Development of big book media on songket weaving activities in Riau for elementary school
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.66Keywords:
big book media, friction force, muscle force, weaving songket clothAbstract
The lack of engaging learning media is one of the challenges in the teaching and learning process. This study aims to describe the development process and produce a Big Book themed on weaving songket fabric from Riau, integrated into the lesson on muscle force and friction for fourth-grade elementary students. This research uses the 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The subjects involved six validators: two material experts, two language experts, and two design experts. Data collection was conducted through validation sheets for each expert field. The data were analyzed using qualitative and quantitative methods. The results showed that the developed Big Book media is highly valid and suitable for use in IPAS learning. Material experts confirmed that the content is appropriate and relevant to the curriculum, language experts stated that the language is clear and easy for students to understand, and design experts noted that the visuals are attractive and support the learning objectives. Overall, the Big Book was assessed as interesting, communicative, and easy to follow. Additionally, it effectively connects the science concepts of muscle and friction forces with local cultural wisdom through the traditional activity of songket weaving, making learning more contextual and meaningful for students.
Abstrak
Kurangnya media pembelajaran yang menarik menjadi salah satu kendala dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan media Big Book bertema kegiatan menenun kain songket Riau pada materi gaya otot dan gaya gesek untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian meliputi enam validator, yaitu dua ahli materi, dua ahli bahasa, dan dua ahli desain. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa dan lembar validasi ahli desain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media big book dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPAS. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinilai sangat valid oleh para ahli. Ahli materi menilai isi sudah sesuai dan layak, ahli bahasa menyatakan bahasanya mudah dipahami peserta didik, dan ahli desain menilai tampilannya menarik serta mendukung pembelajaran. Media big book ini dinilai menarik, komunikatif, mudah dipahami, dan mampu mengaitkan materi pembelajaran gaya gesek dan gaya otot dengan kearifan lokal melalui kegiatan menenun kain songket Riau.
Kata Kunci: gaya gesek; gaya otot; media big book; menenun kain songket
References
Aisah, S., & Rini, S. (2022). Penggunaan media big book untuk meningkatkan literasi siswa kelas satu madrasah ibtidaiyyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 67-78.
Amaliyah, N., Syamsudduha, S., & Rivai, I. N. A. (2023). Pengembangan media big book berbasis tematik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Pa’baeng Baeng Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 70-79.
Amelia, D. J., & Muzakki, A. (2024). Pendampingan pembuatan big book untuk mendukung program gerakan literasi di SD Negeri Asrikaton 2 Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(3), 26-33.
Andriani, F., Busri, S. S., Rande, W., Joni, Y. M., & Astro, R. B. (2021). Analisis koefisien gesek kinetis benda di bidang miring menggunakan video tracker. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 74-83.
Apriningrum, C. O. D., & Samsudin, S. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran IPAS dengan model ADDIE dalam materi sistem pernapasan kelas V. Social Science Academic, 2(1), 115-120.
Ardini, R., & Safran, S. (2024). Pop-up book Putri Tujuh to improve the ability to read aloud. Inovasi Kurikulum, 21(4), 1955-1966.
Arruum, N. L., & Desstya, A. (2024). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi gaya dan gerak menggunakan Certainty of Respons Index (CRI) di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 34-48.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294.
Dewi, E. S., & Yanti, Y. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran big book siklus hidup hewan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 114-122.
Elfianto, I., Nugroho, B. G., Anthera, D., & Rizqy, F. M. (2021). Pelatihan tenun tingkat pemula pada kelompok tenun palas, Kelurahan Tanjung Palas, Kota Dumai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 178-183.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1-17.
Faujiah, N., Septiani, S. N., & Putri, T. (2022). Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis media. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali, dan Listrik, 3(2), 81-87.
Ghazali, S., Amin, M., Rahmawati, W. S. N., & Anecy, G. (2022). Pengembangan media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13-37.
Hadiapurwa, A., Listiana, A., & Efendi, E. E. (2021). Digital flipbook as a learning media to improve visual literacy for 4th grade students at SDN Abdi Negara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 10(1), 8-13.
Hamdiyah, R. A. (2024). Peningkatan literasi sains siswa madrasah ibtidaiyah melalui pengembangan media big book. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 73-82.
Harjanty, R., & Muzdalifah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 121-125.
Isnaini, & Alfiansyah, I. (2024). Pengembangan media pembelajaran big book dalam materi belajar IPAS siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 532-542.
Kirana, S., & Hayudinna, H. G. (2022). Pengembangan media big book dalam pembelajaran tematik SD. Madaniyah, 12(1), 85-98.
Koyimah, L., & Sukardi. (2022). Pengembangan media big book berbasis kearifan lokal pada muatan pelajaran IPS kelas V SDN Paitan Purworejo. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 13(2), 15-22.
Kurniawati, Y. (2023). Pengembangan media big book untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(2), 92-102.
Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan big book berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran membaca permulaan di SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 44-53.
Nurdhiana, E. (2023). Penerapan metode SAS (Stuktural Analitik Sintetik) berbantuan media big book untuk meningkatkan ketrampilan membaca permulaan di kelas 1B SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 1643-1666.
Nurika, D., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan media big book berbasis kearifan lokal untuk penanaman nilai karakter siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2208-2216.
Oktaviana, A., & Madinah, A. N. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran big book pada guru paud di Kecamatan Sukadana Lampung Timur. Jurnal Peduli: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 85-98.
Purwati, A. A., Irman, M., Rahman, S., Hamzah, M. L., & Desnelita, Y. (2021). Pelatihan digital marketing bagi UMKM tenun songket melayu cahaya kemilau. Arsy: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 2(1), 52-56
Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan media pembelajaran “MAPENA" mainan peta anak pada pembelajaran IPS SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2), 131-137.
Ramadani, L. C., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2024). Analisis kebutuhan media pembelajaran kartu huruf pada materi anggota tubuh manusia kelas 1 SDN Wuluh 2 Kesamben. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains, dan Pembelajaran, 3(1), 560-565.
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran big book subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 49-60.
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266-1272.
Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.
Safira, H. L., & Wiranti, D. A. (2025). Pengaruh Media big book untuk meningkatkan hasil belajar pada materi cerita wayang kelas II SDN 3 Kaliaman. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 5(1), 65-77.
Sari, P., Babo, H. R., & Muchtar, F. Y. (2025). Pengaruh penggunaan media big book terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas IV UPT SD Negeri 21 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Didaktik: Jurnal Ilmiah, 11(2), 268-281.
Setyaningrum, W. J., Wirawati, B., & Suliyastuti, N. (2024). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV-A SDN Pakis 1 Surabaya. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Matematika, 2(6), 97-108.
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69-77.
Suparlan, S. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia di sekoah dasar. Fondatia, 4(2), 245-258.
Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan media big book alfabet untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf alfabet anak usia 4-5 tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 24-38.
Wandini, R. R., Anas, N., Dara Damanik, E. S., Albar, M., & Sinaga, M. R. (2020). Pengembangan media big book terhadap kemampuan memprediksi bacaan cerita siswa sekolah dasar. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 108-124.
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas media big book untuk meningkatkan kemampuan minat membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1), 1-9.
Warsilah, D. I. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran big book terhadap keterampilan membaca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 167-174.
Zamsiswaya, Sawaluddin, & Sihombing, B. (2024). Model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dalam pembelajaran pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 4(1), 11-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Nur Umiroh, Laili Rahmi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.