Analysis of curriculum development and accounting learning at SMK Indonesia Raya

Authors

  • Alivia Alviasari Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Ine Azizah Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Monicha Dewi Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Muhamad Mario Darpa Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.41

Keywords:

Accounting learning, curriculum development, vocational high school curriculum

Abstract

The development of the accounting curriculum in Vocational High Schools (SMK) is essential in preparing graduates who are ready to compete in the world of work. However, the dualism of implementing the Kurikulum 2013 and the Kurikulum Kerdeka poses a challenge for schools in adjusting the curriculum to the ever-growing industry's needs. A curriculum not in line with industry standards can hinder students' readiness to face the world of work. This study aims to evaluate the implementation of the accounting curriculum at SMK Indonesia Raya and identify its challenges and opportunities. The method used is qualitative, with observation and in-depth interviews with teachers, students, and school management. Data analysis was carried out descriptively to understand the effectiveness of the curriculum implemented. The study results show that the dualism of the curriculum causes differences in learning strategies, teacher readiness, and student understanding of industry-based materials. The Kurikulum Merdeka provides more flexibility, but limited infrastructure and readiness of teaching staff are the main obstacles. In conclusion, the development of accounting curriculum in SMK requires synergy between the government, schools, and industry to ensure relevance to the job market. With an adaptive curriculum, competent teaching staff, and adequate facilities, SMK graduates can be highly competitive in the era of globalization.

 

Abstrak

Pengembangan kurikulum akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berperan penting dalam mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Namun, dualisme penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka menimbulkan tantangan bagi sekolah dalam menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan industri yang terus berkembang. Kurikulum yang tidak selaras dengan standar industri dapat menghambat kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja.Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi kurikulum akuntansi di SMK Indonesia Raya serta mengidentifikasi tantangan dan peluangnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap pendidik, peserta didik, serta manajemen sekolah. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memahami efektivitas kurikulum yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dualisme kurikulum menyebabkan perbedaan strategi pembelajaran, kesiapan pendidik, serta pemahaman peserta didik terhadap materi berbasis industri. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas lebih, tetapi keterbatasan infrastruktur dan kesiapan tenaga pengajar menjadi kendala utama.Kesimpulannya, pengembangan kurikulum akuntansi di SMK membutuhkan sinergi antara pemerintah, sekolah, dan industri untuk memastikan relevansi dengan pasar kerja. Dengan kurikulum adaptif, tenaga pendidik kompeten, serta fasilitas memadai, lulusan SMK dapat memiliki daya saing tinggi di era globalisasi.

Kata Kunci: kurikulum sekolah menengah kejuruan; pembelajaran akuntansi; pengembangan kurikulum

References

Abdillah, L. R., & Puspitasari, F. F. (2025). Kurikulum kerjasama sebagai upaya penguatan kompetensi SMK Pusat Keunggulan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 426-432.

Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2021). Pengembangan media “MEB” dalam menumbuhkan rasa nasionalis pada pembelajaran matematika SD. JBPD: Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 31-41.

Agustian, D., Amartha, A., & Wardoyo, S. (2024). Tantangan pendidikan vokasional dalam meningkatkan penyerapan lulusan SMK di dunia industri. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1373-1382.

Aithal, P. S., & Maiya, A. K. (2023). Innovations in higher education industry–shaping the future. International Journal of Case Studies in Business, IT, and Education (IJCSBE), 7(4), 283-311.

Aji, W. T., & Rosiana, M. (2024). Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pandangan filsafat pendidikan John Dewey. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 262-278.

Al-Faiza, A. P. A., Fitri, N. L., Tsany, A., & Aqilah, A. F. (2025). Eksklusi sosial dalam pendidikan: Analisis komparatif Indonesia dan Vietnam. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 3(1), 46-59.

Al-Kamzari, F., & Alias, N. (2025). A systematic literature review of project-based learning in secondary school physics: Theoretical foundations, design principles, and implementation strategies. Humanities and Social Sciences Communications, 12(1), 1-18.

Anggraini, N., Gitituati, N., & Bentri, A. (2024). Analisis pengembangan kurikulum SMK Negeri 1 Enam Lingkung. Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1), 84-101.

Antika, T. L., Toha, M., & Hidayah, S. U. N. (2024). Pelatihan penggunaan game edukasi ar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa inggris di Sekolah Dasar Negeri Luwungbata 02. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 125-130.

Arsyam, M. (2024). Peranan kepemimpinan guru dalam meningkatkan aktifitas belajar mengajar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5(2), 52-62.

Aryawan, F. N. (2023). Overcoming the challenges of vocational education in Indonesian SMK: Ideas on curriculum improvement, teaching quality, and English language teaching. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(3), 243-252.

Asy'arie, B. F., Aziz, M. H., Bahy, M. B. A., Rahman, A., & Mariyana, W. (2025). Kurikulum merdeka belajar: menelaah trend model pembelajaran di sekolah dan madrasah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 10(1), 1-15.

Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa SMK. Engineering and Technology International Journal, 1(1), 11-18.

Dewi, D. N., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Manajemen mutu berbasis sekolah: tantangan dan strategi di SMK Negeri 1 Jepon. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 494-499.

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.

Febriyenti, D., Putri, N., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Perkembangan kurikulum di Indonesia dalam perspektif sejarah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 195-214.

Fuad, R., & Iswantir, M. (2024). Peningkatan kualitas pendidikan di pesantren melalui inovasi kurikulum. Jurnal Hukum, Politik, dan Ilmu Sosial, 3(2), 118-131.

Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar peserta didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 6(2), 206-219.

Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform merdeka mengajar: Integrasi teknologi dalam pendidikan vokasi dan pengembangan guru. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68-82.

Hasan, C., Anwar, H., & Nadjamuddin, A. (2024). Pelaksanaan pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka mandiri berubah di SDN 2 Limboto. Irfani (e-Journal), 20(2), 115-132.

Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna dan implementasi kurikulum merdeka belajar dan relevansinya bagi perkembangan siswa di sekolah dasar: telaah kritis dalam tinjauan pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270-1280.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model pengembangan kurikulum Tyler dan implikasinya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197-218.

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242-252.

Kadiyo, K. (2023). Manajemen pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tahsinia, 4(2), 362-375.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Magdalena, M. (2021). Analisis penggunaan metode pembelajaran resitasi pada mahasiswa akuntansi. Jurnal Akademi Akuntansi, 4(2), 186-198.

Ma'rufiati, T., Habsya, C., Estriyanto, Y., & Siswandari, S. (2024). Analisis peran dan kesenjangan eksistensi Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam menjebatani lulusan SMK memasuki dunia industri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3383-3390.

Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan Islam (studi kasus pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31-51.

Muhazira, A., Sintia, I., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 141-150.

Mukhlasin, A. (2021). Dualisme penyelenggaraan pendidikan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 62-72.

Nafi’ah, S. A. (2019). Model pengembangan kurikulum Hilda Taba Pada Kurikulum 2013 Di SD/MI. As-Sibyan, 2(1), 21-38.

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pokok bahasan tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. Journal of Economic Education, 4(1), 1-15.

Putera, Z. F., & Shofiah, N. (2021). Model kurikulum kompetensi berpikir pada pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 29-36.

Rahmadhani, R. N., & Istikomah, I. (2023). Kompetensi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di Sekolah Muhammadiyah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 20-36.

Ramadani, N., Audina, I., & Nasution, A. (2025). Strategi pembelajaran: Sistem pendidikan kurikulum merdeka di sekolah MAN 2 Lubuk Pakam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(1), 53-64.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka: Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617.

Rosmiati, N., NoorMi’raj, M. L., & Suriansyah, A. (2025). Prasarana pendidikan dan permasalahannya di era revolusi industri 5.0 di SDN Pasar Lama 1. Jurnal Transformasi Pendidikan Modern, 6(1), 439-454.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme guru dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Arini: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1-16.

Sari, F., Sesmiarni, Z., & Febriani, S. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 5 Payakumbuh. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 281-288.

Sholeh, M. B., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023a). Persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 11(2), 273-287.

Sholeh, M. I., Fathurro’uf, M., Sokip, S., Syafi’i, A., ’Azah, N., & Andayani, D. (2023b). Partisipasi stakeholder dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam di pesantren. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 121–141.

Sointu, E., Hyypiä, M., Lambert, M. C., Hirsto, L., Saarelainen, M., & Valtonen, T. (2023). Preliminary evidence of key factors in successful flipping: Predicting positive student experiences in flipped classrooms. Higher Education, 85(3), 503-520.

Sudarsono, B., Tentama, F., Mulasari, S. A., Sukesi, T. W., Sulistyawati, S., Ghozali, F. A., ... & Sofyan, H. (2022). Development of Integrated Project-based (PjBL-T) model to improve work readiness of vocational high school students. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 222-235.

Suharyo, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2024). Kecerdasan buatan dalam konteks kurikulum merdeka pada jenjang pendidikan dasar dan menengah: Membangun keterampilan menuju Indonesia emas 2045. Humanika, 30(2), 208-217.

Suprihartini, Y., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Wahyuni, L., Prastawa, S., & Taryana, T. (2024). Implementasi kurikulum berbasis kompetensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di universitas. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 556-562.

Syukri, M., Ukhaira, Z., Herliana, F., & Arsad, N. M. (2022). The influence of steam-based learning application on students' critical thinking ability. Asian Journal of Science Education, 4(2), 37-45.

Tian, P., Sun, D., Han, R., & Fan, Y. (2023). Integrating micro project-based learning to improve conceptual understanding and crucial learning skills in chemistry. Journal of Baltic Science Education, 22(1), 130-152.

Triani, D. A., Aldi, M., Fauzi, N. H. P., & Safitri, R. N. (2025). Curriculum innovation at SMK PGRI 2 Cimahi: Preparing students for the workforce. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 23-36.

Triarsuci, D., Al-Qodri, H. T., Rayhan, S. A., & Marini, A. (2024). Manajemen sumber daya manusia dalam pengelolaan infrastruktur sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 15-15.

Wardani, H. K., Darusuprapti, F., & Hajaroh, M. (2022). Model-model evaluasi pendidikan dasar (Scriven Model, Tyler Model, dan Goal Free Evaluation). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(1), 36-49.

Yao, C., Yang, Y., & Yu, S. (2023). An experimental study: An integrative strategy of PBL combined with an organ-systems-based curriculum to improve academic achievement and career maturity. Asian Journal of Education and Training, 9(4), 117-123.

Yusril, M., Mardyawati, M., & Yuspiani, Y. (2024). Transformasi pembelajaran dengan manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 9 Makassar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 257-278.

Published

30-04-2025

How to Cite

Alviasari, A., Azizah, I., Anggraeni, M. D., & Darpa, M. M. (2025). Analysis of curriculum development and accounting learning at SMK Indonesia Raya. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 123-138. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.41

Similar Articles

1-10 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.