Analysis of factors influencing the development of honesty in elementary school students

Authors

  • Nasuha Risma Dewi Universitas Islam Riau Author
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.77

Keywords:

character development, elementary school, honesty

Abstract

Honesty is a fundamental value that must be nurtured as the basis for forming individuals with integrity. However, dishonest behavior remains prevalent among elementary school students, signaling the importance of understanding the factors that shape honest character. This study aims to explore the internal and external factors that influence the development of honesty in fourth-grade students at SDN 12 Sungai Rawa. Using a qualitative approach with a case study method, the research involved one homeroom teacher, two students, and two parents as participants. Data were collected through interviews, observations, and document analysis, then analyzed using the Miles and Huberman model, which includes data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that honesty is shaped by internal factors such as habits, willpower, and heredity, and external factors, including education and the environment. Early habit formation, intrinsic motivation, and inherited traits all contribute to the development of honesty. Moreover, the educational roles of teachers and parents, as well as influences from the family and peer environment, can strengthen or weaken character formation. In conclusion, fostering honesty in children requires a collaborative interaction between internal dispositions and external influences.

 

Abstrak

Nilai kejujuran sangat penting untuk ditanamkan sebagai fondasi dalam pembentukan pribadi yang berintegritas. Namun, masih terdapat perilaku tidak jujur di kalangan peserta didik sekolah dasar. Hal ini menunjukkan perlunya pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan karakter kejujuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pembentukan karakter kejujuran peserta didik kelas IV di SDN 12 Sungai Rawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari guru wali kelas, dua peserta didik, dan dua orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi, dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter kejujuran dipengaruhi oleh faktor internal seperti kebiasaan, kehendak, dan keturunan, serta faktor eksternal seperti pendidikan dan lingkungan. Kebiasaan berkata jujur yang ditanamkan sejak dini, motivasi dari dalam diri, serta kecenderungan bawaan menjadi dasar dalam membentuk karakter jujur. Selain itu, pendidikan dari guru dan orang tua, serta pengaruh lingkungan sosial seperti keluarga dan teman sebaya, dapat memperkuat atau bahkan menghambat perkembangan kejujuran. Kesimpulannya, pembentukan karakter kejujuran memerlukan sinergi antara faktor internal dan eksternal.

Kata Kunci: kejujuran; pembentukan karakter; sekolah dasar

References

Abdulkareem, H. B., Yusuf, J., & Tiamiyu, K. A. (2025). Preserving cultural-roots: Indigenous parenting practices in shaping ethical foundations in children. Inovasi Kurikulum, 22(2), 1129-1140.

Agustina, R., & Suryadi. (2023). Implementasi dan teknik mengajarkan kejujuran pada anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 54-62.

Aini, F. Q., Hasibuan, R. Y. A., & Gusmaneli. (2024). Pendidikan karakter sebagai landasan pembentukan generasi muda. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 54-69.

Arifin, A., Nurhasanah, E., & Jamaah, J. (2024). Analisis peran guru dalam pembentukan pendidikan karakter siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 51-56.

Astuti, M., Pratiwi, Z. P., Iklimah, L., Septiani, L., & Karunia, T. (2024). Perkembangan Psikologi Anak dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 157 Palembang. Dirasah, 7(1), 105-114.

Bureau, J. S., Gareau, A., Guay, F., & Mageau, G. A. (2022). Investigating how autonomy‐supportive teaching moderates the relation between student honesty and premeditated cheating. British Journal of Educational Psychology, 92(1), 175-193.

Cahyani, L. I., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan pustaka sistematis: Program kantin kejujuran untuk meningkatkan karakter jujur di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 84-94.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education and Development, 10(2), 315-318.

Fauziyah, R. F. (2023). Pembentukan nilai karakter kejujuran melalui aktivitas menabung pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Nurul Islam Kecamatan Seberida. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 114-121.

Gustiani, I. S., Adelia, M. R., Ramdhan, S. S., Nanda, H., & Rozak, R. W. A. (2025). Komunikasi keluarga dalam membangun kepercayaan orangtua terhadap anak. Kampret Journal, 4(3), 103-108.

Hadriany, E., Kurniati, Q., Thifa, L., & Ramadhani, P. (2021). Pembentukan pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisional di RA. Amanah Kecamatan Medan Marelan. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 95-105.

Hantika, A. (2022). Analisis pendidikan karakter disiplin, jujur, dan tanggung jawab SD di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(1), 36-43.

Harahap, A. Z., Sofia, A., Br Sitorus, D. S., Nazwa, K., Lubis, N. S. A., Khoiriyah, N., & Nurhayati, N. (2025). Systematic literature review: Implementasi pendidikan karakter melalui cerita untuk meningkatkan kejujuran siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 6(2), 190-207.

Hendri, H., Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi peran sekolah dengan analisis interaktif bagi penguatan pendidikan karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32-43.

Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Penerapan metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462-469.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran orang tua dalam pendidikan karakter berbasis keluarga di masa pandemi COVID-19. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95-115.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter peserta didik upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.

Kartini, E., & Mimbar, L. (2020). pendidikan karakter mempengaruhi pembentukan kejujuran siswa MTs Negeri I Lombok Barat. Valid Jurnal Ilmiah, 17(1), 70-79.

Kasmantoro, H., Riswari, L. A., & Khamdun, K. (2022). Analisis cara menumbuhkan nilai pendidikan karakter religius jujur dan kreatif siswa kelas V sekolah dasar dalam Film Negeri 5 Menara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3531-3536.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam di era revolusi digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170.

Latifah, A., Noptrio, & Prastowo, A. (2023). Pengembangan kurikulum 2013 dalam melaksanakan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 436-448.

Madani, H. (2021). Pembinaan nilai-nilai kejujuran menurut Rasulullah Saw. Jurnal Riset Agama, 1(1), 145-156.

Marlina, E., Azzahra, S., & Dewi, R. S. (2024). Strategi efektif menanamkan nilai kejujuran pada generasi muda melalui pendidikan karakter. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 326-330.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui nilai-nilai kejujuran. Fondatia, 5(2), 163-179.

Ningsih, S. W. (2022). Analisis pembentukan nilai karakter jujur siswa sekolah dasar melalui kantin kejujuran. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(5), 918-923.

Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam. A, E. A. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Pendidikan karakter di sekolah dasar. Jispendiora Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 2(1), 209-219.

Nurhasanah, E., Aisah, S., & Yusnarti, M. (2024). Peran guru sekolah dasar dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(1), 21-26.

Pertiwi, N. D. (2021). Peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter jujur pada anak. Jurnal Tunas Nusantara, 3(1), 324-335.

Puspytasari, H. H. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-10.

Putri, N. Y. E., Anjali, I. G. A. S., & Anggraini, A. E. (2024). Konsep pendidikan karakter di sekolah dasar menurut perspektif Ki Hadjar Dewantara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 460-467.

Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan karakter siswa berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109.

Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2024). Kejujuran dalam perspektif pendidikan Islam: Nilai fundamental, strategi implementasi, dan dampaknya terhadap pembentukan karakter santri di pesantren. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193-210.

Restuningtyas, A. B., & Utomo, A. C. (2024). Pendidikan Antikorupsi: Penanaman karakter jujur melalui kantin kejujuran di sekolah dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(1), 86-98.

Rohmah, N. N. S., Markhamah, M., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.

Sahroh, A., & Rizkiyah, N. N. (2021). Nilai kejujuran dalam pendidikan karakter: Studi Hadis Bukhari No. 5629. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 335-366.

Salirawati, D. (2021). Identifikasi problematika evaluasi pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(1), 17-27.

Saputri, R. O., Huwaina, M., & Nugroho, A. S. (2023). Pembentukan karakter kejujuran kelas V SDN 52 Gedong Tataan oleh guru pendidikan agama Islam. Ta’lim, 5(2), 49-59.

Sari, E. Y. P., & Istanto, I. (2025). Conceptual analysis of internalizing religious values through Pendidikan Agama Islam (PAI) in improving students' soft skills in the digital era. Inovasi Kurikulum, 22(1), 407-420.

Syofyan, H., Rosyid, A., Febrianti, N., & Ratih, R. (2022). The character of responsibility and honesty: Its impact on science learning outcomes. International Journal of Elementary Education, 6(1), 158-164.

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158-179.

Utami, Y. (2021). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa jenjang sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 127-142.

Wally, M. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70-81.

Zhang, L. (2023). What is the current development status of character education? Based on seven educators and nearly three years of literature research: Character education research. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 45-64.

Zulaiha, A. R., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2025). The effect of anti-corruption character education on educational integrity. Inovasi Kurikulum, 22(1), 133-146.

Published

29-08-2025

How to Cite

Dewi, N. R., & Ramadan, Z. H. (2025). Analysis of factors influencing the development of honesty in elementary school students. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1519-1532. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.77

Similar Articles

21-30 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.