Development of science literacy-based animated video media for IPAS

Authors

  • Clara Lapebridinsi Universitas Islam Riau Author
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.121

Keywords:

animated video media, scientific literacy, IPAS

Abstract

The lack of engaging learning media is one of the obstacles in the teaching and learning process, which affects students' low learning outcomes. This study aims to develop a science literacy-based animated video media for the Natural and Social Sciences (IPAS) subject in Grade IV at SDN 006 Pangkalan Indarung, Kuantan Singingi Regency. This research is a type of Research and Development (RnD) using the ADDIE development model. The research subjects included six validators consisting of two material experts, two language experts, and two design experts, as well as one teacher and six fourth-grade students. Data collection techniques involved validation sheets and response questionnaires, which were then analyzed using qualitative and quantitative methods. The validation results from all six validators indicated that the science literacy-based animated video media is highly valid in terms of content, language use, and visual design. In addition, responses from the teacher and students showed that the media is engaging, easy to understand, communicative, and relevant to the IPAS subject matter. Therefore, it can be concluded that this media is feasible to be used as a learning support tool that can enhance student engagement and understanding.

 

Abstrak

Kurangnya media pembelajaran yang menarik menjadi salah satu kendala dalam proses belajar mengajar, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video animasi berbasis literasi sains pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SDN 006 Pangkalan Indarung, Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini meliputi enam validator yang terdiri atas dua ahli materi, dua ahli bahasa, dan dua ahli desain, serta satu guru dan enam peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari keenam validator menunjukkan bahwa media video animasi berbasis literasi sains dinyatakan sangat valid dari segi isi materi, penggunaan bahasa, dan desain visual. Selain itu, respon guru dan peserta didik menunjukkan bahwa media ini menarik, mudah dipahami, komunikatif, dan relevan dengan materi IPAS. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media ini dinilai layak digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik.

Kata Kunci: media video animasi; literasi sains; IPAS

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Amrullah, A. R., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2021). The development of Kinemaster animation video as a media to improve science literacy in elementary schools. Pendipa Journal of Science Education, 6(1), 151-161.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Arifin, N. (2020). Pemikiran pendidikan John Dewey. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan dan Konseling Keluarga, 2(2), 168-183.

Ashary, M. I. A., & Komara, D. A. (2022). Library human resources training through online-based service provider platform. Edulib, 12(1), 76-85.

Barus, M. (2022). Literasi sains dan pembelajaran IPA di sekolah dasar. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra), 5(1), 17-23.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1-17.

Ghifariani, K. N., Mahyudi, J., & Astria, F. P. (2024). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4), 1366–1372.

Hapsari, G. P. P. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22-29.

Haq, R. R., & Irawati, L. D. D. (2022). Influence of using animated video media in online learning at junior high school. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 51-60

Hasanah, U., Astra, I. M., & Sumantri, M. S. (2023). Exploring the need for using science learning multimedia to improve critical thinking elementary school students: Teacher perception. International Journal of Instruction, 16(1), 417-440.

Janul, E. & Sunendar, D (2025). Development of Heron’s cooperative inquiry model to improve narrative writing skills. Inovasi Kurikulum, 22(2), 737-748.

Juniati, N., Jufri, A. W., & Yamin, M. R. (2020). Penggunaan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa. Literacy, 15(4), 315-319.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Khulaifatuzzahra, I., Arni, Y., Rianti, D. N., & Fathier, S. C. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pembelajaran IPAS, tentang pengenalan sistem tata surya sekolah dasar kelas tinggi di Sumatera Selatan. Education Achievement: Journal of Science and Research, 5(3), 1162-1172.

Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audiovisual berupa video animasi berbasis Powtoon dalam pembelajaran IPA. Katera: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 5-12.

Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73-80.

Najib, M., Syawaluddin, A., & Raihan, S. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sistem tata surya berbasis literasi sains untuk siswa SD. Jurnal Inovasi Pedagogik dan Teknologi, 1(1), 1-13.

Nasir, N. I. R. F., Purwaningsih, E., Ekawati, R., & Yambi, T. D. A. C. (2024). An analysis of primary school students' scientific literacy. Journal of Research in Instructional, 4(2), 623-634.

Ningrum, S. P. (2024). Pengaruh penggunaan media video animasi berbasis aplikasi Canva terhadap hasil belajar IPAS. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4961-4968.

Nurdiana, Z., & Sartika, S. B. (2024). Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa SD. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 242-251.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.

Pratama, D., Nugraha, W. S., & Mutaqin, E. J. (2023). Pengaruh media berbasis video animasi terhadap literasi sains siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.

Purba, F. J. (2020). Analisis respon mahasiswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Jurnal Curere, 4(2), 11-19.

Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145-1157.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media video animasi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73.

Safitri, T., Nathania, N., & Mulia, U. T. (2023). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains di sekolah dasar: Sebuah tinjauan pustaka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 26-36.

Saputra, I., Sabri, I., Suryandoko, W., Sekti, R. P., Trisakti, T., & Handayaningrum, W. (2025). Development of interactive media for traditional music learning to foster students' critical reflection. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 877-892.

Shela, Y. P., & Mustika, D. (2023). Sarana prasarana, media pembelajaran, dan metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2173-2180.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49-59.

Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD dengan media video animasi pembelajaran. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 523-533.

Sutiani, A. (2021). Implementation of an inquiry learning model with science literacy to improve student critical thinking skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117-138.

Viora, D., Wahyuningsi, E., Surya, Y. F., & Marta, R. (2021). Penggunaan media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(2), 262-272.

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis pembelajaran IPAS dengan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113.

Winarni, E. W., & Purwandari, E. P. (2019). The effectiveness of turtle mobile learning application for scientific literacy in elementary school. Journal of Education and E-Learning Research, 6(4), 156-161.

Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan penggunaan media video animasi IPA SD berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(2), 264-274.

Published

29-08-2025

How to Cite

Lapebridinsi, C., & Mustika, D. (2025). Development of science literacy-based animated video media for IPAS. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1619-1634. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.121

Similar Articles

11-20 of 42

You may also start an advanced similarity search for this article.