Analysis of Kurikulum Merdeka tools at SMK Bina Sarana Cendekia Bandung
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.37Keywords:
curriculum analysis, curriculum development, Kurikulum Merdeka, vocational high schoolAbstract
This research aims to analyse the challenges and opportunities in preparing and implementing curriculum tools based on the Kurikulum Merdeka at SMK Bina Sarana Cendekia. This study emphasizes the importance of flexible learning and character development through a project-based approach, which are key aspects of the Kurikulum Merdeka framework. Using qualitative research methods, data were collected through interviews, observations, and documentation to gain insights from teachers and staff about their views on the curriculum. The findings reveal that the development of curriculum tools requires continuous teacher training, cross-sector collaboration, and improvements in supporting facilities. Key challenges include a lack of understanding of new elements such as Learning Outcomes (CP), Learning Objectives (TP), and the Flow of Learning Objectives (ATP), as well as difficulties some educators face with technology application. In conclusion, while implementing the Kurikulum Merdeka holds significant potential to enhance the relevance of vocational education to industry needs, it also faces various challenges related to understanding and applying the new elements. Addressing these challenges through intensive teacher training, innovative project-based teaching modules, and strengthened collaboration with industry is essential for effective implementation at SMK Bina Sarana Cendekia.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang dalam penyusunan dan implementasi alat kurikulum berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMK Bina Sarana Cendekia. Studi ini menekankan pentingnya pembelajaran fleksibel dan pengembangan karakter melalui pendekatan berbasis proyek, yang merupakan aspek kunci dari kerangka Kurikulum Merdeka. Menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi untuk mendapatkan wawasan dari pendidik dan staf mengenai pandangan mereka tentang kurikulum. Temuan ini mengungkapkan bahwa penyusunan alat kurikulum membutuhkan pelatihan berkelanjutan bagi pendidik, kolaborasi di berbagai sektor, dan perbaikan dalam fasilitas pendukung. Tantangan penting termasuk kurangnya pemahaman tentang elemen-elemen baru seperti Learning Outcomes (CP), Learning Objectives (TP), dan Flow of Learning Objectives (ATP), serta kesulitan dalam aplikasi teknologi yang dihadapi oleh beberapa pendidik. Sebagai kesimpulan, pelaksanaan Kurikulum Merdeka menghadirkan potensi yang signifikan untuk meningkatkan relevansi pendidikan kejuruan dengan kebutuhan industri, namun juga menghadapi berbagai tantangan terkait pemahaman dan penerapan unsur-unsur baru. Mengatasi tantangan ini melalui pelatihan pendidik intensif, modul pengajaran berbasis proyek inovatif, dan kolaborasi yang diperkuat dengan industri sangat penting untuk implementasi yang efektif di SMK Bina Sarana Cendekia.
Kata Kunci: analisis kurikulum; Kurikulum Merdeka; pengembangan kurikulum; sekolah menengah kejuruan
References
Akilla, N., Nurhasanah, N., Saputri, R., & Mustafiyanti, M. (2024). Alur tujuan pembelajaran dan asasmen. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 231-238.
Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with discrepancy Model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.
Arjihan, C. A. D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.
Armini, N. K. (2024). Evaluasi metode penilaian perkembangan siswa dan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98-112.
Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14-20.
Baitiyah, B., Nafilah, A. K., & Mabnunah, M. (2024). Strategi pengembangan pendidikan madrasah di Bangkalan (sinergi tradisi dan modernitas). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 186-198.
Delıta, F., Berutu, N., & Nofrıon, N. (2022). Online learning: The effects of using e-modules on self-efficacy, motivation and learning outcomes. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(4), 93-107.
Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-prinsip inovasi dan pengembangan kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 81-88.
Haqiqi, A. K. (2019). Telaah implementasi kurikulum 2013: Tinjauan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 12-18
Heriansyah, H., Darni, P., Fajri, R., & Sahardin, R. (2021). Competency-based curriculum, relevant second language learning theories, and its language assessment. English Education Journal, 12(3), 416-427.
Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan pendidikan tentang pelaksanaan merdeka belajar. Journal on Education, 5(2), 2257-2265.
Ita, E., Fono, Y. M., & Malo, M. (2024). Tantangan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 685-691.
Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.
Khasanah, I., Musa, M. M., & Rini, J. (2023). Kurikulum merdeka belajar melalui pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kompetensi 4C siswa madrasah ibtidaiyah. Prosiding Semai: Seminar Nasional PGMI, 2(1), 22-34.
Kuswantoro, A., Kharismaputra, A. P., Rahim, L., & Susanti, A. (2024). Utilization of mindmeister for the creation of learning objective pathways in the implementation of the merdeka curriculum. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 6(1), 29-36.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Marlina, M., & Sesrita, A. (2023). Faktor dan kendala guru dalam menyusun komponen RPP kurikulum 2013. Pena Anda Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.
Mukhdlor, M. F., Syam, A. R., & Syahri, M. A. (2024). Evaluasi implementasi kurikulum merdeka menggunakan CIPP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-10.
Musbaing, M. (2024). Kompetensi guru PAI di abad 21: Tantangan dan peluang dalam pendidikan berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 315-324.
Nalbant, K. G., & Aydın, S. (2023). Development and transformation in digital marketing and branding with artificial intelligence and digital technologies dynamics in the metaverse universe. Journal of Metaverse, 3(1), 9-18.
Nasution, M. F., Rahayu, M., Jannah, N. F., & Tawarnate, M. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas penyusunan anggaran sekolah menengah pertama: Studi kualitatif di Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(3), 2638-2642.
Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan kurikulum 2013. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 98-114.
Putri, A., Nilam, S., & Pandjangan, A. P. B. (2024). Implementasi evaluasi kurikulum pendidikan dalam pembelajaran PAI di SDN 002 Sangatta Utara. At Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 19-30.
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdek. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.
Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3),1-5.
Setiawan, I., Maryani, S., Akhmad, A., & Martin, N. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Negeri 1 Lingsar Lombok Barat. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2601-2611.
Siagian, L. S., Kusmiati, T., Noryani, N., Aulia, A., Utomo, A. P., & Haryaka, U. (2024). Optimalisasi biaya pendidikan di SD Negeri 004 Berau melalui pendekatan SWOT. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 64-72.
Syafila, A. E., & A'yun, D. Q. (2024). Analisis eksplorasi konsep pendidikan konstruktivis dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-23.
Tuerah, R. M., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum merdeka dalam perspektif kajian teori: Analisis kebijakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979-988.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.
Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102-112.
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26.
Yu, K. Y. T., Dineen, B. R., Allen, D. G., & Klotz, A. C. (2022). Winning applicants and influencing job seekers: An introduction to the special issue on employer branding and talent acquisition. Human Resource Management, 61(5), 515-524.
Yustina, Y., Wahyuni, R., Suhara, S., Darmawati, D., Wulandari, P. A., & Saputra, R. R. (2024). Evaluating the Impact of the Pancasila Student Profile Project on developing student competencies. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(3), 4201-4212.
Zein, D. N., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Komara, D. A. (2023). Implementation of monitoring and evaluation of BPI Bandung high school library. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 156-167.
Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2020). Analisis pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum 2013 bagi anak berkebutuhan khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54-71.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aurell Vinaya, Naifa Nur Marischa, Salsabilla Meydiawanti, Shafira Putri Amanda (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.