The influence of digital comic-assisted PBL Model on science learning motivation in grade V
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.88Keywords:
digital comics, IPAS, learning motivationAbstract
Learning motivation has an important role in supporting the effectiveness of the learning process. However, the low motivation of students to learn in science lessons at the elementary school level is still a problem that needs more attention. It aims to see the influence of the Problem-Based Learning (PBL) model combined with digital comic media on the learning motivation of grade V elementary school students. This study applies a quantitative approach using a posttest-only control group design quasi-experimental design. The research sample was taken using probability sampling techniques and simple random sampling methods. The instrument, in the form of a learning motivation questionnaire, was tested for validity and distributed to two classes, namely the experimental class and the control class, consisting of 31 students in each class. Hypothesis testing using an Independent Samples T-test showed a significant difference between the two classes. The experimental class had a higher learning motivation than the control class. The results showed that students who participated in IPAS learning with the PBL model assisted by digital comics experienced a higher increase in learning motivation compared to students who participated in conventional learning. It can be concluded that the PBL model assisted by digital comics is effective in increasing the learning motivation of elementary school students in science subjects.
Abstrak
Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam menunjang efektivitas proses pembelajaran. Namun, rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar masih menjadi persoalan yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan media komik digital terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif memakai desain quasi eksperimen tipe posttest-only control group design. Sampel penelitian diambil memakai teknik probability sampling dan metode simple random sampling. Instrumen yang dipakai berupa angket motivasi belajar teruji validitasnya dan dibagikan kepada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdiri dari 31 peserta didik tiap kelas. Uji hipotesis memakai Independent Samples T-test menyatakan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Kelas eksperimen mempunyai motivasi belajar yang lebih unggul dibanding kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPAS dengan model PBL berbantuan komik digital mengalami peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan komik digital efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah dasar pada mata pelajaran IPAS.
Kata Kunci: IPAS; komik digital; motivasi belajar
References
Aliah, N. (2023). Penerapan model PBL untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VB SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Jurnal Inovasi Pedagogik dan Teknologi, 1(1), 86-95.
Amfotis, E. Y. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika materi manfaat gelombang elektromagnetik melalui penerapan metode problem solving pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kefamenanu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 185-198.
Amri, H., Rifaldi, R., & Malik, A. (2025). Model problem based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Saraweta, 3(1), 61-75.
Angresia, Y., Sesmiarni, Z., Charles, C., & Melani, M. (2022). Komik digital: Media pembelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 1 Ampek Nagari. Intellect: Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), 219-235.
Ardiawan, I. K. N. (2024). Pengembangan komik audio visual pendidikan Pancasila berorientasi kearifan lokal. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 181-194.
Arum, D. S., & Hanif, M. M. (2025). Strategi pembelajaran dalam penguatan motivasi untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 3(1), 37-47.
Benu, A. Y., & Supriatna, N. (2024). Akselarasi pendidikan karakter melalui integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPAS. Journal Education Innovation (JEI), 2(3), 328-333.
Chen, R. (2024). Exploring the effectiveness of problem-based learning as a constructivist approach in enhancing critical thinking skills in high school classes. Research and Advances in Education, 3(4), 26-32.
Djalia, S. L., (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 129-135.
Elvira, N., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2022). Studi literatur: Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–350.
Ernita, Y. Y., Hetilaniar, H., & Nindiati, D. S. D. S. (2024). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 3 Rantau Bayur. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10(2), 466-473.
Ferdiyansyah, A., Aufa, N. M., Rizqi, M., & Ramadhayanti, A. (2025). Bumi pedia sebagai media pembelajaran IPAS kelas 5 (studi kasus di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin). Jurnal Strategi Pembelajaran, 2(1), 1-10.
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68.
Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37.
Gulo, D. J., Telaumbanua, W. A., Laoli, E. S., & Lase, A. (2024). Pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Nias. Akademik: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1092-1102.
Hadiapurwa, A., Listiana, A., & Efendi, E. E. (2021). Digital flipbook as a learning media to improve visual literacy for 4th grade students at SDN Abdi Negara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 10(1), 8-13.
Hamdani, A. R., Dahlan, T., Indriani, R., & Karimah, A. A. (2021). Analisis pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2), 751-763.
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar siswa sekolah dasar melalui media audio-visual dalam pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 4(1), 25-36.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media pembelajaran dalam pembentukan interaksi belajar siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.
Jayanti, A., & Hasanah, D. (2024). Upaya meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penerapan model PBL berbantuan live worksheet materi tata surya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2163-2174.
Joyoleksono, S. K., Raharjo, T. J., & Suratinah, S. (2022). Pengaruh model problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 85-96.
Kurniawati, R. T., Wardani, K., & Setiawan, I. C. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menggunakan model PBL berbantuan make a match pada kelas V SD Negeri Ngabean Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 77-84.
Kusumaputra, A. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mapat Tunggul. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4), 237-244.
Lindra, A. T., Budiningsih, C. A., & Ismaniati, C. (2025). Development of Google Sites-based learning media to enhance student motivation. Inovasi Kurikulum, 22(2), 933-950.
Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, S., & Khoirunnisa, K. (2021). Analisis penggunaan jenis-jenis media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Bunder III. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 377-386.
Mariati, S. L. (2024). The influence of interactive learning media on students' learning interest in Biology subjects in junior high schools. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation, 2(3), 127-135.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Naelendra, F. G., & Azizah, S. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning metode eksperimen IPAS SD. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 459-470.
Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan media pembelajaran dalam bentuk permainan papan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 437-446.
Pratama, M. I., Ratricia, P., Fitri, A., & Ikhwan, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis implementasi user interface pada multimedia interaktif e-komik. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1(4), 353-356.
Rahayu, N. W. G. W., Suparta, I. N., & Parwati, N. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-komik berorientasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 68-78.
Ramadhani, D. F., & Supriyadi, S. (2024). Menumbuhkan karakter rasa ingin tahu melalui model project based learning dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 399-413.
Ramdhani, N. P. (2022). The relationship of problem based learning with student learning motivation in mathematics subjects. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(5), 1-7.
Rusdiana, B., & Febrianto, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran komik digital Wuza (Wujud Zat dan Perubahannya) berbasis pixton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(3), 3187-3198.
Santoso, M., & Syafrida, L. A. (2023). Pengembangan media pembelajaran e-comic dalam peningkatan literasi siswa SMP pada pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 664-670.
Sari, R. K., Chan, F., Hayati, D. K., Syaferi, A., & Sa'diah, H. (2020). Analisis faktor rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 63-79.
Simanjuntak, A. M. S., Nasution, K., Angel, S. M., Sembiring, M. V. E. B., Ginting, A. D. B., Maharaja, S., ... & Rahayu, S. (2024). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 106811 Bandar Setia. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 33-37.
Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81-90.
Syamsuddin, N. (2021). Model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(3), 247-254.
Taira, H., Agustin, R. R., & Rochintaniawati, D. (2024). The development of digital comic as a learning media to enhance student's understanding and awareness on the topic of drugs. Journal of Science Learning, 7(2), 117-130.
Tomas, T., & Prasetyo, T. (2020). Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 13-18.
Wati, S. C., & Putri, S. R. (2025). Media pembelajaran berbasis komik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 310-316.
Willya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran media pembelajaran komik digital untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 449-454.
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5), 209-217.
Zakarina, U., Ramadya, A. D., Sudai, R., & Pattipeillohi, A. (2024). Integrasi mata pelajaran IPA dan IPS dalam kurikulum merdeka dalam upaya penguatan literasi sains dan sosial di sekolah dasar. Damhil Education Journal, 4(1), 50-56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuralifah Zakiyyah, Mayarni (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.