Development of a CERGAM book to enhance conceptual understanding of family member roles
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.95Keywords:
CERGAM book, conceptual learning, family member rolesAbstract
Students experience obstacles to understanding the concept of the role of family members due to the limitations of adequate learning facilities that are interesting, and in harmony with their level of development. This research is focused on the development of CERGAM book media to help improve the understanding of MI grade 2 students on the concept of the role of family members, by ensuring that the media meets the criteria of feasibility, practicality, and effectiveness. This study adopts a development approach using the research and development (RnD) method with the ADDIE model involving students and 2nd-grade teachers at MIN 7 Medan City. Data were collected using interviews, observation, expert validation techniques, response questionnaires, learning outcome tests, and documentation. The results of the study show that the material and language indicate that the CERGAM book media produced is in the category of being very valid. The teachers and students gave very positive results and showed that the CERGAM media design was efficient and had the potential to support the teaching and learning process. In addition, the results of the learning evaluation are included in the category of very effective, showing the development of students' understanding of concepts in real terms after they use the CERGAM book media. Overall, this media was stated to meet the criteria of feasibility, practicality, and effectiveness to support students' understanding of the concept of the role of family members among MI grade 2 students.
Abstrak
Peserta didik mengalami hambatan untuk memahami konsep peran anggota keluarga akibat keterbatasan sarana belajar yang memadai, menarik, dan selaras dengan tingkat perkembangan mereka. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media buku CERGAM guna membantu meningkatkan pemahaman peserta didik kelas 2 MI terhadap konsep peran anggota keluarga, dengan memastikan bahwa media tersebut memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan pengembangan dengan menggunakan metode riset dan pengembangan (RnD) dengan model ADDIE yang melibatkan peserta didik dan Guru kelas 2 di MIN 7 Kota Medan. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, wawancara, observasi, validasi ahli, angket respons, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi serta bahasa mengindikasikan bahwa media buku CERGAM yang dihasilkan berada dalam kategori sangat valid. Para guru dan peserta didik memberikan hasil sangat positif serta menunjukkan bahwa media CERGAM yang dirancang sangat praktis dan berpotensi menunjang proses belajar mengajar. Disamping itu, hasil dari evaluasi pembelajaran termasuk ke dalam kategori sangat efektif, menunjukkan adanya perkembangan pemahaman peserta didik terhadap konsep secara nyata setelah mereka memanfaatkan media buku CERGAM. Secara keseluruhan, media ini dinyatakan memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan untuk mendukung pemahaman peserta didik terhadap konsep peran anggota keluarga di kalangan peserta didik kelas 2 MI.
Kata Kunci: buku CERGAM; pemahaman konsep; peran anggota keluarga
References
Ardita, S., & Anas, N. (2022). Media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar pada materi keberagaman budaya bangsaku. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 14(2), 89-104.
Arni, Y. (2023). Efektivitas pembelajaran melalui media cerita bergambar dan diskusi terhadap pemahaman materi siswa sekolah dasar. Joel: Journal of Educational and Language Research, 2(11), 1247-1256.
Dey, A., & Munshi, S. A. (2025). Fun with images: An analysis of the role of visual literacy in facilitating easy and enjoyable learning with a focus on future prospects. Libri, 75(2), 109-127.
Duffin, J. M., & Simpson, A. P. (2000). A search for understanding. Journal of Mathematical Behavior, 18(4), 415-427.
Etnawati, S. (2021). Teori Vygotsky tentang perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130-138.
Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari metakognisi siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2823-2835.
Hasana, U., Cahyono, A. H., & Kadarisman, K. (2023). Pengembangan media buku cerita bergambar pada pelajaran IPS. Scholarly Journal of Elementary School, 3(1), 52-59.
Imanita, M., Ekwandari, Y. S., & Arif, S. (2021). The effect of inquiry model and cognitive style on understanding of the concept of integrated IPS course students of Unila History Education Program. Journal of Research in Social Science and Humanities, 1(1), 1-7.
Junanah, S., Safitri, N., & Farhurahman, O. (2025). Penerapan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 3(1), 74-84.
Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 76-86.
Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.
Kim, J., Lee, H., & Cho, Y. H. (2022). Learning design to support student-AI collaboration: Perspectives of leading teachers for AI in education. Education and Information Technologies, 27(5), 6069-6104.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Kurniawan, C., Kusumaningrum, S. R., Lam, K.-F. T., & Surahman, E. (2022). Improving language teaching and learning process with dual coding theory approaches. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(8), 281-289.
Lubis, M. (2025). Kontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Batang Natal. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya, 5(2), 243-250.
Maftuh, M. S. J., Lawal, U. S., Ade, M., Lama, A. V., & Adzim, A. F. (2023). Understanding learning strategies: A comparison between contextual learning and problem-based learning. Educazione: Journal of Education and Learning, 1(1), 54-65.
Mailida, Y., & Nasution, S. (2024). Pengembangan buku cerita berbasis cerita rakyat Kutacane untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3331-3342.
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.
Mawardah, Q., & Rambe, R. N. (2024). Pengembangan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(2), 430-439.
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134-144.
Priandini, N. O., & Sunaryati, T. (2024). Pengembangan buku cerita bergambar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep PPKn Kelas III SD/MI. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(2), 226-237.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1-8.
Ramdhani, S. S., & Susanti, R. (2024). Cognitive level of Program for International Student Assessment (PISA) questions based on the revised Bloom’s taxonomy. European Journal of Education and Pedagogy, 5(2), 104-112.
Rizki, Y., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengembangan media buku bergambar aku dan profesiku pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 18 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1334-1339
Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.
Rusli, R. P., Setiawati, L., & Komara, D. A. (2023). Empowering parents in a bedtime storytelling program for children during a pandemic. Journal of Community Services (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 31-40.
Saputra, J. A. R., Listiani, I., & Walpaijin, G. I. (2024). Penggunaan media visual dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(4), 480-486.
Sudirman, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2024). Differences in improving learning outcomes and student learning motivation. Inovasi Kurikulum, 21(4), 1861-1874.
Unaenah, E., Sulaiman, A. M. S., & Wardhana, F. P. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep Matematika. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(4), 162-172.
Wibowo, S. A., Degeng, M. D. K., & Praherdhiono, H. (2024). Interactive video for learning Mathematics element of measurement in elementary school. Inovasi Kurikulum, 21(2), 723-736.
Yanti, A. W., Kusumawardani, A. D. P., Rohmah, F. M., & Kulsum, U. (2022). Pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika pada materi fungsi kuadrat menurut teori Kilpatrick. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(1), 30-49.
Yusnaldi, E., Bangun, F. S., Mahira, H., Putri, T. N., Fitri, A., & Hutasuhut, K. M. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 064973 Medan Tahun 2023/2024. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(6), 217-222.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahayu, Eka Yusnaldi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.