Analysis of Kurikulum Merdeka development and its application in classroom accounting learning
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.38Keywords:
accounting learning, curriculum development, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum Merdeka can not only improve the quality of education, but can also build highly competitive human resources to meet the needs of the times. This research article discusses the development of a kurikulum merdeka and its influence on accounting learning in the classroom. This research aims to give freedom to educational institutions, educators, and students in determining the learning process. In this research, the curriculum plays an important role as a learning guide and a tool to develop abilities, shape character, and improve student competencies. The curriculum is designed to prepare students to face global challenges that continue to grow and answer various educational challenges in the digital era and globalization. This research uses a qualitative descriptive method to describe the situation factually. Data was collected by conducting interviews, documentation, and literature studies. The results of this study indicate that the success in developing the kurikulum merdeka is greatly influenced by collaboration between the principal, deputy principal for curriculum, program leader, teachers, and library managers. Implementing the kurikulum merdeka in schools, which are the objects of research, shows success in curriculum development. Not only has it succeeded in developing a curriculum that meets national education standards, but it is also relevant to the world of work demands.
Abstrak
Kurikulum Merdeka tidak hanya dapat meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga dapat membangun sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi untuk memenuhi kebutuhan zaman. Penelitian artikel ini membahas tentang pengembangan kurikulum merdeka dan pengaruhnya terhadap pembelajaran akuntansi di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kebebasan kepada institusi pendidikan, pendidik, dan peserta didik dalam menentukan proses pembelajaran. Pada penelitian ini kurikulum berperan penting sebagai panduan belajar dan alat untuk mengembangkan kemampuan, membentuk karakter, dan meningkatkan kompetensi peserta didik. Kurikulum dirancang untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan global yang terus berkembang serta menjawab berbagai tantangan pendidikan di era digital dan globalisasi. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan secara faktual. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka sangat dipengaruhi oleh kolaborasi antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua program, para pendidik, dan pengelola perpustakaan. Implementasi kurikulum merdeka pada sekolah yang menjadi objek penelitian menunjukkan keberhasilan dalam pengembangan kurikulum. Tidak hanya berhasil mengembangkan kurikulum yang memenuhi standar pendidikan nasional, tetapi juga relevan dengan tuntutan dunia kerja.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka; pembelajaran akuntansi; pengembangan kurikulum
References
Adha, W. A., & Fadhila, S. (2023). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka. Ibtida-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 50-59.
Alfaeni, S. I., & Asbari, M. (2023). Kurikulum merdeka: Fleksibilitas kurikulum bagi guru dan siswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 86-92.
Alifa, N. (2020). Pengaruh hasil belajar praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Keluarga, 6(1). 8-15
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290-298.
Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with discrepancy model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.
Astuti, M., Mutiara, J., & Mustafiyanti, M. (2024). Pengertian pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 46-52.
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023). Literature review: Problematika kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum merdeka. SNHRP, 5(1), 465-471.
Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.
Gaol, N. T. L. (2020). Teori kepemimpinan: Kajian dari genetika sampai skill. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), 158-173.
Gea, S. H., Setiawati, D. T., Sukriyah, E., & Siahaan, A. (2022). PAI teachers' self reflections on differentiation learning in the independent learning curriculum. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 212-220.
Hagelin, C. L., Melin‐Johansson, C., Ek, K., Henoch, I., Österlind, J., & Browall, M. (2022). Teaching about death and dying—A national mixed‐methods survey of palliative care education provision in Swedish undergraduate nursing programmes. Scandinavian Journal of Caring Sciences, 36(2), 545-557.
Hakim, A. R., & Nabila, M. (2022). Implementation of the independent learning curriculum in Cirebon District. Journal of Social Science, 3(5), 1207-1213.
Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Didaxei, 3(2), 394-408.
Ikrimah, A. L. M., Hadiapurwa, A., Rullyana, G., & Komara, D. A. (2023). The role of library facilities and infrastructure in increasing visitor visits. Literatify: Trends in Library Developments, 4(2), 94-110.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan profesionalisme guru dalam pembelajaran pada kurikulum merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6(1). 47-57
Junyanti, E. (2024). Kurikulum merdeka sebagai jawaban tantangan global. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 201-206.
Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Laksono, T. A., & Izzulka, I. F. (2022). Evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082-4092.
Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790-816.
Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. Jieman: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80.
Muttaqin, M. (2021). Konsep kurikulum pendidikan Islam. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-16.
Nisa, A. W., & Andaryani, E. T. (2023). Peran dan manfaat kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 34-42.
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum. Palapa, 8(1), 42-55.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Implementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120-1132.
Qolbiyah, A., & Ismail, M. A. (2022). Implementation of the independent learning curriculum at the driving school. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 1-6.
Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Relevansi kurikulum dan pembelajaran dalam pendidikan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 108-118.
Ramadan, F., & Tabroni, I. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66-69.
Ramadina, E. (2021). Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka belajar. Mozaic: Islam Nusantara, 7(2), 131-142.
Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-75.
Septiani, D., Abellia, M., El Adzim, Q. F. K., Candrapadmi, S., & Setiadi, W. A. (2024). Kurikulum Merdeka: Readiness in facing curriculum changes at SMAN 1 Lembang. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 189-202.
Setyowati, P., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh pengantar akuntansi, literasi digital, dan self-regulated learning terhadap keberhasilan pembelajaran akuntansi keuangan berbasis daring. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 149-157.
Soleman, N. (2020). Dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 12(1), 1-14.
Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen kurikulum dalam sistem pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(1), 62-70.
Sulistiani, H., Darwis, D., Silaen, D. S. M., & Marlyna, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia (Studi kasus: SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu). Jurnal Komputer dan Informatika, 15(1), 127-136.
Susanti, H., Mulyawan, H., Purnama, R. N., Aulia, M., & Kartika, I. (2024). Pengembangan kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 2415-2424.
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi pendidikan: Analisis kurikulum merdeka sebagai inovasi pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27-30.
Wulandari, Y., Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., Ariyanto, W. T., & Darmadi, D. (2021). Orientasi pengembangan dan penerapan kurikulum merdeka belajar pada program studi pendidikan matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 317-321.
Zein, D. N., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Komara, D. A. (2023). Implementation of monitoring and evaluation of BPI Bandung high school library. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 156-167.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Amalia, Sofa Nabila, Myisha Azlia Nafhatus Sofa, Intan Desyanti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.