Enhancing accounting learning with curriculum and library support at SMK Daarut Tauhiid

Authors

  • Annisa I’zzatul Jannah Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Firda Shauma Destiawan Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Okta Nurul Gina Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Zahra Nabilatu Azkia Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.39

Keywords:

curriculum optimization, educational facilities, in-house training, Kurikulum Merdeka, project-based learning

Abstract

The curriculum functions as a tool to achieve educational goals, a good curriculum must be carefully designed to meet the needs of students and society. This research discusses the implementation of the Kurikulum Merdeka at Daarut Tauhiid Vocational School to improve students' accounting skills through In-House Training (IHT), supporting facilities, and project-based learning (PBL) methods. This research aims to analyze the implementation of the Kurikulum Merdeka, identify opportunities and challenges, provide recommendations for optimizing the curriculum, and evaluate the effectiveness of IHT and PBL learning methods in improving student competence. The research used descriptive qualitative methods with data obtained through interviews with deputy principals, accounting teachers, and library staff. The research results show that Daarut Tauhiid Vocational School implements the Kurikulum Merdeka and the foundation curriculum. Teachers and staff receive adequate training so that they can implement learning effectively. The school also provides adequate facilities to support student access to the latest education. Although there are several challenges. Daarut Tauhiid Vocational School has successfully implemented the Kurikulum Merdeka effectively with the support of teacher training, adequate facilities and project-based learning methods. To overcome challenges in implementation, researchers recommend practical optimization of the curriculum to prepare students for the world of work.

 

Abstrak

Kurikulum berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, kurikulum yang baik harus dirancang dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Penelitian ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Daarut Tauhiid untuk meningkatkan kemampuan akuntansi peserta didik melalui In-House Training (IHT), fasilitas pendukung, dan metode pembelajaran berbasis proyek (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka, mengidentifikasi peluang dan tantangan, memberikan rekomendasi optimalisasi kurikulum, dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran IHT serta PBL dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data diperoleh melalui wawancara dengan wakil kepala sekolah, guru akuntansi, dan staf perpustakaan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa SMK Daarut Tauhiid mengimplementasikan Kurikulum Merdeka bersama kurikulum yayasan. Guru dan staf mendapat pelatihan yang memadai sehingga dapat mengimplementasikan pembelajaran dengan efektif, Sekolah juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung akses peserta didik terhadap keterbaruan pendidikan. Meski terdapat beberapa tantangan. SMK Daarut Tauhiid berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka secara efektif dengan dukungan pelatihan guru, fasilitas memadai, dan metode pembelajaran berbasis proyek. Untuk mengatasi tantangan dalam implementasi, peneliti merekomendasikan optimalisasi praktis kurikulum guna mempersiapkan peserta didik menghadapi dunia kerja.

Kata Kunci: fasilitas pendidikan; in-house training (IHT); Kurikulum Merdeka; optimalisasi kurikulum; project-based learning (PBL)

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran guru dalam pengembangan kurikulum pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23-38.

Abidin, A. M. (2021). Pendidikan moral dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57-67.

Ainy, F. Z. Q., & Effane, A. (2023). Peran kurikulum dan fungsi kurikulum. Karimah Tauhid, 2(1), 153-156.

Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with discrepancy model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.

Ashary, M. I. A., & Komara, D. A. (2022). Library human resources training through online-based service provider platform. Edulib, 12(1), 69-77.

Awaluddin. (2021). Pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu sekolah. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies 2(2), 25-43.

Budiarto, D. (2023). Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik. Jambura: Journal of Educational Management, 4(1), 234-244.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56-67.

Diman, V. I. S., & Syah, M. F. J. (2023). Pembelajaran berbasis kurikulum merdeka pada program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga kelas XI di SMK Negeri 1 Banyudono. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 5(2), 70-82.

Fauzi, H. (2022). Pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. At-Ta'lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 52-65.

Haratua, C.S., Subandi, U., Nurlela, L., Nusetyawati, A.S., & Fitriani, N. (2024). Peran guru dalam mendorong inovasi siswa melalui metode pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Sadewa, 2(3), 203-209.

Herdianto, Y. (2023). Pengembangan pembelajaran diferensisasi untuk students well-being pada siswa kelas IV SDN Beji 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 70-92.

Huda, I. C. (2020). Peranan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38-48.

Ikrimah, A. L. M., Hadiapurwa, A., Rullyana, G., & Komara, D. A. (2023). The role of library facilities and infrastructure in increasing visitor visits. Literatify: Trends in Library Developments, 4(2), 94-110.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2023). In House Training (IHT) implementasi kurikulum merdeka di komite pembelajaran sebagai komunitas praktisi sekolah penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 160-166.

Kastro, A. (2020). Peranan perpustakaan sekolah sebagai sarana pendukung gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 4(1), 92-100.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.

Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(1), 112-127.

Kriekhoff, E. S., & Kumbangsila, J. (2022). Pelatihan komputer akuntansi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buru Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak, 5(2), 25-33.

Lahabu, E., Londa, N. S., & Boham, A. (2021). Peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa SMK Nusantara di Tondano. Acta Diurna Komunikasi, 3(2), 1-17.

Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 988-999.

Lubis, I. T., Rizki, I. H., & Syahputri, T. Z. (2021). Pelatihan pengenalan software akuntansi MYOB pada siswa/i kelas XII SMA Husni Thamrin Medan. UNES Journal of Community Service, 6(2), 1-8.

Maizah, M., & Ratnawati, R. (2024). Implementasi manajemen sarana dan prasarana sebagai penunjang efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 7(1), 49-59.

Mansyur, M. (2021). Manajemen perpustakaan dan signifikansinya bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah/madrasah. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10(2), 12-30.

Muhammedi, M. (2016). Perubahan kurikulum di Indonesia: Studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan Islam yang ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), 49-70.

Nasir, M., & Muhammad, M. (2024). Analisis perkembangan kurikulum di Indonesia: Masa lalu, kini, dan masa depan. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 228-236.

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa'adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20-31.

Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan fasilitas perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389-400.

Rofifah, S., Sirojuddin, A., Maarif, M. A., & Zuana, M. M. M. (2021). The influence of organizational culture and work motivation on teacher performance at the international standard school, Amanatul Ummah Mojokerto. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 27-40.

Rois, F., Azizah, L., Wadnaty, N., & Wati, Y. (2024). Optimalisasi koleksi buku dalam peningkatan sumber belajar di perpustakaan SMAN 2 Ngawi. Dinamika Kreatif Manajemen Strategis, 6(4), 194-207.

Romadanti, L. (2023). Evolusi metode pembelajaran pendidikan agama Islam. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 231-242.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sanjiwani, K. A., Ginting, R. T., & Dewi, D. P. S. K. (2024). Strategi menjaga eksistensi perpustakaan perguruan tinggi di era digital. Al-Maktabah, 9(1), 1-16.

Saputra, D. T., Kartika, R. C., & Sumardjoko, B. (2024). Perubahan paradigma guru dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 33(1), 469-476.

Saroya, V., & Hakim, L. (2024). Manajemen perpustakaan dalam peningkatan pembelajaran siswa di MAN 3 Jombang. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 1(2), 81-88.

Sasmitha, W., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran akuntansi keuangan dan lembaga di SMK PGRI Wonoasri. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(2), 62-70.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: Kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1(1), 183-190.

Sitompul, D. N., Dongoran, F. R., & Hayati, I. (2021). Pengembangan pembelajaran akuntansi berbasis model pembelajaran student facilitatory and explaining. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 207-213.

Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh metode pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86-94.

Sutanti, E. (2025). Perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web SD Swata Islam Terpadu Daar Al Ulum Kabupaten Asahan. Repeater: Publikasi Teknik Informatika dan Jaringan, 3(1), 50-57.

Sutrisno, P., Debora, D., Destriana, N., Putri, A. T., Marlinah, A., Wijaya, N., & Lekok, W. (2023). Pendampingan pelatihan software akuntansi Accurate dalam membantu guru & siswa-siswi SMK untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 2(1), 29-37.

Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169.

Syukri, M., & Wahyuni, S. (2024). Perpustakaan sebagai jantung pendidikan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 319-334.

Tsiligiris, V., & Bowyer, D. (2021). Exploring the impact of 4IR on skills and personal qualities for future accountants: A proposed conceptual framework for university accounting education. Accounting Education, 30(6), 621-649.

Yahya, A., Nurjanah, R., Nurastuti, P., & Riyanah, S. (2023). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai alat ukur kemampuan akuntansi siswa SMK Islam Darurrohman Sukawangi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 123-128.

Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di revolusi industri 4.0: Studi kasus evaluasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 380-390.

Yusuf, F. (2021). The independent campus program for higher education in Indonesia: The role of government support and the readiness of institutions, lecturers, and students. Journal of Social Studies Education Research, 12(2), 280-304.

Yusuf, F. (2021). The independent campus program for higher education in Indonesia: The role of government support and the readiness of institutions, lecturers, and students. Journal of Social Studies Education Research, 12(2), 280-304.

Zein, D. N., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Komara, D. A. (2023). Implementation of monitoring and evaluation of BPI Bandung high school library. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 156-167.

Zulaikah, Z., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2022). In house training sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 60-65.

Published

30-04-2025

How to Cite

Jannah, A. I., Destiawan, F. S., Gina, O. N., & Azkia, Z. N. (2025). Enhancing accounting learning with curriculum and library support at SMK Daarut Tauhiid. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 67-80. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.39

Similar Articles

1-10 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.