Development of PBL-based digital flipbook on human excretory system for SMA/MA students

Authors

  • Syakira Amalia Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Rahmadina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.147

Keywords:

flipbook, human excretory system, learning media, problem-based learning

Abstract

The rapid advancement of technology demands innovation in developing interactive and effective learning media. This study aims to develop digital flipbook learning media based on Problem-Based Learning (PBL) for teaching the human excretory system, to improve students’ conceptual understanding and learning outcomes. The development process employed the 4D model, which includes the stages of defining, designing, developing, and disseminating. The flipbook was validated by material and media experts and further tested by teachers and students to evaluate its feasibility, practicality, and effectiveness. The findings indicate that the PBL-based digital flipbook is valid, practical, and effective in supporting students’ comprehension through interactive presentations, visual illustrations, and the integration of contextual problems. Furthermore, the flipbook enhances student motivation and engagement throughout the learning process. Therefore, this digital flipbook serves as an innovative alternative learning medium to support biology education, particularly for abstract topics such as the excretory system, and can also function as an accessible self-learning resource at any time and from anywhere.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi menuntut adanya inovasi dalam penyediaan media pembelajaran yang interaktif dan efektif. Keberagaman metode pembelajaran membuat guru dapat melakukan pengembangan media pembelajaran yang cocok untuk kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Proses pengembangan dilakukan menggunakan model 4D yang mencakup tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian diuji pada guru serta peserta didik untuk menilai aspek kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook berbasis PBL dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam membantu peserta didik memahami materi melalui penyajian interaktif, ilustrasi visual, serta integrasi permasalahan kontekstual. Flipbook ini juga meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran flipbook berbasis PBL dapat dijadikan alternatif inovatif untuk mendukung pembelajaran biologi, terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti sistem ekskresi, sekaligus menjadi sumber belajar mandiri yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Kata Kunci: flipbook; media pembelajaran; pembelajaran berbasis masalah; sistem ekskresi

References

Agustina, W. D. (2020). Pengembangan flipbook berbasis Problem Based Learning (PBL) pada submateri pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 325-339.

Aisyah, S., Ramadani, A. F., Wulandari, A. E., & Astutik, C. (2025). Pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 3(1), 388-401.

Akbar, M. R., Mulyadi, & Shandi, S. A. (2021). Kajian literatur media pembelajaran grafis dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46-59.

Andryannisa, A. M., Aradella, P. W., & Siska, P. S. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak di SD Islam Riyadhul Jannah Depok. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3), 11716-11730.

Apriana, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan model based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPA sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981-983.

Dewi, S. W. A. D., & Wayan, S. (2022). Media flipbook berorientasi pendekatan kontekstual pada muatan IPS kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(4), 244-258.

Dita, P. P. S., Utomo, S., & Sekar, D. A. (2021). Implementation of Problem Based Learning (PBL) on interactive learning media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 24-30.

Hadiapurwa, A., Joelene, E. N., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Social media usage for language literacy development in Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 11(1), 109-126.

Istiana, R., Munandar, R. R., & Choerunnisa, N. A. (2024). E-pocket book media PBL-based for problem solving ability and student learning motivation. Jurnal Mangifera Edu, 8(2), 18-26.

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh media flipbook terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di sekolah dasar. ELSE: Elementary School Education Journal, 7(1), 19-26.

Kusuma, A. M., & Fitrihidajati, H. (2024). Pengembangan flipbook ekosistem berbasis problem based learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Jurnal Bioedu, 13(1), 155-163.

Lakapu, P. A., Djara, J. I., Lakapu, D. E., & Nifus, D. A. (2023). The application of flip book media to increasing elementary children's learning interest. International Journal of Educational Sciences and Development, 1(1), 22-29.

Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature review: Peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa pada materi biologi melalui model pembelajaran guided inquiry. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.

Manzil, E. F., Sukamti, & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan e-modul interaktif Heyzine flipbook berbasis scientific materi siklus air bagi siswa kelas V sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112-126.

Mardiana, M., Sukmawati, R. A., Kaspul, K., Purba, H. S., & Pamuji, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem ekskresi manusia menggunakan metode demonstrasi. CETJ: Computing and Education Technology Journal, 3(2), 33-47.

Marvelia, R. H., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan media e-flipbook untuk keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV sekolah dasar. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1484-1495.

Motoh, T. C., Hamna, & Kristina. (2022). Penggunaan video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 1-17.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.

Muhsam J., & Muh, A. S. (2022). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. JIPTI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi Inovasi, 3(1), 11-20

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

Nurwita, M., Hadiansah, H., & Zamani, F. E. (2024). Use of google sites learning media to improve students' cognitive learning outcomes excretory system material. International Journal of Learning Media and Natural Science, 1(1), 8-13.

Pamungkas, W. A. D. & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346-354.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28.

Purnomo, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 234-245.

Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan media pembelajaran flipbook interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105-114.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sari, I. P., & Rohmani, R. (2024). Analysis of the effectiveness of using flipbook-based e-modules in science learning in elementary schools. Ijorer: International Journal of Recent Educational Research, 5(6), 1367-1382.

Sofi-Karim, M., Bali, A. O., & Rached, K. (2023). Online education via media platforms and applications as an innovative teaching method. Education and Information Technologies, 28(1), 507-523.

Suharti, D. I. (2024). Validity of creative interactive-web and seamless learning media and learning models to improve students' creative thinking skills and cognitive learning outcomes in high school Biology subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(7), 3770-3779.

Suryani, S., & Lufri, L. (2021). Analisis kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran daring dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 364-369.

Talaksoru, D. O., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2024). Development of Digital Research-Based Learning (D-RBL) strategy in instructional media course. Inovasi Kurikulum, 21(2), 955-968.

Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis penggunaan media pembelajaran pada muatan IPAS di kelas IV sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573-1582.

Walangadi, H., Umar, E., Rahmat, A., & Saleh, N. (2023). Meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS menggunakan pendekatan problem based learning pada siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 647-658.

Wijayanti, R. N., & Isnawati. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook interaktif pada materi sistem saraf manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA. Jurnal Bioedu, 12(2), 298-310.

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media konvensional dan media digital dalam pembelajaran. Jutech: Journal Education and Technology, 4(2), 84-95.

Zaki, A., & Dian, Y. (2020). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820.

Zamsiswaya, Z., Sawaluddin, S., & Sihombing, B. (2024). Model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dalam pembelajaran pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 4(1), 11-14.

Published

29-08-2025

How to Cite

Hasibuan, S. A., & Rahmadina, R. (2025). Development of PBL-based digital flipbook on human excretory system for SMA/MA students. Inovasi Kurikulum, 22(3), 2021-2034. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.147

Similar Articles

1-10 of 67

You may also start an advanced similarity search for this article.