Analysis of curriculum implementation in the accounting major at SMKN 11 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.46Keywords:
curriculum development, curriculum implementation, Kurikulum MerdekaAbstract
The educational curriculum determines the direction, goals, and learning strategies. Especially at the vocational education level, the curriculum is designed to produce graduates ready with competencies that suit the demands of the world of work. This research aims to analyze the implementation of Kurikulum Merdeka in accounting learning at SMKN 11 Bandung and its impact on student competence. Through this study, it is hoped that it can provide innovative solutions to overcome the challenges of implementing the Kurikulum Merdeka in other vocational schools. This research was conducted using a descriptive qualitative approach through interview, observation, and document analysis methods with the subject of an accounting teacher who also serves as a school curriculum staff. The results showed that Kurikulum Merdeka has been implemented effectively at all levels of learning. The implementation of this curriculum includes curriculum development based on synchronization with industry needs, innovative learning methods such as project-based learning, and evaluation that focuses on student competence. This research also emphasizes the importance of collaboration between teachers, students, parents, and industry in improving the relevance of the education curriculum.
Abstrak
Kurikulum pendidikan memiliki peran yang cukup penting sebagai acuan dalam menentukan arah, tujuan, dan strategi pembelajaran. Khususnya pada jenjang pendidikan kejuruan, kurikulum dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap dengan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran akuntansi di SMKN 11 Bandung serta dampaknya terhadap kompetensi peserta didik. Melalui studi ini, diharapkan dapat memberikan solusi inovatif guna mengatasi berbagai tantangan yang muncul dalam penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah kejuruan lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen dengan subjek seorang pendidik akuntansi yang juga bertugas sebagai staf kurikulum sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka telah diterapkan di seluruh jenjang pembelajaran dengan tingkat efektivitas. Penerapan kurikulum ini mencakup pengembangan kurikulum berbasis sinkronisasi dengan kebutuhan industri, metode pembelajaran inovatif seperti project-based learning, serta evaluasi yang terfokus pada kompetensi peserta didik. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pendidik, peserta didik, orang tua, dan pihak industri dalam meningkatkan relevansi kurikulum pendidikan.
Kata Kunci: implementasi kurikulum; Kurikulum Merdeka; pengembangan kurikulum
References
Adla, S. R., & Maulia, S. T. (2023). Transisi kurikulum K13 dengan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 262-270.
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50.
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290-298.
Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with discrepancy Model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Arifiani, I. K., & Umami, N. (2023). Problematika guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMKN 1 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Armada: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 872-878.
Asvifah, F. F., & Wahjudi, E. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi pada materi pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 460-465.
Azhara, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 15-21.
Farhan, A. A., Rizkia, A., Budi, H. R., Ropik, I. A., & Firly, S. G. N. (2024). The implementation of educational technology ethics by learning developers in company. Hipkin Journal of Educational Research, 1(1), 49-60.
Fauzi, H., Aprianto, I., Amiruddin, A., & Zulqarnain, Z. (2020). Strategi pengembangan mutu perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 416-424.
Firmansyah, H. (2023). Proses perubahan kurikulum K-13 menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1230-1240.
Hakim, M. N., Mabdalif, S. M. F., Krisbiyanto, A., & Kartiko, A. (2024). Development of vocational education based on independent curriculum at BIM Jombang Center of Excellence Vocational School. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(3), 781-798.
Handayani, F., Hasyim, D. M., Suryono, W., Sutrisno, S., & Novita, R. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam mendukung efektivitas pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1265-1271.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan profesionalisme guru dalam pembelajaran pada kurikulum merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6(1), 47-57.
Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65.
Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.
Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis komparasi implementasi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96-109.
Mcbride, K., & Philippou, C. (2022). “Big results require big ambitions”: Big data, data analytics and accounting in masters courses. Accounting Research Journal, 35(1), 71-100.
Mengki, J., & Azhar, A. (2023). Comparative study of PAI in schools in the 2013 and independent curriculum. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 9563-9573.
Muntatsiroh, A., & Hendriyani, S. (2023). Strategi kepala sekolah dalam memfasilitasi implementasi kurikulum merdeka di SMKN 3 Sijunjung. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 100-106.
Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Kompetensi dan kesiapan guru sekolah dasar terhadap tantangan pendidikan di era society 5.0. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 55-72.
Okolie, U. C., Nwajiuba, C. A., Eneje, B., Binuomote, M. O., Ehiobuche, C., & Hack-Polay, D. (2021). A critical perspective on industry involvement in higher education learning: Enhancing graduates’ knowledge and skills for job creation in Nigeria. Industry and Higher Education, 35(1), 61-72.
Rahayuningsih, E., & Hanif, M. (2024). Persepsi guru dan siswa terhadap implementasi kurikulum merdeka (perspektif Social Learning Theory (SLT). Journal of Education Research, 5(3), 2828-2839.
Richardson, V. J., & Watson, M. W. (2021). Act or be acted upon: Revolutionizing accounting curriculums with data analytics. Accounting Horizons, 35(2), 129-144.
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617.
Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.
Septiani, D., Abellia, M., El Adzim, Q. F. K., Candrapadmi, S., & Setiadi, W. A. (2024). Kurikulum merdeka: Readiness in facing curriculum changes at SMAN 1 Lembang. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 189-202.
Shamsudin, A., Mamat, S. N., Pauzi, N. F. M., & Karim, M. S. (2023). Adapting to changing expectations: Accounting students in the digital learning environment. International Journal of Information and Education Technology, 13(1), 166-175.
Simanjuntak, M. B., Suseno, M., Setiadi, S., Lustyantie, N., & Barus, I. R. G. R. G. (2022). Integration of curricula (curriculum 2013 and cambridge curriculum for junior high school level in three subjects) in pandemic situation. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 77-86.
Simarmata, H. A., & Mayuni, I. (2023). Curriculum reform in Indonesia: From competency-based to freedom of learning. International Journal of Pedagogical Novelty, 2(2), 1-13.
Siregar, E. F. S., Fitriyah, D., Sarkity, D., Juriansyah, J., & Syahfitri, R. (2023). Pelatihan dan pendampingan guru dalam implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau. Jurnal Anugerah, 5(2), 133-145.
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum pada tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3), 230-238.
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian IPA Terpadu dalam pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36-52.
Villarroel, V., Boud, D., Bloxham, S., Bruna, D., & Bruna, C. (2020). Using principles of authentic assessment to redesign written examinations and tests. Innovations in Education and Teaching International, 57(1), 38-49.
Wanti, L., & Chastanti, I. (2023). Analysis of preparation in the independent curriculum implementation: Case study on IPAS learning. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2), 250-258.
Yahya, F., Irham, M., Jalaluddin, J., Suryani, E., & Walidain, S. N. (2023). Peningkatan kapasitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kurikulum merdeka. Karya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 383-387.
Yanda, M., Winarwan, R., Nuryanti, T., & Rustini, T. (2024). Menuju pendidikan yang lebih unggul: Strategi kebijakan dan inovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(11), 11-20.
Zein, D. N., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Komara, D. A. (2023). Implementation of monitoring and evaluation of BPI Bandung high school library. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 156-167.
Zulaikah, Z., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2022). In house training sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 60-65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Latifah, Restu Setia Ningati, Nabil Abdillah Meyza Winata, Hafsah Nugraha (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.