Developing problem-based learning comic to enhance mathematical literacy skills for elementary students

Authors

  • Wirda Hayatina Lubis Universitas Negeri Medan Author
  • E. Elvis Napitupulu Universitas Negeri Medan Author
  • Kms Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.143

Keywords:

comic media, elementary school, mathematical literacy, problem-based learning

Abstract

The lack of mathematical literacy among primary school students, especially in understanding and interpreting data, highlights the need for contextual and visual learning media to support mathematical thinking. This study aims to develop a comic-based learning media using the Problem-Based Learning (PBL) model to enhance students' mathematical literacy on data presentation. The development process adopts the ADDIE model, including analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The analysis stage identifies students' needs, followed by the design stage, which involves developing storyboards and comic visualizations using Canva. The comic was validated by subject matter, media, and language experts. The subjects were III-grade students and teachers at SD Negeri 058374 Sei Limbat. Data collection instruments included validation sheets, practicality questionnaires, and mathematical literacy tests. The validation demonstrated high feasibility in terms of content, visual design, and language. Practicality was reflected in the ease of use and student engagement. Effectiveness was measured using a pretest and a posttest, with a gain score analysis. This study confirmed that PBL-based comic media is valid, practical, and effective in improving students’ mathematical literacy in data presentation, supporting critical thinking and problem-solving skills in a contextual learning environment.

 

Abstrak

Rendahnya kemampuan literasi Matematika di kalangan peserta didik sekolah dasar, dalam memahami dan menafsirkan data, menunjukkan pentingnya media pembelajaran kontekstual dan visual untuk mendukung pemikiran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) guna meningkatkan literasi Matematika peserta didik dalam penyajian data. Proses pengembangan mengadopsi model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, diikuti dengan tahap desain yang melibatkan pengembangan storyboard dan visualisasi komik menggunakan Canva. Komik tersebut diverifikasi oleh ahli materi pelajaran, media, dan bahasa. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III dan guru di SD Negeri 058374 Sei Limbat. Alat pengumpulan data meliputi lembar verifikasi, kuesioner kepraktisan, dan tes literasi Matematika. Validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi dalam konten, desain visual, dan bahasa. Praktisitas tercermin dalam kemudahan penggunaan dan keterlibatan peserta didik. Efektivitas diukur menggunakan pretest dan posttest, dengan analisis skor gain. Studi ini membuktikan bahwa media komik berbasis PBL valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi Matematika peserta didik dalam penyajian data, serta mendukung keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam lingkungan belajar kontekstual.

Kata Kunci: literasi Matematika; media komik; problem-based learning; sekolah dasar

References

Achyani, R., Natalia, L., Dewi, S. W., Afifah, A. N., Ashhabi, W. S., & Trimurtini. (2024). Pengaruh model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan kelas II sekolah dasar. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 8(2), 309-321.

Afifah, A., & Dewi, P. A. (2022). Pengembangan media e-komik untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 24-34.

Akras, A., & Pujiastuti, H. (2025). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 527-538.

Amalia, P. K., Ermawati, D., & Masfuah, S. (2024). Pengembangan media komik Matematika berbasis budaya (KOMATISA) sebagai penguatan dimensi bernalar kritis siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(4), 546-557.

Amanda, F., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Analisis kesulitan dalam pembelajaran Matematika pada siswa sekolah dasar ditinjau dari berbagai faktor. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282-293.

Amir, N. F., Malmia, W., Magfirah, I., Andong, A., & Buton, S. (2024). Pemanfaatan media Educandy dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V sekolah dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8.

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: Model problem based learning pada pembelajaran Matematika sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417.

Armelia, M. N., & Ismail, I. (2021). Pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1757-1768.

Artanegara, I. M. S., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2024). Komik digital berbasis problem based learning pada muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 235-245.

Asria, V. Z., & Nurhayati, S. (2024). Penerapan model pembelajaran SSCS untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar dan pemahaman konsep dan kebiasaan berpikir matematis siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 104-109.

Astuti, T., Hidayat, S., & Rusdiyanti, I. (2021). Efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Karundang 2. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2), 150-164.

Azzahroh, L. S., & Putri, R. K. (2023). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SD ditinjau dari perbedaan gender dan kemampuan matematis. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 37-45.

Belda-Medina, J. (2024). Inclusive education through digital comic creation in higher learning environments. Social Sciences, 13(5), 272-287.

Bina, N. S., Armanto, D., & Rajagukguk, W. (2024). Improvement of students’ mathematical communication skills using culture-based webtoon digital comic learning media. TEM Journal, 3(4), 3241-3249.

Damayanti, E., & Astuti, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran Komat (Komik Matematika) menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 802-814.

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran Matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 323-330.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan Matematika siswa. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187-200.

Fitria, R., Suparman, S., Hairun, Y., & Ruhama, M. A. H. (2020). Student’s worksheet design for social arithmetic based on PBL to increase the critical thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2028-2046.

Imami, N., Zain, M. I., & Muslehudin, M. (2025). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi di kelas V/B SDN 7 Cakranegara tahun ajaran 2024/2025. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 431-436.

Jannah, M., & Habiby, W. N. (2022). Effectiveness of the PBL model on Mathematics learning to cultivate mathematical literacy of elementary school students. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 455-463.

Kardoyo, K., Nurkhin, A., Muhsin, M., & Pramusinto, H. (2020). Problem-based learning strategy: Its impact on students’ critical and creative thinking skills. European Journal of Educational Research, 9(3), 1141-1150.

Kolar, V. M., & Hodnik, T. (2021). Mathematical literacy from the perspective of solving contextual problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467-483.

Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497-508.

Lisnasari, S. F., Jainab, J., Datten, D., & Pelista, P. (2025). Dampak penggunaan media konkret dalam manajemen pembelajaran terhadap kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(4), 449-457.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui pendekatan TaRL model PBL dalam Matematika kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 620-627.

Maulidia, N., & Lestari, A. S. B. (2024). Study literatur: hasil belajar pada penggunaan media pembelajaran komik Matematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 70-80.

Melati, N. I., Rahmah, M., Nurlaela, S., & Zahra, A. A. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar Matematika berbantuan model pembelajaran problem based learning dan media komik pada soal cerita aljabar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1860-1869.

Minangkabau, L., S, P., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature review: Pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 846-858.

Nasuha, A. P., & Ammamiarihta, A. (2023). The analysis of mathematical literacy ability in PISA oriented questions with uncertainty and data content based on gender. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(4), 960.

Ningtias, A. I., Rohimah, S. M., & Indriyani, Y. (2024). Pengaruh model problem-based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidik Indonesia, 5(1), 23-32.

Nurchurifiani, E., & Zulianti, H. (2021). Use of problem-based digital comics in the era of disruption as an increasing effort critical thinking skills and learning achievement. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(1), 1-7.

Nurhalisza, N., Yuhana, Y., & Alamsyah, T. P. (2024). Penerapan model pembelajaran assure terhadap kemampuan literasi matematis pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 954-960.

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23-30.

Nurlina, N., Maharani, S. D., & Barus, J. (2024). Rancangan pengembangan media komik berbasis budaya Lahat dengan menggunakan aplikasi Canva untuk pembelajaran di kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1353-1363.

Pandiangan, R., & Lubis, A. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 322-334.

Praneswari, P. M., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mariani, S., & Rosyida, I. (2025). Meta analisis: Penerapan problem based learning terhadap literasi Matematika siswa sekolah menengah. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 81-91.

Prayitno, A. T., Ismalia, I., & Taufik, A. (2025). Pengembangan elektronik modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 556-569.

Rahayu, N. W. G. W., Suparta, I. N., & Parwati, N. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-komik berorientasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 68-78.

Rahmadani, E., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Sari, D. N., Sirait, S., & Syahfitri, E. (2022). Analisis proses jawaban siswa pada kemampuan literasi Matematika siswa melalui model discovery learning. Jurnal Matematics Paedagogic, 6(2), 95-104.

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8.

Rahmawati, S., Nurhikmah, H., & Muin, A. (2024). Development of web-based digital Mathematics modules grade VII SMPN 1 Watansoppeng. Inovasi Kurikulum, 21(2), 647-660.

Rahmi, V. J., Firdaus, R., Yunarti, T., & Herpratiwi, H. (2024). Pengembangan media pembelajaran komik Matematika berbantu QR-code untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi bangun ruang. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1046-1059.

Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Safitri, E., Ayu, I. R., & Lubis, P. H. . (2022). Pengembangan media komik berbasis model problem based learning pada materi daur hidup hewan kelas IV SD. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(3), 611-619.

Sahputri, D. N., Siswanto, D., Zamzami, Z., Nijal, L., Febriadi, B., & Agusviyanda, A. (2024). Creative design training in the gen z era: teacher training at vocational schools using canva for innovative learning media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(5), 1515-1522.

Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan belajar Matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.

Sipahutar, C. (2022). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam blended learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep Matematika kelas IV Sekolah Dasar XYZ Jakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1119-1133.

Suari, B. A. P., Agustika, G. N. S., & Sujana, I. W. (2024). Komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual pada materi pecahan kelas IV SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 7(3), 409-419.

Subanji, S. (2024). Berpikir matematis dalam mengonstruksi konsep Matematika: Sebuah analisis secara teoritis dan praktis. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia, 1(1), 9-16.

Susanti, W., Pujiastuti, E., & Budhiharti, S. J. (2022). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 25-34.

Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gaya belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714-2724.

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan literasi matematis siswa pada penyelesaian soal asesmen kompetensi minimum numerasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1318-1325.

Yulaichah, S., Mariana, N., & Wiryanto, W. (2024). The use of e-comics based on a realistic mathematical approach to improve critical and creative thinking skills of elementary school students. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 90-105.

Published

29-08-2025

How to Cite

Lubis, W. H., Napitupulu, E. E., & Fauzi, K. M. A. (2025). Developing problem-based learning comic to enhance mathematical literacy skills for elementary students. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1487-1502. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.143

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.