MEA learning model impact on Pancasila education outcomes based on motivation level

Authors

  • Khairunnisa Rizka Universitas Negeri Medan Author
  • Daulat Saragi Universitas Negeri Medan Author
  • Abdul Murad Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.115

Keywords:

elementary school, learning motivation, MEA learning model, Pancasila education, PPKn learning outcomes

Abstract

Learning outcomes in Pancasila and Citizenship Education (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan or PPKn) among elementary students still face challenges, particularly due to the use of less innovative learning models and low student motivation. This study aims to examine the differences in PPKn learning outcomes between students taught using the Means-Ends Analysis (MEA) model and those taught using the expository model, as well as the differences based on learning motivation levels and the interaction between learning models and motivation on learning outcomes. The study employed a quasi-experimental method with a two-by-two factorial design, involving fourth-grade students at SD Swasta Tunas Harapan Islam Medan. The results showed that students taught with the MEA model achieved better learning outcomes than those using the expository model. Students with high motivation also performed better than those with low motivation. Furthermore, a significant interaction was found between learning models and motivation levels, with the combination of the MEA model and high motivation yielding the most optimal outcomes. In conclusion, the MEA model is more effective in improving PPKn learning outcomes, especially for students with high motivation. These findings highlight the importance of selecting suitable learning models and taking into account students’ internal factors to support learning success.

 

Abstrak

Hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada peserta didik sekolah dasar masih menghadapi tantangan, terutama karena penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif dan rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan peserta didik dengan model ekspositori, perbedaan berdasarkan tingkat motivasi belajar, serta interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial dua kali dua, melibatkan peserta didik kelas IV SD Swasta Tunas Harapan Islam Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model ekspositori. Peserta didik dengan motivasi belajar tinggi juga menunjukkan pencapaian lebih baik dibandingkan peserta didik yang bermotivasi rendah. Selain itu, terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar, di mana kombinasi model MEA dan motivasi tinggi menghasilkan capaian belajar paling optimal. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa model MEA efektif dalam meningkatkan hasil belajar PPKn, terutama pada peserta didik dengan motivasi belajar tinggi. Temuan ini menyoroti pentingnya pemilihan model pembelajaran yang tepat dan perhatian terhadap faktor internal peserta didik dalam mendukung keberhasilan pembelajaran.

Kata kunci: hasil belajar PPKn; model pembelajaran MEA; motivasi belajar; pendidikan Pancasila; sekolah dasar  

References

Amaliyah, N., & Supardi, R. (2022). Peningkatan hasil belajar IPS melalui upaya komunikatif melalui model means-end analysis berbasis pembelajaran daring siswa kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Mercusuar, 3(2), 152-158.

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, S., & Susilo, S. (2020). Effect of problem based learning on critical thinking skill and enviromental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743-755.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran means end analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446.

Asmedy, A. (2021). Perbandingan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan model pembelajaran konvensional pokok bahasan dimensi tiga. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 124-132.

Azani, A., Sarmila, S., & Gusmaneli, G. (2024). Hakikat belajar dan pembelajaran. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, dan Pendidikan, 1(5), 174-186.

Bukit, S., Perangin-angin, R. B. B., & Murad, A. (2022). Validitas modul PPKn berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 624-630.

Bukoting, S. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 3(2), 70-82.

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.

Ferdiyansyah, F., & Kasiono, K. (2024). Penerapan model pembelajaran means-ends analysis dalam meningkatkan pemahaman siswa pada proses pembelajaran ekonomi di kelas XI SMAN 15 Muaro Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 8(2), 69-76.

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68.

Fitri, I., & Sari, R. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran think pair share pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 351-358.

Halawa, A. N., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas mutu instansi pendidikan dan pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 57-64.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170-178.

Harahap, A. A. S., Salsabila, Y., & Fitria, N. (2023). Pengaruh perkembangan kemampuan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap hasil belajar. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 3(1), 9-15.

Henniwati, H. (2021). Efektifitas metode problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan determinan dan invers matriks pada siswa kelas X MM1 SMK Negeri 1 Kabanjahe di semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 83-88.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dan pemecahan masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Lastari, R., & Saragi, D. (2023). Analisis permasalahan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Langkat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 4(2), 145-149.

Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. (2022). Pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15-24.

Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran Fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88-99.

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13-25.

Mu'afifah, A. N., Luthfiyah, R., Jannah, R., Sihabudin, S., & Khoiriyah, N. (2024). Pengembangan media komik digital berbasis flipbook pada mata pelajaran pkn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI/SD. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 245-255.

Mulasari, M. R., Wulandari, I. A. A., & Putra, M. (2020). Model pembelajaran means ends analysis terhadap hasil belajar Matematika siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 358-366.

Nugroho, H. W., Suyahman, S., & Suswandari, M. (2019). Peranan mata pelajaran PPKn dalam rangka menumbuhkan nilai karakter religius siswa kelas IV di SDN 3 Wuryorejo. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 1(1), 18-36.

Oktavian, C. N. (2016). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 15(2), 15-30.

Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2022). Peran guru sebagai figur panutan dalam penerapan keterampilan saling berbagi di era disrupsi. Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 2(2), 66-77.

Puspitasari, Y. D. (2018). Efektivitas model pembelajaran means-ends analysis berbantu modul pembelajaran terhadap critical thinking skill mahasiswa. Dharma Pendidikan, 13(1), 131-143.

Qusyairi, L. A. H., & Watoni, M. S. (2017). Penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Fondatia, 1(1), 135-143.

Salsabila, S., Nugraha, A. B., & Gusmaneli, G. (2024). Konsep dasar belajar dan pembelajaran dalam pendidikan. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 100-110.

Sari, S., Murad, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa SMA As-syafi’iyah Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 63-68.

Septiani, S. D. R., & Andiani, D. (2021). Implementasi pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Knisley untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika dan self-efficacy siswa SMP. JRMST: Jurnal Riset Matematika dan Sains Terapan, 1(1), 41-51.

Subakti, G. E., Faqihuddin, A., Ilyasa, F. F., & Muflih, A. (2024). Meningkatkan student engagement dalam pembelajaran Sejarah pada mata pelajaran PAI melalui pesta topeng. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 121-130.

Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2021). Penerapan pembelajaran MEA (Means-End Analysis) berbantuan schoology untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 32-40.

Sudirman, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2024). Differences in improving learning outcomes and student learning motivation. Inovasi Kurikulum, 21(4), 1861-1874.

Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.

Umar, A. F. F., Yusuf, A. I., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 7(2), 121-133.

Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh pembelajaran problem based learning berdiferensiasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 661-669.

Yulika, R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sengkang. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 252-270.

Published

29-08-2025

How to Cite

Rizka, K., Saragi, D., & Murad, A. (2025). MEA learning model impact on Pancasila education outcomes based on motivation level. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1329-1344. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.115

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.