Curriculum implementation in accounting major at SMK Pajajaran Bandung

Authors

  • Muhammad Adi Wicaksono Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Khaila Nur Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Zahrah Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Maya Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.35a

Keywords:

accounting curriculum, educational technology, implementation curriculum, Kurikulum Merdeka

Abstract

The curriculum is a learning guideline that includes objectives, content, methods, and evaluations to achieve the expected competencies. This study examines the implementation of the accounting curriculum at SMK Pajajaran Bandung, focusing on the use of technology, alignment of skills with workforce demands, the effectiveness of teaching approaches, and curriculum evaluation. The aim is to explore how the accounting curriculum is applied, considering its relevance to the skills required in the job market, teaching methods, technology integration, and curriculum evaluation. The research employs a qualitative method, collecting data through interviews, observations, and document analysis. Findings reveal that the accounting curriculum at SMK Pajajaran Bandung is well-designed to enhance students' competencies for workforce demands. It integrates technical skills, soft skills, and technology, such as accounting software, and relevant taxation and financial management knowledge. Teaching methods like lectures, hands-on practice, and case studies improve theoretical understanding and analytical skills. Lastly, ongoing curriculum evaluation ensures its relevance to industry needs and technological advancements, making teaching more adaptive and preparing students to be job-ready and adaptable to technological changes.

 

Abstrak

Kurikulum merupakan pedoman pembelajaran yang mencakup tujuan, isi, metode, dan evaluasi untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini mengkaji implementasi kurikulum akuntansi di SMK Pajajaran Bandung, dengan fokus pembahasan pada penggunaan teknologi, kesesuaian keterampilan dengan kebutuhan dunia kerja, efektivitas pendekatan pembelajaran, serta evaluasi kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana implementasi kurikulum pembelajaran pada jurusan akuntansi di SMK Pajajaran Bandung dilaksanakan, dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu kesesuaian kurikulum dengan keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja, pendekatan pembelajaran, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum akuntansi di SMK Pajajaran Bandung dirancang dengan baik untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi tuntutan dunia kerja. Implementasi pembelajaran pada kurikulum yang digunakan memadukan keterampilan teknis, soft skills, dan integrasi teknologi, yaitu penggunaan perangkat lunak akuntansi dan pengetahuan yang relevan seperti perpajakan dan pengelolaan data keuangan. Pendekatan pembelajaran, seperti ceramah, praktik, dan studi kasus, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman teori dan keterampilan siswa, sekaligus mengembangkan kemampuan analisis. Terakhir, evaluasi kurikulum dilakukan untuk memastikan kurikulum tetap relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi. Evaluasi ini memungkinkan pengajaran yang lebih adaptif, memastikan siswa tidak hanya siap untuk dunia kerja, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Kata Kunci: implementasi kurikulum; kurikulum akuntansi; Kurikulum Merdeka; teknologi pendidikan

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran guru dalam pengembangan kurikulum pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23-38.

Adrian, F. H., & Dewayanto, T. (2024). Integrasi blockchain dan artificial intelligence pada kurikulum akuntansi: Systematic literature review. Diponegoro Journal of Accounting, 13(3), 1-13.

Aini, F. N., & Anwar, K. (2023). Implementasi asesmen diagnostik dalam pembelajaran IPS kurikulum merdeka belajar pada aspek penilaian berpikir kritis siswa SMPN 1 Kejajar Wonosobo. Journal of Indonesian Social Studies Education, 1(2), 180-187.

Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162-172.

Amidu, A. R., Levy, D., Liman, H. S., & Gray, J. S. (2024). Writing effective narrative valuation reports: The storytelling imperative. Journal of Property Research, 41(2), 166-191.

Andiola, L. M., Masters, E., & Norman, C. (2020). Integrating technology and data analytic skills into the accounting curriculum: Accounting department leaders’ experiences and insights. Journal of Accounting Education, 50, 1-18.

Andriany, D. (2024). Integrasi teori dan praktik dalam matakuliah auditing: Pendekatan pembelajaran untuk mahasiswa akuntansi politeknik negeri ambon. Journal of Applied Accounting, 3(2), 86-90.

Anggono, A., & Lubis, E. A. (2020). Pengaruh media pembelajaran audio visual video MYOB terhadap hasil belajar MYOB. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 1-8.

Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218-229.

Ashari, A., & Ahiri, J. (2021). Model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 9-15.

Bidol, S. (2024). Analisis ketersediaan sumber daya dan proses pengembangan kurikulum terhadap kebutuhan industri dimediasi oleh mutu pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi dan Manajemen (JEM), 6(1), 1-3.

Citra, C. (2024). Inovasi dalam akuntansi: Transformasi digital dan sistem informasi terintegrasi. Jurnal Ilmu Data, 4(3), 1-26.

Deviarti, H., & Kurniawati, H. (2012). Evaluasi kurikulum sekolah menengah jurusan akuntansi menjelang IFRS. Binus Business Review, 3(1), 42-51.

Divyashree, M. S., N Abhishek, D., Kulal, Dr. A., & Kanchan, Mr. S. G. (2023). Time to bridge the gap between accounting and technology through improving the accounting curriculum: A perceptional view. SSRN, 21(12), 1054-1061.

Diyani, L. A., & Oktapriana, C. (2023). Edukasi akuntansi bagi siswa non akuntansi sebagai salah satu persiapan kurikulum merdeka. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(1), 110-125.

Dwiharyadi, A., Asrina, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis kebutuhan kompetensi lulusan akuntansi. Akuntansi dan Manajemen, 16(2), 22-32.

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.

Fauzi, E., Sinatrya, M. V., Ramdhani, N. D., Ramadhan, R., & Safari, Z. M. R. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Jurnal riset pendidikan ekonomi, 7(2), 189-197.

Fauziyyah, N. (2022). Efek digitalisasi terhadap akuntansi manajemen. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 15(1), 381-390.

Fitri, Y., & Patriana, E. (2022). Penerapan learning by the case method terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa akuntansi UIN Jakarta. Akuntabilitas, 15(1), 1-18.

Gultom, Y. M., Syahputra, F., & Syahrial, S. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8.

Hasan, A. R. (2021). Artificial intelligence (AI) in accounting & auditing: A literature review. Open Journal of Business and Management, 10(1), 440-465.

Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi peran guru di era digital: tantangan dan peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154-167.

Janah, A. M., Kusumah, R. M., & Yasin, M. (2023). Pola industri sekarang dan pola industri lama. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(3), 152-156.

Jayanti, G., Achmadi, A., & Okianna, O. (2020). Relevansi program keahlian lulusan SMK dengan dunia kerja di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(10), 1-9.

Juliyani, E., Rahmadani, H. N., Berliandes, W., & Azmi, Z. (2024). Blokchain dan AI technology: Pembawa perubahan baru dalam perspektif akuntansi. Akuntansi, 3(1), 159-173.

Junjunan, M. I., Yudhanti, A. L., Jannah, B. S., Aripratiwi, R. A., Nufaisa, N., & Nawangsari, A. T. (2022). Penguatan kapasitas keterampilan akuntansi berbasis SAK-ETAP. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 62-66.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Khotima, H., & Ismail, F. (2024). Karakteristik dan strategi inovasi pendidikan. Al-muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(3), 627-638.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.

Kusumastuti, A., & Octoria, D. (2016). Faktor-faktor penghambat guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(1), 118-133.

Mahmuda, S., Sucipto, A., & Setiawansyah, S. (2021). Pengembangan sistem informasi pengolahan data Tunjangan Karyawan Bulog (TKB) (studi kasus: Perum Bulog divisi Regional Lampung). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 14-23.

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran biologi di SMA negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130-145.

Mudmainnah, N. F., Deskoni, D., & Rusmin, A. R. (2018). Pengaruh software MYOB accounting terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 43-51.

Mujazi, M. (2020). Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 448-457.

Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen pendidikan Islam di era digital: Transformasi dan tantangan implementasi teknologi pendidikan. Jiem: Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 1-13.

Munthe, F., & Mataputun, Y. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 586-593.

Ndruru, F. (2024). Tantangan dan peluang implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran akuntansi di SMK Markus 1 Medan. Akuntanomics, 1(1), 23-30.

Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 1-10.

Papadogiannis, I., Wallace, M., Poulopoulos, V., Vassilakis, C., Lepouras, G., & Platis, N. (2023). An assessment of the effectiveness of the remedial teaching education policy. Knowledge, 3(3), 349-363.

Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Membangun jiwa wirausahawan (entrepreneurship) menjadi mahasiswa pengusaha (entrepreneur student) sebagai modal untuk menjadi pelaku usaha baru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 5(2), 125-136

Pramesti, K. D., Meisya, N. I., & Amrillah, R. (2024). Relevansi lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(4), 236-243.

Qurtubi, A., Rukiyanto, B. A., Rusmayani, N. G. A. L., Hita, I. P. A. D., Nurzaima, N., & Ismaya, R. (2023). Pengembangan metode penilaian kinerja guru berbasis kompetensi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3051-3061.

Rahayu, R., Aulia, R., Atriani, E., Nurhayati, N., Arni, A., & Arsal, M. (2024). Transformasi digital terhadap peran akuntan sebagai konsultan digital: Dampak sosial dan ekonomi terhadap pengembangan industri dan ekonomi digital. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(2), 285-293.

Rahmawati, U. T., & Suranto, S. (2024). Mengeksplorasi tantangan dalam implementasi pembelajaran berbasis proyek pada pendidikan akuntansi dasar SMK di Surakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1208-1217.

Ratnasari, D., & Chamalinda, K. N. L. (2024). Peran program relawan pajak, pelatihan pajak dan pengembangan diri dalam menentukan minat karir mahasiswa di bidang perpajakan. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 12(2), 164-173.

Romadhoni, M. F., & Pratama, B. (2024). Analisis kesenjangan kompetensi mahasiswa akuntansi UNESA dengan kebutuhan industri 4.0. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-7.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Rudianti, S. R., Yanti, S. D., & Rustini, T. (2024). Inovasi pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 732-741.

Saputri, A., & Fauziyyah, N. (2023). Transisi akuntansi menuju digitalisasi. Mizania: Jurnal Ekonomi dan Akuntansi, 3(1), 300-310.

Sasmitha, W., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran akuntansi keuangan dan lembaga di SMK PGRI Wonoasri. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(2), 62-70.

Satata, D. P. I., Dewi, T. P., & Prajanto, A. (2024). Peningkatan kompetensi akuntan melalui integrasi teknologi data, blockchain dan artificial intellegence dalam kurikulum akuntansi untuk menghadapi revolusi industri 5.0. Accounting Global Journal, 8(2), 95-110.

Satiti, A. D. R., Suhardjanto, D., Widarjo, W., Honggowati, S., & Setiorini, K. R. (2023). Institutional theory perspective in disclosing occupational safety risks in Indonesia. Kurdish Studies, 11(2), 5356-5375.

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 118-126.

Setiyadi, B., Revyta, R., & Fadhilah, A. (2020). Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Khazanah Pendidikan, 14(1), 173-184.

siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divison (STAD) dalam pembelajaran akuntansi kelas X. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(3), 86-97.

Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum pada tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3), 230-238.

Suarjana, A. A. G. M., Wahyuni, L. M., & Putra, I. K. M. (2022). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja dalam upaya mewujudkan integrasi kompetensi hard skill, soft skill lulusan akuntansi. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 18(2), 125-137.

Sugito, S. (2024). Dampak inovasi teknologi pada pelaporan keuangan di bidang akuntansi korporat. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3087-3096.

Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan kompetensi dalam pasar tenaga kerja di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen (JPBM), 7(1), 1-9.

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.

Suparmun, H., Rudyanto, A., & Sutrisno, P. (2022). Peran software akuntansi dalam membantu guru-guru akuntansi menghadapi era industri 4.0. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 80-85.

Suryani, E. (2023). Upaya peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa SMKN 1 Tebo melalui model kooperatif tipe think pair share. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 3(1), 55-61.

Susanti, T., & Supardi, S. (2019). Improving learning outcomes of economic subject learners with the use of lecture methods varies. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 12-17.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory SMK. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152-167.

Suyatmini, S. (2017). Implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 60-68.

Syafi’i, I., & Rosyidah, L. (2022). Model pengembangan kurikulum adaptif pada sekolah inklusif. Jurnal Penelitian Medan Agama, 13(2), 67-72.

Syarif, A., Prasetio, T., & Hariyani, R. (2021). Peningkatan keterampilan dalam penggunaan MYOB accounting untuk menyusun laporan keuangan bagi siswa SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 51-57.

Tan, A. W., Ambouw, N. E. B., & Kustiwi, I. A. (2024). Digitalisasi ekonomi SIA: Transformasi sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi bisnis. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 2(2), 332-341.

Taufiq, E. T. E. (2020). Sinkronisasi kurikulum jurusan akuntansi dan lembaga keuangan di SMK Karya Guna Bhakti II. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tri Pamas, 2(2), 72-78.

Tedjasuksmana, B., Lindrawati, L., & Sari, D. P. (2022). Evaluasi pembelajaran akuntansi dasar usaha dagang pada siswa SMA ABC di Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(3), 68-77.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13-22.

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82-90.

Wardoyo, C., & Nuris, D. M. R. (2023). Pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis TIK bagi guru akuntansi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 308-313

Warta, W., Setiawan, I., Mahpudin, A., & Rifai, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada sekolah menengah kejuruan dalam meningkatkan kompetensi lulusan peserta didik di SMKN 7 Baleendah. Al-afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 578-584.

Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 105-113.

Woleka, A. P. (2023). Meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas xi dengan metode pembelajaran praktek langsung di SMK Negeri 1 Waingapu. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 1-11.

Published

30-04-2025

How to Cite

Wicaksono, . M. A., Salsabila, K. N., Salsabila, Z., & Maya, M. (2025). Curriculum implementation in accounting major at SMK Pajajaran Bandung. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 1-22. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.35a

Similar Articles

1-10 of 48

You may also start an advanced similarity search for this article.