Crossword puzzles' effect on third-grade students' cognitive abilities in energy learning

Authors

  • Tia Rahmania Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Author
  • Supriansyah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.58

Keywords:

crossword puzzle, cognitive ability, elementary school, energy learning

Abstract

Cognitive ability plays a vital role in supporting student success at the elementary level. However, observations at SDN Kedaung Kaliangke 01 Pagi, West Jakarta, revealed that learning is still predominantly dominated by conventional media, making lessons less engaging and resulting in lower cognitive outcomes. This study aimed to examine the effect of Crossword Puzzle media on the cognitive abilities of third-grade students. A quasi-experimental method with a Nonequivalent Control Group Design was used. The sample consisted of 60 students divided into two groups: the experimental group received instruction using Crossword Puzzle media, while the control group received conventional teaching. The instrument was a multiple-choice test that had been validated for both validity and reliability. Data analysis included normality and homogeneity tests, followed by hypothesis testing using an Independent Sample t-test and effect size. The results showed a significant difference in cognitive abilities between the two groups. The experimental group demonstrated better conceptual understanding and more active engagement. These findings indicate that Crossword Puzzle media effectively enhances memory, concentration, analytical skills, and thinking ability. Therefore, this media is recommended as an innovative alternative to improve cognitive skills, especially in elementary science lessons on energy topics.

 

Abstrak

Kemampuan kognitif memiliki peran krusial dalam menunjang keberhasilan belajar peserta didik di jenjang sekolah dasar. Namun, hasil observasi di SDN Kedaung Kaliangke 01 Pagi, Jakarta Barat, menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh media konvensional, sehingga cenderung kurang menarik dan berdampak pada rendahnya capaian kognitif peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Crossword Puzzle terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas III SD. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri atas 60 peserta didik yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media Crossword Puzzle dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen menunjukkan pemahaman konsep yang lebih baik dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Temuan ini membuktikan bahwa Crossword Puzzle efektif dalam meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kemampuan analitis, dan berpikir peserta didik. Oleh sebab itu, media ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, khususnya dalam pembelajaran IPAS pada topik energi.

Kata Kunci: kemampuan kognitif; pembelajaran energi; sekolah dasar; teka-teki silang

References

Abdurohim, R., Wahyudin, D., & Susanti, L. (2025). Research trends on RME and self-confidence in the Mathematics education curriculum. Inovasi Kurikulum, 22(1), 465-492.

Amri, U. (2023). Analisis perbedaan model pembelajaran crossword puzzle dengan model konvensional untuk kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS Materi Kewirausahaan Kelas VII MTs Attaqwa 14. Arus Jurnal Pendidikan, 3(3), 108-115.

Azizah, S. U., Hardi, O. S., & Kusumawati, L. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif Geografi siswa kelas X pada materi litosfer melalui penerapan soal evaluasi bentuk uraian di SMAN 61 Jakarta. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(2), 88-98.

Fatoni, A. (2020). Wawasan pendidikan (pendidikan dan pendidik). Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 65-79.

Hakim, A. R. (2020). Penggunaan proses kognitif Benjamin Samuel Bloom sebagai pendekatan dalam pengembangan buku ajar teknologi pendidikan di perguruan tinggi keagamaan Islam. Muslim Heritage, 5(2), 419-419.

Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik tema 5 subtema 1 kelas V MIN 08 Muara Enim. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752-755.

Izzuddin, A. (2021). Upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui media pembelajaran sains. Edisi, 3(3), 542-557.

Jumrawati, J., & Lina, K. (2025). Tinjauan kompetensi profesional guru bersertifikat pendidik terhadap efektivitas pembelajaran. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 11(1), 150-160.

Khairunnufus, N., Artayasa, I. P., & Yasa, I. K. M. (2024). Penerapan metode pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) untuk meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik di SMAN 6 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 238-240.

Kusuma, Y. A., & Bima, A. C. A. (2023). Pedampingan penggunaan media pembelajaran berbasis kekinian dalam menunjang proses pengajaran yang menyenangkan. Andasih Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-8.

Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter di era disrupsi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 21-30.

Mardhatillah, S., & Anas, N. (2023). The influence of crossword puzzle science learning media toward students' critical thinking ability. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 791-798.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151-172.

Nanda, E., & Murwitaningsih, S. (2025). Pengaruh model problem based learning berbantuan crossword puzzle terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 50-56.

Ningrum, J., & Muhid, A. (2024). Perkembangan kognitif anak dalam menghafal Al-Qur’an perspektif Jean Piaget. Jurnal Mu'allim, 6(2), 394-402.

Nisa, Z., Azzahra, R. T., & Khotimah, S. K. (2023). Studi analisis: Teori pemrosesan informasi dalam pembelajaran PAI berbasis HOTS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 541-553.

Nurhakim, F. U., Latiefah, E. M., & Chadidjah, S. (2025). Perspektif Bloom dalam implementasi PBL pada mapel PAI (analisis literatur implementasi PBL pada mapel PAI). At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 238-249.

Prabowo, E., & Wakhudin, W. (2024). Pengembangan media Augmenteded Reality (AR) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas 4 SD Negeri 3 Linggasari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 591-604.

Purnamasari, N. I., & Yusma, N. A. (2021). Mengembangkan kemampuan berpikir logis anak melalui kegiatan bermain warna. Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 37-71.

Ramadhina, A., Sari, D. P., & Nasution, R. F. (2024). Karakteristik perkembangan kognitif pada anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(4), 177-184.

Risqi, I., Sari, D. H., & Aryaningtyas, U. (2025). Signifikansi soal LOTS (Lower Order Thinking Skills) dalam pembelajaran awal sebagai fondasi Matematika: Kajian literatur. Artik: Artikel Karya Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 1(1), 53-66.

Sihotang, A., & Pohan, S. (2024). Implementasi taksonomi Bloom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk perilaku teladan siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3353-3364.

Tejeswini, V., Chaitra, B., Renuka, I. V., & Ramya, P. (2024). Crossword puzzles–A fun educational tool to reinforce information. Acta Medica International, 11(2), 168-171.

Torres, E. R., Williams, P. R., Kassahun-Yimer, W., & Gordy, X. Z. (2022). Crossword puzzles and knowledge retention. Journal of Effective Teaching in Higher Education, 5(1), 18-28.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi Bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13-22.

Umami, F., & Rimadoni, E. U. L. (2024). Improving the learning outcomes of class IV Natural and Social Science students on knowing maps through the problem based learning model. Jurnal Profesi Guru Indonesia, 1(3), 232-243.

Umanah, F. I., & Sunday, E. S. (2022). Crosswords puzzle, flashcards teaching strategies and senior secondary school students’ academic performance in Chemistry. International Journal of Educational Benchmark (IJEB), 22(2), 1-12.

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67-82

Wiantara, I. G. N. O., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Brain based learning using media crossword puzzle enhances students understanding of concepts and thinking skills. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(2), 156-167.

Zarkasyi, A. H., Himam, A. S., Lubis, R. H., Prameswari S. K., & Badriya, I. (2023). Kurikulum merdeka for Arabic language learning according to Piaget’s cognitive development theory. Inovasi Kurikulum, 20(2), 305-316.

Published

29-08-2025

How to Cite

Rahmania, T. R., & Supriansyah, S. (2025). Crossword puzzles’ effect on third-grade students’ cognitive abilities in energy learning. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1271-1284. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.58

Similar Articles

21-30 of 61

You may also start an advanced similarity search for this article.