Application CLIS model to improve science process skills and IPAS learning outcomes

Authors

  • Sukma Anggraeni Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Author
  • Megawati Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Author
  • Randi Eka Putra Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.138

Keywords:

children learning in science, IPAS learning outcomes, science process skills

Abstract

Student learning outcomes are determined by science process skills that encourage active involvement of students in learning activities according to the learning outcomes of IPAS. This study aims to improve the learning process, science process skills, and learning outcomes of science class III at SD Negeri 095/II Muara Bungo using the Children Learning In Science model. Low science process skills and the fact that half of the students have not met the Minimum Learning Completeness Criteria (KKTP) are the drivers behind this study. This type of research is classroom action research applied during two learning cycles covering four learning phases, including planning, implementation, observation, and reflection. Two meetings are held in each cycle. The data collection tools used are tests and observations. The results of this study show that the average science process skills and learning outcomes in cycle I have increased in cycle II. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the Children Learning In Science model has succeeded in improving students' process skills and social studies learning outcomes. The CLIS model is an effective strategy in encouraging the active participation of students in the learning process so that the skills gained can be used to deal with problems in life.

 

Abstrak

Hasil belajar peserta didik ditentukan oleh keterampilan proses sains yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sesuai capaian pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, keterampilan proses sains, dan hasil belajar IPAS kelas III di SD Negeri 095/II Muara Bungo menggunakan model Children Learning In Science. Rendahnya keterampilan proses sains dan fakta bahwa sebagian peserta didik belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKTP) menjadi pendorong di balik penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang diterapkan selama dua siklus pembelajaran mencakup empat fase pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta dua pertemuan dilakukan di setiap siklusnya. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata keterampilan proses sains dan hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model Children Learning In Science berhasil meningkatkan keterampilan proses peserta didik dan hasil belajar IPAS. Model CLIS menjadi strategi yang efektif dalam mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga keterampilan yang diperoleh dapat digunakan untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan.

Kata Kunci: Children learning in science; hasil belajar IPAS; keterampilan proses sains

References

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan minat belajar IPAS berbantuan media gambar pada siswa sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70.

Ariana, I. G. G. (2022). Meningkatkan aktivitas belajar IPA pasca pandemi dengan model pembelajaran CLIS pada siswa kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 87-94.

Darsanianti, D., Kune, S., & Ristiana, E. (2024). Implementasi model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal of Education Research, 5(1), 189-196.

Dewantari, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(2), 366-371.

Hadinda, A., Syarif, M. N., Anas, M., & Rasjid, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran children learning in scince dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 44-57.

Hardiansyah, F., Misbahudholam AR, M., & Hidayatillah, Y. (2022). IPAS learning assessment to measure science process skill in elementary school. International Journal of Elementary Education, 6(4), 612-623.

Herliana, T., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis: Pengaruh model pembelajaran children learning in science (CLIS) berbantuan alat peraga edukatif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3028-3037.

Husen, A., Indriwati, S. E., & Lestari, U. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMA melalui implementasi problem based learning dipadu think pair share. Jurnal Pendidikan, 2(6), 853-860.

Karsini, N. K. (2020). Penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) upaya meningkatkan prestasi belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 324-331.

Khotimah, K., Suryandari, K. C., & Ngatman, N. (2024). Upaya meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 128-137.

Knyartutu, R., Pelamonia, J., & Souhoka, R. (2025). Improving learning outcomes in integrated science on the topic of force through the children’s learning in science model among grade IVb students at Elementary School Negeri Tiakur. Honoli of Journal Primary Teacher Education, 1(1), 22-33.

Kotsis, K. T. (2024). The significance of experiments in inquiry-based science teaching. European Journal of Education and Pedagogy, 5(2), 86-92.

Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh media pembelajaran interaktif Canva terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 179-187.

Lestari, E., & Azzahri, F. (2023). Penerapan metode pembelajaran kooperatif pada pelajaran pendidikan agama Islam. Journal Research and Education Studies, 3(3), 84-95.

Lubis, P., Hasibuan, M. B., & Gusmaneli, G. (2024). Teori-teori belajar dalam pembelajaran. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 01-18.

Maksum, H., Purwanto, W., Ampera, D., Yuvenda, D., & Hasan, H. (2024). Improving problem-solving and communication skills in automotive vocational education through the development of Teaching Factory Model with Problem-Based Learning (TEFA-PBL) concept. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 12(2), 364-386.

Megawati, M., & Sari, R. N. (2025). Peningkatan proses dan hasil belajar IPA menggunakan model quantum learning di sekolah dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 177-184.

Megawati, M., & Yantoro, Y. (2022). Systematic literature review: Implementasi culturo-techno-contextual approach dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 369-377.

Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva sebagai media pembelajaran IPA materi perpindahan kalor di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96-101.

Muslimin, M., Lukman, L., & Fadila, S. (2023). Penerapan model pembelajaran children learning in science untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 656-663.

Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA tingkat sekolah dasar dengan materi ajar tematik kelas IV tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169-182.

Nurhanifah, A., & Utami, R. D. (2023). Analisis peran guru dalam pembudayaan literasi sains pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 463-479.

Patimah, S., Megawati, M., Hidayat, P. W., & Putra, R. E. (2023). Peningkatan proses dan hasil belajar IPA melalui model problem based learning siswa sekolah dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 393-400.

Pujana, L. A., Dwijayanti, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis model pembelajaran CLIS seri AKM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 589-604.

Putri, D. A., Suntari, Y., & Yudha, C. B. (2025). Implementasi model children learning in science dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem kelas III. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 627-637.

Rochmawati, U., & Muslim, A. (2022). Penerapan model CLIS (Children Learning in Science) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(2), 67-76.

Samsuri, T. (2021). Implementasi pembelajaran biologi dengan metode EPA untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 101-112.

Sari, L. M. (2021). Implementasi metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 88-98.

Susanto, G. B., & Anggresta, V. (2024). Pengaruh lingkungan belajar dan tingkat pemahaman siswa terhadap hasil belajar. Research and Development Journal of Education, 10(2), 994-1002.

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori belajar sosial dalam pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(4), 566-576.

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61-67.

Winandika, G. (2024). Efforts to increase students' curiosity and learning achievement IPAS in grade iv natural phenomena material. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 4(4), 154-164.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.

Yani, D. E., & Hadiyanti, P. O. (2025). The influence of using animated videos on elementary school students' learning motivation. Inovasi Kurikulum, 22(2), 1069-1082.

Published

29-08-2025

How to Cite

Anggraeni, S., Megawati, M., & Putra, R. E. (2025). Application CLIS model to improve science process skills and IPAS learning outcomes. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1977-1990. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.138

Similar Articles

1-10 of 62

You may also start an advanced similarity search for this article.