap minat baca siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 195-200.
Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: How may AI and GPT impact academia and libraries?. Library Hi Tech News, 40(3), 26-29.
Luqiana, A., & Nelisa, M. (2022). Implementasi peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 1(1), 18-28.
Margareta, I. E. (2022). Revitalasi layanan sirkulasi perpustakaan perguruan tinggi. The Light: Journal of Librarianship and Information Science, 2(1), 35-42.
Martins, R. M., & Gresse Von Wangenheim, C. (2023). Findings on teaching machine learning in high school: A ten-year systematic literature review. Informatics in Education, 22(3), 421-440.
Mehta, D., & Wang, X. (2020). COVID-19 and digital library services–a case study of a university library. Digital Library Perspectives, 36(4), 351-363.
Moro, C., Birt, J., Stromberga, Z., Phelps, C., Clark, J., Glasziou, P., & Scott, A. M. (2021). Virtual and augmented reality enhancements to medical and science student physiology and anatomy test performance: A systematic review and meta‐analysis. Anatomical Sciences Education, 14(3), 368-376.
Nukhbatillah, I. A., Hasanah, U., Suhertin, T., Milah, A. R., & Mukti, A. T. S. (2023). Analisis kesesuaian penyelenggaraan perpustakaan sekolah berdasarkan standar perpustakaan (studi kasus MIS Bojongmalang Pangandaran). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 142-148.
Ora, R., Kesuma, M. E. K., & Nurjannah, L. (2022). Pustakawan guru sebagai agen literasi informasi di sekolah dasar Madania Parung Bogor. Jurnal El-Pustaka, 3(2), 67-82.
Pratiwi, A. (2024). Persepsi guru terhadap peran perpustakaan sekolah dalam mendukung kurikulum. Journal of Bibliogia, 1(1), 12-16.
Putra, E. A., & Arfa, M. (2020). Promosi perpustakaan sekolah menggunakan PowToon di SMA Hidayatullah Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(4), 569-582.
Putriaurina, A. D., Syam, R. Z. A., & Ruqayah, R. (2021). Layanan perpustakaan sekolah berdasarkan Standar Nasional indonesia. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi , 5(2), 167-178.
Ridwan, P., Sudarsana, U., & Rahmatulloh, T. (2021). Kinerja pustakawan layanan sirkulasi dalam memanfaatkan Senayan Library Management System (SLiMS). Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 4(1), 75-88.
Rifauddin, M. (2017). Keterampilan sosial pustakawan dalam memberikan pelayanan bermutu di perpustakaan. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(1), 102-112.
Rochmah, E. A. (2016). Pengelolaan layanan perpustakaan. Ta’Allum, 4(2), 277-292.
Sahli, F., Alidousti, S., & Naghshineh, N. (2024). Designing a branding model for academic libraries affiliated with the Ministry of Science, Research and Technology in Iran. Library Hi Tech, 42(4), 1305-1330.
Sari, N. F., Rambe, B. H., Ritonga, I. A., Aritonang, Y. B., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan literasi membaca melalui kolaborasi guru, orang tua, dan siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(6), 5-14.
Sari, S. N., & Marajari, M. R. (2019). Efektivitas komunikasi interpersonal pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 36-48.
Setiawan, A., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2022). Manfaat SLiMS 9 bulian untuk katalog di Perpustakaan SMPN 3 Jampangtengah. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 3(2), 69-87.
Shintia, D., Arafat, Y., & Setiawan, A. a. (2021). The influence of School library utilization and reading interest on student achievement. Journal of Social Work and Science Education, 2(2), 127-136.
Sukarno, L. G. (2017). Promosi perpustakaan melalui media sosial di perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Media Pustakawan, 24(4), 56-61.
Trihandayani, R., & Sudiar, N. (2022). Promosi perpustakaan dalam minat kunjung di Sekolah Dasar Negeri 10 Minas. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(8), 1127-1135.
Wahiddinsyah, F. (2022). Upaya optimalisasi promosi perpustakaan sekolah di masa pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(2), 127-140.
Wildyani, E. P., & Syukri, M. (2024). Sinergitas pustakawan dan guru dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Islam Al-Ulum terpadu. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(5), 1412-1419.
Winata, A. P., Fadelina, R., & Basuki, S. (2021). New normal and library services in Indonesia: A case study of university libraries. Digital Library Perspectives, 37(1), 77-84.
Winoto, Y., Hendrayani, H., & Septian, F. I. (2024). Perpustakaan sekolah dan strategi penguatan literasi informasi para siswa. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 8(1), 136-151.
Wulandari, E. R., & Muchtarom, A. (2021). Inovasi layanan administrasi perpustakaan dan layanan referensi online di masa pandemi COVID-19. Libraria, 9(1), 79-102
Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran pustakawan terhadap kualitas layanan perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 53-68
Zein, D. N., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Komara, D. A. (2023). Implementation of monitoring and evaluation of BPI Bandung high school library. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 156-167.
Zohriah, A. (2017). Efektivitas pelayanan perpustakaan sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(1), 102-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nisrina Amani, Angga Hadiapurwa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.