Implementation and difficulties of Kurikulum Merdeka in accounting learning at LPPM-RI vocational school

Authors

  • Adelia Maileni Agustin Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Nur Afipah Afriyanti Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Rahma Amelia Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Shandi Wiguna Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.42

Keywords:

accounting learning, kurikulum merdeka, vocational school

Abstract

Periodic curriculum changes are carried out as a form of innovation and educational reform to ensure that a country can have an educated, resilient, generous and ethical future generation. This study aims to examine the implementation of the Kurikulum Merdeka in accounting learning at SMK LPPM-RI with a qualitative approach. The data was obtained by interviewing the Curriculum Staff and the Head of the Accounting Department Program. The study results show that the Kurikulum Merdeka positively impacts accounting learning by emphasising a project-based approach and a P5 program that supports the development of students' practical skills. Although some elements of the Kurikulum 2013 are still being implemented, the Kurikulum Merdeka has succeeded in increasing student involvement and readiness to face the world of work. The learning process has become more relevant to the needs of the industry, and teachers are more active in assisting students to develop the competencies needed in the job market. As a result, implementing the Kurikulum Merdeka at LPPM-RI SMK can improve the quality of learning and better prepare students to enter the professional world.

 

Abstrak

Perubahan kurikulum yang terjadi secara berkala dilakukan sebagai bentuk inovasi dan reformasi pendidikan dengan tujuan antara lain yaitu agar suatu negara dapat memiliki generasi penerus yang berpendidikan, tangguh, dermawan, dan beretika. Perubahan kurikulum yang terjadi secara berkala dilakukan sebagai bentuk inovasi dan reformasi pendidikan dengan tujuan diantaranya yaitu agar sebuah negara dapat memiliki generasi penerus yang berpendidikan, tangguh, bertanggungjawab, dan beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran akuntansi di SMK LPPM-RI dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan Staf Kurikulum sekaligus Kepala Program Jurusan Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap pembelajaran akuntansi dengan menekankan pada pendekatan berbasis proyek dan program P5 yang mendukung pengembangan keterampilan praktis peserta didik. Meskipun beberapa elemen Kurikulum 2013 masih diterapkan, penerapan Kurikulum Merdeka berhasil meningkatkan keterlibatan peserta didik dan kesiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja. Proses pembelajaran menjadi lebih relevan dengan kebutuhan industri, dan guru lebih aktif dalam mendampingi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan di pasar kerja. Hasilnya, penerapan Kurikulum Merdeka di SMK LPPM-RI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik lebih baik untuk memasuki dunia professional.

Kata Kunci: Kurikulum merdeka; pembelajaran akuntansi; sekolah menengah kejuruan

References

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan model project-based learning ditinjau dari kurikulum merdeka dalam mengembangkan kreativitas belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398-408.

Bimantoro, A., Pramesti, W. A., Bakti, S. W., Samudra, M. A., & Amrozi, Y. (2021). Paradoks etika pemanfaatan teknologi informasi di era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 58-68.

Destiana, D., Humaedi, M. D., & Syofianasari, R. (2024). Modern learning media improves the quality in vocational high school. Hipkin Journal of Educational Research, 1(1), 61-74.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian project based blended learning sebagai model pembelajaran pasca pandemi dan bentuk implementasi kurikulum merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249.

Fauzi, F. M., Kusdiantie, M., & Azzam, M. S. A. (2024). Learning media transformation: Before, during, and after the COVID-19 pandemic. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 227-238.

Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan guru dalam menerapkan pendekatan student centre learning dan teacher centre learning dalam pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 33-39.

Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 185-190.

Intan, N., Wijaya, S., Satriyadi, S., Siahaan, A., & Nasution, I. (2023). Implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pada fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1-16.

Irwansyah, T., Wibowo, A., & Pratama, A. (2024). Pengaruh strategi pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Ekonomi kelas XI SMAN 64 Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 1-15.

Ismiatun, S. R., Neliwati, N., Khairuddin, K., & Rofiq, M. H. (2024). Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kerja sama dengan dunia industri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 61-72.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Kim, J. (2024). Leading teachers' perspective on teacher-AI collaboration in education. Education and Information Technologies, 29(7), 8693-8724.

Martinez, C. (2022). Developing 21st century teaching skills: A case study of teaching and learning through project-based curriculum. Cogent Education, 9(1), 1-17.

Maulidia, L., Nafaridah, T., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Sari, E. M. K. (2023). Analisis keterampilan abad ke 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek, 2(2), 127-133.

Muntatsiroh, A., Rosmiati, R., & Fadriati, F. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka di SMKN 4 Sijunjung. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 6(2), 125-136.

Nuridayanti, N., Muryaningsih, S., Badriyah, B., Solissa, E. M., & Mere, K. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka. Journal on Teacher Education, 5(1), 88-93.

Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan pembelajaran STEAM melalui metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Pelita. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 504-511.

Pratama, G. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya terhadap pemahaman konsep dengan variabel moderator motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa dan dagang. Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 106-122.

Pratiwi, A. D., Subari, I., & Narulita, S. (2022). Penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar akuntansi peserta didik kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Ekonomia: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1-11.

Pujiono, T. A., & Khoiri, A. (2024). Efektivitas Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap capaian kepribadian siswa di MTS Ma’arif Sapuran Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2023/2024. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4390-4397.

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa'adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20-31.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Ruwaida, I. M., Hambali, M., & Rizal, M. S. (2023). Implementasi pendidikan karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kearifan lokal batik malangan di SMAN 1 Malang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 232-245.

Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematik implementasi kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175-184.

Sagala, P. R. B., & Hasibuan, L. R. (2023). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kurikulum merdeka belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1417-1427.

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2021). Penyusunan laporan keuangan perusahaan menggunakan aplikasi Spreadsheet: Pada PD Beras Padaringan). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 320-338.

Septiani, D., Abellia, M., El Adzim, Q. F. K., Candrapadmi, S., & Setiadi, W. A. (2024). Kurikulum merdeka: Readiness in facing curriculum changes at SMAN 1 Lembang. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 189-202.

Setiawan, F. S., Anwar, S., Subakti, G. E., & Haris, A. A. (2024). Guidance: Islamic character-building model at SMA Pribadi Bandung for creating a golden generation. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 9(2), 208-228.

Setyawati, E., Ngadiman, N., & Susanti, A. D. (2021). Penerapan model Explicit Instruction (EI) berbantu media Jobsheet untuk meningkatkan hasil belajar komputer akuntansi kelas XI AKL. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(1), 1-13.

Sindoro, N., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPS di SMP 11 Muhammadiyah. Cendikia Pendidikan, 3(10), 1-9.

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A comparative study of the ADDIE instructional design model in distance education. Information, 13(9), 402-422.

Susanty, H. M., Muchlas, M., & Kuat, T. (2023). Optimasi pembelajaran keahlian akuntansi dan keuangan di SMK Muhammadiyah 2 Playen. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 11(1), 57-68.

Tholibon, D. A., Nujid, M. M., Mokhtar, H., Rahim, J. A., Rashid, S. S., Saadon, A., ... & Salam, R. (2022). The factors of students’ involvement on student-centered learning method. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1637-1646.

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Yulianti, T., & Sulistyawati, A. (2021). Enhancing public speaking ability through focus group discussion. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 5(2), 287-295.

Yusuf, M., Marauleng, A., Syam, I., Masita, S., & Marzuki, M. (2024). Metode-metode dalam pembelajaran (pengertian, tujuan, prinsip-prinsip, penentuan metode, dan efektivitas penggunaan ragam metode pembelajaran). Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 129-142.

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan interaksi dan minat belajar terhadap keberhasilan peserta didik dalam menghadapi pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 9-18

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.

Published

30-04-2025

How to Cite

Agustin, A. M., Afriyanti, N. A., Amelia, R., & Wiguna, S. (2025). Implementation and difficulties of Kurikulum Merdeka in accounting learning at LPPM-RI vocational school. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 81-92. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.42

Similar Articles

1-10 of 40

You may also start an advanced similarity search for this article.