Effect of RME-based straw and cup media on multiplication and division learning outcomes

Authors

  • Fatimah Azzahra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Author
  • Edi Supriadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.78

Keywords:

learning effectiveness, learning outcomes, Mathematics, Realistic Mathematics Education (RME), tangible media

Abstract

Low Mathematics learning outcomes, especially in multiplication and division, remain a persistent challenge in elementary schools. Observations at SDN Susukan 04 Pagi revealed that many third-grade students struggle with understanding abstract concepts due to limited use of concrete and contextual learning media. This study aimed to examine the effectiveness of straw and cup media based on the Realistic Mathematics Education (RME) approach in enhancing students’ Mathematics learning outcomes. A quasi-experimental method with a posttest-only control group design was used, involving 64 students selected through saturated sampling. The instrument was a 10-item essay Post-Test, tested for validity (product-moment) and reliability (Cronbach’s Alpha). Data analysis included normality (Shapiro-Wilk), homogeneity (Levene’s test), independent t-test, and effect size calculation. The results showed that the experimental group significantly outperformed the control group. The effect size analysis indicated a strong practical impact. The use of RME-based straw and cup media helped students better visualize and contextualize multiplication and division problems, promoting active learning and deeper conceptual understanding. These findings confirm that concrete media integrated with meaningful learning models can significantly improve student performance in Mathematics.

 

Abstrak

Rendahnya hasil belajar Matematika, khususnya pada materi perkalian dan pembagian, masih menjadi permasalahan yang dihadapi peserta didik sekolah dasar. Hasil observasi awal di SDN Susukan 04 Pagi menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas III mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak karena minimnya penggunaan media konkret dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sedotan gelas berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar Matematika peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group. Sampel terdiri dari 64 peserta didik yang dipilih melalui teknik saturated sampling. Instrumen berupa Post-Test dengan 10 soal uraian, yang telah diuji validitasnya (product moment) dan reliabilitasnya (Alpha Cronbach). Analisis data dilakukan melalui uji normalitas (Shapiro-Wilk), homogenitas (Levene’s test), uji-t, serta perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh hasil belajar yang secara signifikan lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, dengan nilai effect size yang menunjukkan pengaruh besar. Media sedotan gelas berbasis RME terbukti membantu peserta didik memvisualisasikan dan mengaitkan konsep perkalian dan pembagian dengan konteks nyata, serta mendorong pembelajaran aktif dan pemahaman konseptual yang lebih mendalam.

Kata kunci: efektivitas pembelajaran; hasil belajar; Matematika; media konkret; Realistic Mathematics Education (RME)

References

Abdurohim, R., Wahyudin, D., & Susanti, L. (2025). Research trends on RME and self-confidence in the Mathematics education curriculum. Inovasi Kurikulum, 22(1), 465-492.

Anidar, J. (2017). Teori belajar menurut aliran kognitif serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), 8-16.

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model pembelajaran realistic Mathematics education dalam meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1978-1986.

Aulia, M. R., & Salbiah, S. R. (2025). Pendidikan seumur hidup: Perspektif hadis dan relevansinya dalam konteks modern. Karimah Tauhid, 4(1), 431-449.

Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101-115.

Daulay, I. S. (2024). Pendampingan dalam penggunaan media gelas bilangan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 1001 Batang Bulu. Khidmat Almujtamae: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 17-24.

Febria, B. H., & Rofiqi, M. A. (2025). Upaya guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika (diskalkulia) pada siswa kelas V SDN Gunggung 1. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 29-44.

Hadiapurwa, A., Jaenudin, A. S., Saputra, D. R., Setiawan, B., & Nugraha, H. (2021). The importance of learning motivation of high school students during the COVID-19 pandemic. International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021). 1(1), 1253-1258.

Haque, M. I. Z. U., Fachrezi, M. A., & Hadiapurwa, A. (2024). Gamifikasi Pembelajaran dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 58-70.

Hermawan, D. S., & Dewi, A. K. (2024). Potensi buku sensori berbasis Montessori dan multimodal terhadap perkembangan kognitif balita usia 3-5 tahun. Reka Makna: Jurnal Komunikasi Visual, 4(2), 178-191.

Hidayatullah, D. A., & Zainil, M. (2025). Analisis kesulitan pemahaman konsep pecahan dalam pembelajaran Matematika pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 967-973.

Ilma, M. U., Ismatullah, A., & Rosadi, A. (2025). Pendekatan konstruktivis dalam desain pembelajaran pendidikan agama Islam. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 108-123.

Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225-234.

Iswanda, V. (2025). Analisis kemampuan bernalar Matematika siswa sekolah dasar pada soal cerita materi bangun datar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 19(1), 63-72.

Kanda, A. S., & Rustini, R. (2024). Implementasi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran di MA Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 566-579.

Lestari, R. T., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Analisis strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian di sekolah dasar. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 3(2), 103-111.

Mailani, E., Rarastika, N., Parista, I., Harahap, W. S., Azzahra, M. F., & Aprilia, I. (2025). Strategi pembelajaran Matematika untuk mengatasi kesulitan pemahaman konsep pecahan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, 2(2), 131-135.

Nisa, W. A. (2023). Penggunaan media pembelajaran sedotan (dringking straws) dan kantong dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penalaran dan Riset Matematika, 2(2), 122-126.

Nugroho, I. A., Purbasari, I., & Bakhruddin, A. (2023). Analisis pola kesulitan belajar Matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan pada siswa sekolah dasar. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 182-197.

Nurhaswinda, N., & Parisu, C. Z. L. (2025). Kesulitan belajar Matematika di sekolah dasar dan solusinya. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(1), 50-58.

Nurhikmah, D., Istiningsih, S., Wahyuningsih, B. Y., & Fauzi, A. (2025). Analisis kesulitan pemahaman materi perkalian 10 sampai dengan 20 siswa. Journal of Classroom Action Research, 7(1), 223-235.

Nurlatifah, P. A., Salsabila, A. D., Azizah, L. N., & Nurjanah, N. (2025). Systematic literature review: Penerapan pendekatan realistic mathematic education untuk meningkatkan kompetensi pemecahan masalah pada siswa. Jurnal Jendela Matematika, 3(1), 66-79.

Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 12-34.

Pratiwi, R. J., Djumhana, N., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 195-204.

Rahayu, C., Setiani, W. R., Yulindra, D., & Azzahra, L. (2025). Pendidikan Matematika realistik Indonesia dalam pembelajaran mendalam (deep learning): Tinjauan literatur. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 13(1), 9-25.

Safari, Y., & Syafawani, U. R. (2025). Implementasi model Realistic Mathematics Education (RME) sebagai solusi kontekstual peningkatan hasil belajar Matematika. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 31-45.

Sarnoko, S., Asrowi, A., Gunarhadi, G., & Usodo, B. (2024). An analysis of the application of Problem Based Learning (PBL) model in Mathematics for elementary school students. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 8(1), 188-202.

Sholihah, D. M., Dwi, R., & Mega, S. H. (2024). Pengembangan media congklak bali pada materi perkalian dan pembagian untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 1-10.

Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian di sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003-1016.

Suwarningsih, N. N. (2021). Implementasi model pembelajaran cooperatif learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran Matematika siswa kelas I SD Negeri 1 Seraya Barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 580-593.

Wahyuni, R. S., Tanzimah, T., & Ida, S. (2022). Pengaruh penggunaan media papan perkalian terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 05 Sembawa. Jurnal Sekolah, 6(3), 11-20.

Wathoni, N. (2024). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran konsep Matematika abstrak. Jurnal Ilmiah IPA dan Matematika (JIIM), 2(4), 101-105.

Winanda, D. R., Jumri, R., & Ramadianti, W. (2024). Penggunaan media pecahan untuk pembelajaran Matematika menyenangkan kelas V SDN 65 Kota Bengkulu. Journal of Human and Education (JAHE), 4(3), 553-558.

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301-308.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1-17.

Published

29-08-2025

How to Cite

Azzahra, F., & Supriadi, E. (2025). Effect of RME-based straw and cup media on multiplication and division learning outcomes. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1605-1618. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.78

Similar Articles

1-10 of 62

You may also start an advanced similarity search for this article.