Evaluation of the implementation of the Adiwiyata program at State Senior High School 4 Bogor

Authors

  • Atep Kartiansyah Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Ihsana El Khuluqo Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sri Astuti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Muhammad Heru Iman Wibowo Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Mirlanda Diaz Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Azizah Nurul Khoirunnisa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.210

Keywords:

Adiwiyata, CSE-UCLA, environmentally-based school, program evaluation, sustainability

Abstract

The Adiwiyata program, as part of environmental education in schools, plays an important role in shaping students’ ecological awareness. This study aims to evaluate the implementation of the Adiwiyata Program at SMA Negeri 4 Bogor, which has been designated as a National Adiwiyata School since 2022. The evaluation was conducted to monitor the sustainability of environmentally based programs that strengthen students’ environmental awareness and character. The research employed the CSE-UCLA evaluation model, covering five key areas: system assessment, program planning, program implementation, program improvement, and program certification. A qualitative research approach was used, involving interviews, focus group discussions, observations, and document analysis to obtain a comprehensive understanding of the program implementation. The findings indicate that SMA Negeri 4 Bogor has successfully implemented the Adiwiyata Program through well-integrated policies within the curriculum, structured planning, and environmental activities involving school members and external partners. Program improvement is demonstrated through the use of environmentally friendly products, capacity-building initiatives, and collaboration with local government programs. The program has also contributed to enhancing students' environmental awareness and character development. However, further efforts are needed to expand students' environmental awareness and character development, strengthen partnerships, and optimize the use of environmentally friendly technology to ensure long-term program sustainability.

 

Abstrak

Program Adiwiyata sebagai bagian dari pendidikan lingkungan hidup di sekolah memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran ekologis murid. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 4 Bogor sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional sejak tahun 2022. Evaluasi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemantauan keberlanjutan program berbasis lingkungan demi penguatan karakter peduli lingkungan pada warga sekolah. Penelitian menggunakan model evaluasi CSE-UCLA yang mengkaji lima area utama, yaitu asesmen sistem, perencanaan program, pelaksanaan program, pengembangan program, dan sertifikasi program. Pendekatan penelitian kualitatif diterapkan melalui wawancara, diskusi terarah, observasi, dan studi dokumentasi untuk memperoleh gambaran pelaksanaan program secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 4 Bogor telah menerapkan Program Adiwiyata dengan baik melalui kebijakan yang terintegrasi dengan kurikulum, perencanaan terstruktur, serta pelaksanaan berbagai kegiatan berbasis lingkungan yang melibatkan warga sekolah dan mitra eksternal. Inovasi pengembangan program terlihat pada pemanfaatan produk ramah lingkungan, penguatan kompetensi, serta sinergi dengan program pemerintah daerah. Program ini juga berkontribusi pada peningkatan kesadaran lingkungan dan karakter murid. Namun demikian, diperlukan upaya lebih lanjut dalam memperluas nilai keberlanjutan dalam pembelajaran, memperkuat kemitraan, dan optimalisasi teknologi ramah lingkungan agar program dapat terus berkelanjutan.

Kata Kunci: Adiwiyata; CSE-UCLA; evaluasi program; keberlanjutan; sekolah berwawasan lingkungan

References

Adelia, J. (2025). Implementasi sistem pendidikan nasional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 23-35.

Adzhar, M. H., & Yasin, M. (2025). Upaya strategis peningkatan mutu pendidikan berkelanjutan melalui quality assurance di Madrasah Aliyah Negeri 1 kota Kediri. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 783-798.

Ainurrohmah, S., & Sudarti, S. (2022). Analisis perubahan iklim dan global warming yang terjadi sebagai fase kritis. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 8(1), 1-10.

Alfiyah, L. N., & Rahardjanto, A. (2020). Evaluasi program Adiwiyata Mandiri dalam membentuk karakter peduli dan berbudaya lingkungan di SMPN 1 Pandaan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 1-12.

Anwar, A. R. A., Irawanda, G., & Hermawan, N. (2025). Pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 5(2), 711-726.

Ashar, A., Jariah, A., & Nurwahidah, N. (2024). Implementasi program Adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan di SD Inpres Ta’binjai Kabupaten Gowa. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(2), 709-721.

Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan program Adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25-37.

Dewi, S., Dwiyono, Y., Akhmad, A., Komariyah, L., Nurlaili, & Yahya, M. (2025). The principal’s management in the Adiwiyata program for improving the quality of education at SMP Negeri 9 Samarinda. Journal of Education and Learning Innovation, 5(2), 274-279.

Gunawan, A. (2025). Implementasi program sekolah Adiwiyata sebagai upaya meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa di MAN 2 Pangandaran. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 4(1), 51-58.

Hadiapurwa, A., Ali, M., Ropo, E., & Hernawan, A. H. (2024). Teacher effort in strengthening student’s thinking skill and awareness upon environment conservation: PLS-SEM of Climate Change Education (CCE) study. International Journal of Environmental Impacts, 7(1), 111-119.

Husni, N., & Remiswal, R. (2024). Peran manusia terhadap keseimbangan lingkungan hidup di Nagari Limakaum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 338-344.

Irma, M. F., & Gusmira, E. (2023). Evaluasi kebijakan lingkungan terhadap emisi gas rumah kaca di Indonesia. Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan, 2(1), 12-18.

Irma, M. F., & Gusmira, E. (2024). Tingginya kenaikan suhu akibat peningkatan emisi gas rumah kaca di Indonesia. JSSIT: Jurnal Sains dan Sains Terapan, 2(1), 1-7

Iryani, J., Mania, S., & Rasyid, M. N. A. (2024). Evaluasi pelaksanaan program blended learning pada mata kuliah Komunikasi Data menggunakan model evaluasi CSE-UCLA. Pendekar, 7(4), 327-337.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi penerapan program Adiwiyata untuk membentuk perilaku peduli lingkungan di kalangan siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35-41.

Janna, N., Bahrani, B., & Ramli, A. (2024). Integrasi prinsip total quality manajemen dengan hasil penilaian evaluasi diri madrasah: Suatu strategi mewujudkan pendidikan berkualitas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 442-454.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter di SD Negeri 19 Ambon. Pedagogika, 8(1), 11-23.

Jusniati, H., Rasyid, M. N. A., & Mania, S. (2025). Model center for the study of evaluation-University of California, Los Angeles dalam evaluasi program pembelajaran Al-Quran dengan metode UMMI di SDIT Azzahrah Gowa. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 25(2), 318-340.

Kartini, N. (2024). Formulation of policies to strengthen and optimize the adiwiyata program towards environmentally friendly schools. Journal of Community Service, 2(1), 31-39.

Maksad, M., Hermina, D., & Huda, N. (2024). Kritik terhadap teori evaluasi pendidikan Islam. Mandarasa, 1(2), 1-9.

Malana, S. L., Rini, W. A., Ichwanto, R. M., Pisdon, Y. R., & Jo, S. A. (2024). Evaluasi program excellent parenting community menggunakan model CSE-UCLA. Vox Veritatis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 106-113.

Marzuki, I. (2024). Implementasi prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 6(1), 1-7

May, L. F., & Mamluah, A. W. (2024). Pengelolaan sekolah berbasis lingkungan: Studi pada sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Pelita Nusantara, 2(3), 266-276.

Nada, H. N., Fajarningsih, R. U., & Astirin, O. P. (2021). Adiwiyata (green school) program optimization strategy in Malang regency to realize environmentally friendly school citizens. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(2), 121-137.

Nurdin, M. N. I., Munastiwi, E., & Sari, J. (2023). Problematika progam Adiwiyata sekolah: Studi kasus pada MAN Pangkep Kabupaten Pangkep. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 527-534.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program Adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164.

Parasih, P., Ulfa, S. S., Marlina, L., & Karolina, A. (2024). Implementasi program Adiwiyata dalam mewujudkan karakter peduli lingkungan peserta didik. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(4), 980-985.

Priyanto, S., Sahara, S., & Nugraha, H. D. (2024). The certification program evaluation for students in vocational schools using the CSE UCLA Model. Jurnal Kependidikan, 10(4), 1473-1484.

Purify, A., Kusman, A., Widodo, S., & Silitonga, F. (2024). Perubahan iklim dan risiko keamanan nasional: Kajian mengenai kesiapsiagaan pertahanan indonesia. Jurnal Elektrosista, 12(1), 1-11.

Putri, A. (2019). Implementasi program Adiwiyata dalam rangka menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 37-47.

Putri, M. (2024). The implemntation of the CSE-UCLA evaluation model in assesing the effectiveness of the entrepeneuship program atT SMA IT Abu Bakar. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 8(2), 74-84.

Rahman, A. N., Viani, F. O., & Sitanggang, N. (2023). Implementasi program Suistainable Development Goals (SDG’s) dalam upaya penanganan perubahan iklim di Provinsi Kepulauan Riau. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(3), 341-350.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan program Adiwiyata sebagai upaya pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13(1), 67-88.

Sastria, E., Maulana, A., & Novalyan, D. (2018). Evaluasi praktikum Botany phanerogamae dengan menggunakan model CSE-UCLA (studi pada Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Kerinci). Jurnal Biotek, 6(2), 73-87.

Sidik, F., Rasyid, M. N. A., & Mania, S. (2023). Evaluasi program praktik lapangan persekolahan dengan menggunakan model CSE-UCLA. Irfani (e-Journal), 19(2), 121-130.

Silvia, E. D. E., & Tirtoni, F. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Adiwiyata. Visipena, 13(2), 130-144.

Somachandra, V., Sylva, K., Bandara, C., & Dissanayake, R. (2025). Corporate social entrepreneurship (CSE) model for the construction industry of Sri Lanka. Green and Low-Carbon Economy, 3(2), 133-143.

Sumarni, S., Dewi, R., & Sugandi, A. T. (2023). Evaluasi pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 7 Wajo. Jurnal Sains Riset, 13(1), 255-264.

Suprapto. (2023). Evaluation of the implementation of the adiwiyata program in elementary schools in Grogol Petamburan District, Jakarta, Indonesia. Community Medicine and Education Journal, 4(2), 286-292.

Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2021). Modification of CSE-UCLA and discrepancy as a new evaluation model in education. Emerging Science Journal, 5(6), 929-942.

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas program Adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan warga sekolah di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170-177.

Wulandari, C. E. (2024). Integrasi prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kurikulum pendidikan Islam: Sebuah tinjauan literatur: model integrasi pembangunan berkelanjutan dalam kurikulum pendidikan islam dan tantangan dan peluang dalam implementasi integrasi pembangunan berkelanjutan. TarbiyahMU, 4(2), 22-29.

Published

28-11-2025

Similar Articles

1-10 of 91

You may also start an advanced similarity search for this article.