Innovative interactive approach through projects in maharah kalam assessment

Authors

  • Kamisyka Samawa Meldi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author
  • R. Umi Baroroh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.101

Keywords:

innovative approach, interactive learning, project, maharah kalam assessment

Abstract

Mastering a foreign language, especially Arabic, has become a crucial necessity in the era of globalization, characterized by technological advancements and increasing intercultural interactions. In education, the development of maharah kalam, or speaking skills in Arabic, has become a primary focus. However, it is often hindered by less innovative learning approaches. Traditional methods that emphasize memorization and theory result in poor speaking skills among students and a lack of motivation. This research aims to explore the use of a project-based interactive approach in assessing speaking skills, or maharah kalam, in Arabic education. The research method employed is a qualitative approach, utilizing data collection techniques that include observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are descriptive analysis, thematic analysis, and triangulation. The results of the study indicate that implementing a project-based approach not only enhances students' speaking skills but also encourages active engagement, creativity, and collaborative abilities. Furthermore, holistic assessment provides a more comprehensive picture of students' development in maharah kalam. In conclusion, innovation in interactive approaches through projects can improve the quality of Arabic language learning and prepare students to become effective and confident communicators in various contexts.

 

Abstrak

Menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Arab, telah menjadi kebutuhan yang relevan seiring dengan globalisasi yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan interaksi antarbudaya. Dalam pendidikan, pengembangan maharah kalam, atau keterampilan berbicara dalam Bahasa Arab, menjadi fokus utama, tetapi sering terhambat oleh pendekatan pembelajaran yang kurang inventif. Metode tradisional yang berfokus pada hafalan dan teori menyebabkan keterampilan berbicara peserta didik yang buruk dan kurangnya motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana menggunakan pendekatan interaktif berbasis proyek dalam penilaian keterampilan berbicara, atau maharah kalam, dalam pendidikan Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif, analisis tematik, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berbasis proyek tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif, kreativitas, dan kemampuan kolaboratif. Selain itu, penilaian yang dilakukan secara holistik memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai perkembangan maharah kalam peserta didik. Kesimpulannya, inovasi dalam pendekatan interaktif melalui proyek dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab dan mempersiapkan peserta didik untuk menjadi komunikator yang efektif dan percaya diri dalam berbagai konteks.

Kata Kunci: pembelajaran interaktif; pendekatan inovatif; penilaian maharah kalam; proyek

References

Ahyar, D. B. (2025). Development of Arabic learning in 21st-century skills at MAN 4 Jakarta. Inovasi Kurikulum, 22(1), 69-88.

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TKIT Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.

Amin, B. (2023). Konsep pengajaran maharah al kalam pada tingkat pemula. Jurnal Seumubeuet: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 24-48.

Anggara, T., Sampurno, M., Zamroni, M. R., & Maziyah, L. (2024). Analisis penerapan metode muhadatsah dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab siswa aliyah. Imtiyaz: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab, 8(1), 1-11.

Arif, F. N. I., & Hikmah, K. (2024). Enhancing maharah kalam: Android-based learning media development and efficacy. Indonesian Journal of Islamic Studies, 12(2), 1-15.

Basri, F., Sahib, H., & Kaharuddinn. (2023). Peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. JIRK: Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8), 3043-3052.

Cahyati, L., & Maulani, H. (2023). Naskah utama hasil penelitian analisis faktor kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Miftahul Iman Kota Bandung. Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 3(1), 16-30.

Fajrin, R. M., Walfajri, W., & Khotijah, K. (2021). Penerapan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. لسـانـنـا (Lisanuna): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10(2), 342-358.

Fatia, D., Akmansyah, M., Syahril, S., Dinata, P. Y., Erlina, & Aridan, M. (2024). Problematika non linguistik pembelajaran bahasa arab di MAN I Pesawaran Lampung. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4726-4735.

Gunawan, M. N., Septiani, N., & Aziz, M. S. (2022). Meningkatkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis proyek di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Jurnal Abdimas Patikala, 2(1), 508-517.

Hady, Y. (2019). Pembelajaran mahārat al-kalām menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil Al-Nâqah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 63-84.

Hajar, H. I., & Qohar, H. A. (2024). Pendekatan inovatif untuk mengatasi tantangan pembelajaran nahwu dan sharaf bagi peserta didik. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(6), 2995-3009.

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.

Hasanah, U., Ramadhan, Y., & Amini, I. (2022). Internalisasi bahasa asing sebagai upaya membangun sumber daya manusia generasi milenial. Abdina: Jurnal Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 93-102.

Hasibuan, A. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis proyek. Pedagodik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(3), 424-431.

Herawati, H., Aderempas, T., Murniyanto, M., & Istan, M. (2024). Pengaruh inovasi pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kualitas belajar pada siswa SMPIT Rabbi Radhiyya Curup. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 611-617.

Hilmi. (2021). Metode inovatif pembelajaran maharah kalam. Jurnal Intelektualita, 10(1), 180-192.

Huzaifi, F., Ridlo, U., & Raswan. (2024). Pengembangan instrumen evaluasi maharah al-kalam. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 795-817.

Khakim, N., Santi, N. M., Assalami, A. Ba. U., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358.

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan bahasa anak usia dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(1), 75-94.

Luthfiani, A., widiantie, R., & Widiarsih, W. (2020). Peningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui model problem based learning berbantu LKPD liveworksheet paa materi interaksi antar komponen ekosistem. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(4), 104-117.

Mahmud, A., & Syahrial. (2024). Analisis metode pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar (studi kasus SD Negeri 162 Aek Marian). Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(1), 171-175.

Marwaji, D., Muhibbin, F. Al, Uszajalli, W. A. K., & Hijriah, U. (2025). مفهوم تعلم اللغة العربية وإجادة اللغة العربية. Riyāḥunā: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(2), 87-98.

Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan pembelajaran yang interaktif dalam menumbuhkan critical thinking siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1-10.

Miranti, R., & Alfarabi, A. R. (2025). Fonetik dalam bahasa Arab. Nian Tana Sikka: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 147-154.

Monalia, A., & Khoiri, K. (2023). Implementasi model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keterampilan kalam pada peserta didik kelas VII SMP Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur. An Najah-Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan, 2(4), 221-227.

Muid, A., Fadhlan, M., Rasidin, Jabir, M. D. (2022). Project-based learning models approach in improving arabic speaking ability. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 24(1), 17-32.

Nasir, M., Budiarti, M., & Yandrefo, P. (2024). Inovasi pembelajaran debat bahasa Arab berbasis. Bernas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 700-706.

Nihayati, A. M., & Zaimah, N. R. (2023). A relevance of learning a foreign language for an early age | relevansi pembelajaran bahasa asing untuk anak usia dini. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 3(1), 25-35.

Patrysha, C., Azizah, N., & Gusmaneli. (2024). Meningkatkan partisipasi siswa melalui metode project based learning dalam pendidikan agama Islam. Jispendiora Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 3(2), 1-12.

Putri, A. B. E., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan berbicara anak usia dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 35-45.

Rahmawati, Masrun, Hidayat, N. S., & Azhar, M. (2024). Model pembelajaran project based learning meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa: Penelitian eksperimen. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(2), 256-271.

Rahmawati, U. T., & Suranto. (2024). Mengeksplorasi tantangan dalam implementasi pembelajaran berbasis proyek pada pendidikan akuntansi dasar SMK di Surakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1208-1217.

Ramadhan, E. H., & Hindun. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.

Riswar, H., & Baroroh, U. (2025). Inovasi tes maharah kalam pada buku Durus Al-Lughah Al- ‘Arabiyah Jilid 3 berbasis penilaian kurikulum merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1531-1539.

Safni, Hulawa, D. E., Wahyudi, H., & Kasmiati. (2023). Analisis faktor kesulitan pembelajaran maharah kalam pada siswa MAN 2 Tanah Datar (prespektif B. F Skinner). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 195-214.

Salsabila, N. M., & Setiyawan, A. (2024). Metode project based learning dalam pembelajaran bahasa arab perspektif psikolinguistik. Jael: Journal of Arabic Education and Linguistic, 4(1), 113-125.

Sari, F., Sesmiarni, Z., & Febriani, S. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 5 Payakumbuh. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 281-288.

Silooy, J. E. C., Rakhmawati, D., & Tyas, A. N. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas X DPIB SMK Negeri 4 Semarang. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), 121-133.

Silva, L. D., Pranajaya, S. A., & Hadi, S. (2021). Imajinasi tontonan televisi terhadap tuntunan diri anak. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 37-53.

Sururoh, R., & Hasan, A. M. (2021). Pengaruh metode eklektik terhadap hasil belajar maharah kalam. Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 281-300.

Syahrani, A., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Keterampilan berbicara siswa sebagai faktor penunjang sikap percaya diri siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 3(2), 280-290.

Tazkiyah, A. N., Sopian, A., & Maulani, H. (2024). Direct method in learning speaking skills in extracurricular activities: AFL student's perspectives. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2113-2124.

Tungkagi, F. M., Ali, I., & Kasan, Y. (2022). Problematika pembelajaran bahasa arab pada mahasiswa lulusan non-madrasah di prodi pendidikan bahasa arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1-16.

Yunita, Y., & Pebrian, R. (2020). Metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab maharah al-kalam di kelas bahasa center for languages and academic development. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 56-63.

Zarkasyi, A. H., Himam, A. S., Lubis, R. H., Prameswari, S. K., Badriya, I., & Gontor, U. D. (2023). Kurikulum Merdeka for arabic language learning according to Piaget’s cognitive development theory. Inovasi Kurikulum, 21(1), 305-316.

Published

29-08-2025

Similar Articles

1-10 of 68

You may also start an advanced similarity search for this article.