Analysis of differentiated learning with problem-based learning model to improve learning activity
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.53Keywords:
differentiated learning, learning activity, learning styles, problem-based learningAbstract
Elementary school learning often fails to optimally accommodate students’ learning styles, potentially hindering their participation and comprehension. This study aims to analyze the implementation of differentiated learning based on learning styles through the Problem-Based Learning (PBL) model to improve students’ learning activity in primary education. A descriptive qualitative approach was employed, involving a teacher and sixth-grade students from SDN 104246 Jati Baru as research subjects. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed descriptively using data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that implementing differentiated learning strategies with the PBL model enhances students’ active participation, confidence, and responsibility throughout the learning process. Student engagement increased when the instruction was tailored to their individual learning styles: visual, auditory, or kinesthetic. Furthermore, the teacher reported greater ease in managing the class fairly and adaptively. These results demonstrate that the integration of differentiated learning and the PBL model is not only theoretically relevant but also empirically effective in fostering inclusive and meaningful learning. The study recommends continuous teacher training in applying differentiation strategies and developing contextual, flexible instructional materials.
Abstrak
Pembelajaran di tingkat sekolah dasar dengan gaya belajar peserta didik sering kali belum diakomodasi secara optimal, sehingga berpotensi menghambat partisipasi dan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik kelas VI SDN 104246 Jati Baru. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL mampu meningkatkan partisipasi aktif, rasa percaya diri, dan tanggung jawab peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Peserta didik menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi ketika pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar mereka, baik visual, auditori, maupun kinestetik. Selain itu, guru juga merasakan kemudahan dalam mengelola kelas secara adil dan adaptif. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran berdiferensiasi dan model PBL tidak hanya relevan secara teoritis, tetapi juga efektif secara empiris dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru dalam menerapkan strategi diferensiasi serta pengembangan perangkat ajar yang kontekstual dan fleksibel.
Kata Kunci: aktivitas belajar; gaya belajar; pembelajaran berdiferensiasi; pembelajaran berbasis masalah
References
Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2), 1-11.
Agusta, R. M., Hardianti, A., Komalasari, R., & Dewi, R. S. (2024). Dampak pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 206-224.
Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam kurikulum merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522-533.
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi sebagai inovasi pembelajaran. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 5(2), 185-193.
Amelia, R., Izzah, S. N. R., Hikmah, M. A., & Bakar, M. Y. A. (2025). Memahami gaya belajar siswa: kunci keberhasilan personalisasi pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 287-300.
Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230-6238.
Azzahra, L., & Darmiyanti, A. (2024). Peran psikologi pendidikan dalam proses pembelajaran di kelas untuk peserta didik yang beragam. Jurnal Psikologi, 1(4), 1-23.
Dewanti, D., Hermanto, & Azizah, N. (2024). Faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada sekolah dasar inklusi. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(2), 243-255.
Dwipranoto, E. S., Sudarti, & Wuryaningrum, R. (2023). Pembelajaran IPAS berbasis potensi lokal pisang untuk meningkatkan ecoliteracy siswa kelas 4 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2126-2134.
Elangovan, N., & Sundaravel, E. (2021). Method of preparing a document for survey instrument validation by experts. MethodsX, 8(2021), 1-9.
Firsty, A. F., & Rosmiati, R. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan metode talking stick berbantuan flashcard untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa kelas IV SDN Kebondalem Mojosari materi keragaman suku bangsa dan budaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1-15.
Friday, N., & Leah, N. (2024). Types of purposive sampling technique with their examples and application in qualitative research studies. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 5(1), 90-99.
Gheyssens, E., Coubergs, C., Griful-Freixenet, J., Engels, N., & Struyven, K. (2022). Differentiated instruction: The diversity of teachers’ philosophy and praxis to adapt teaching to students’ interests, readiness and learning profiles. International Journal of Inclusive Education, 26(14), 1383-1400.
Hadi, S., & Wahyudin, D. (2024). School readiness analysis in implementing differentiated learning in kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 21(2), 897-908.
Hasanah, Z., Ritonga, S., Ikhsan, Z., & Suarni, S. (2021). The implementation of problem based learning integrated with STEM-based worksheets to improve learning motivation. Asian Journal of Science Education, 3(2), 102-112.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Imami, N., Zain, M. I., & Muslehudin, M. (2025). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi di kelas V/B SDN 7 Cakranegara tahun ajaran 2024/2025. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 431-436.
Indriani, N., Safitri, A., Munandar, A., Yulisan, Adwiyah, R., & Syafruddin. (2025). Pengaruh model PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 179-196.
Khairani, M., Sukmawati, S., & Nasrun, N. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah Matematika siswa kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 458-471.
Kusumasari, P. R., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 172-184.
Maharani, F., Arjudin, A., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem-based learning berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 19-30.
Mahendra, A. A., Patonah, S., Sari, A. P. P., & Siswanto, J. (2024). Analisis gaya belajar terhadap pembelajaran berdiferensiasi. Jambura: Journal of Community Empowerment, 5(2), 318-329.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.
Mulyasari, D. W., Gunahardi, & Roemintoyo. (2022). E-LKPD based on Problem Based Learning (PBL) approach to measure Mathematics literacy ability of elementary students. IJEE: International Journal of Elementary Education, 6(3), 393-402.
Nuryati, D., & Nceong, A. (2024). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar Ilmu Pegetahuan Alam (IPA) siswa kelas V SDK Narang I. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 1(2), 34-42.
Purba, P., Rahayu, A., & Murniningsih, M. (2023). Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 136-152.
Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan pembelajaran diferensiasi dalam model inkuiri terhadap kemampuan numerasi siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 393-401.
Rahmawati, R., Muhimmah, H. A., & Puspita, A. M. I. (2025). Exploring students’ self-confidence through problem identification: A case study of fourth-grade learners at SD Negeri 1 Kepanjen, Malang. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 4(3), 1261-1269.
Rohmah, R. K., Wijayanti, A., & A, F. P. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL pada subtema kelas III SDN Sambirejo 02 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 1722-1738.
Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-10.
Sakliressy, M. T. (2023). Deskripsi pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka di SMA YPPK Teruna Bakti. Journal of Education Papua Baru, 1(2), 16-24.
Sakti, N. C., & Luthfiyah, A. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 694-698.
Salsabila, Y. R., & Muqowim. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme Lev Vygotsky dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 813-827.
Samawi, F. S., Al Remawi, S. A., & Arabiyat, A. A. H. (2022). The effectiveness of a training program based on psychological empowerment to reduce future professional anxiety among students. International Journal of Instruction, 15(1), 219-236.
Sari, P. S., & Maemonah, M. (2024). Analysis of project-based learning in IPAS subjects at madrasah ibtidaiyah: A progressivism perspective. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 14(2), 106-120.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.
Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.
Shegefandini, M., Reffiane, F., & Saputro, S. A. (2025). Peningkatan hasil belajar IPAS melalui pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar peserta didik. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 10-21.
Sunedi, S., & Syaflin, S. L. (2024). Pengembangan e-modul ajar berbasis etno STEM pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 325-335.
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika pembelajaran IPAS dalam kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310-315.
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis pembelajaran IPAS dengan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113.
Widyatama, P. R., Uyun, Q., Risky, E. A., Ngene, P. K., Lestari, A. W. D., Jannah, A. N., Syaifudin, M., & Sari, M. M. K. (2024). Upaya meningkatkan minat belajar pendidikan Pancasila melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VIII SMPN 16 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1305-1322.
Widyawati, R. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379.
Zhao, W., He, L., Deng, W., Zhu, J., Su, A., & Zhang, Y. (2020). The effectiveness of the combined Problem-Based Learning (PBL) and Case-Based Learning (CBL) teaching method in the clinical practical teaching of thyroid disease. BMC Medical Education, 20(381), 1-10.
Zulaiha, E., Sari, D. N., Rahmat, M., Azzahra, D., & Lestari, D. (2024). Analisis tantangan meningkatkan minat belajar di sekolah dasar. Journal of Education Research, 5(1), 635-642.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evi Ariyanti Marlina Sihombing, Dede Ruslan, Wildansyah Lubis (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.