The use of audiobooks as an alternative language learning in elementary school
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v1i1.10aKeywords:
audiobook, foreign language, elementary schoolAbstract
Learning a foreign language is highly recommended to start during childhood, requiring adjustments to learning media for easier understanding. Audiobooks can serve as an alternative in foreign language learning, especially for elementary school students. The aim of this research is to observe the process of using audiobooks in foreign language learning and guide educators to utilize the potential of audiobooks as a varied instructional medium. This study employs a descriptive research method. The results indicate that students using audiobooks experience improved learning outcomes and increased engagement in the learning process. Audiobooks allow students to repeat material until they understand it. However, there are still four challenges in implementation: difficulty in comprehension and letter usage principles, inability to understand what is being read, lack of motivation to read, and not all students have easy access. Therefore, educators play a crucial role as facilitators to enhance students' competencies in learning a foreign language using audiobooks. In conclusion, the use of audiobooks in foreign language learning has positive impacts, but guidance from educators is essential in its implementation.
Abstrak
Belajar bahasa asing sangat dianjurkan untuk dimulai saat individu masih berada dalam usia anak-anak, sehingga perlu penyesuaian terhadap media pembelajaran agar anak-anak lebih mudah memahami bahasa yang dipelajari. Audiobook dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan dalam belajar bahasa asing terutama untuk siswa yang berada dibangku sekolah dasar. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat proses penggunaan audiobook dalam belajar bahasa asing dan juga mengarahkan guru untuk memanfaatkan potensi audiobook sebagai variasi media pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil dari studi pustaka diperoleh bahwa siswa yang menggunakan audiobook mengalami peningkatan hasil belajar dan peningkatan keaktifan dalam pembelajaran, karena dengan audiobook siswa dapat mengulang materi sampai berhasil memahaminya. Selain hal itu, dalam penerapannya masih terdapat empat hambatan yakni, (1) pemahaman yang sulit dan prinsip penggunaan huruf; (2) ketidakmampuan untuk memahami apa yang sedang dibaca; (3) kurangnya motivasi untuk membaca; dan (4) tidak semua peserta didik memiliki akses yang mudah. maka dari itu perlu adanya peran guru sebagai fasilitator supaya dapat meningkatkan kompetensi-kompetensi yang belum terpenuhi siswa dalam belajar bahasa asing menggunakan audiobook tersebut. Kesimpulannya penggunaan audiobook dalam mempelajari bahasa asing mempunyai dampak yang baik, namun dalam penerapannya perlu dibimbing oleh guru.
Kata Kunci: audiobook; bahasa asing; sekolah dasar
References
Alcantud-Díaz, M., & Gregori-Signes, C. (2014). Audiobooks: Improving fluency and instilling literary skills and education for development. Tejuelo. Didáctica de la Lengua y la Literatura, Educación, 20(1), 111-125.
Annisa, M. N., Arista, D., La Udin, Y., & Wargadinata, W. (2023). Pemerolehan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (kajian psikolinguistik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2), 468-484.
Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media pembelajaran masyarakat modern. Jurnal Teknodik, 18(4), 54-62. https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.111
Chang, A. C.-S. (2011). Audiobooks: listening fluency and vocabulary gain. Asian Journal of English Language Teaching, 21(1), 43-64.
Ching, L. S., & Tahar, M. M. (2021). Penggunaan peralatan multisensori buku audio dalam meningkatkan minat murid-murid masalah pembelajaran terhadap membaca. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(1), 530-536.
Desriana, B., & Budiningsih, C. A. (2018). Audiobook pembelajaran mata kuliah literatur berdasarkan perspektif behavioral untuk meningkatkan pemahaman bahasa Jerman. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 140-150.
Dia, A. D. I. S. A., Sari, I., Herman, T., Sopandi, W., & Jupri, A. (2023). A Systematic Literature Review (SLR): Implementasi audiobook pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 661-667.
Fachrurrozi, F., Utami, N. C. M., & Aldian, R. (2021). Pengembangan buku audio digital sebagai media pembelajaran membaca permulaan kelas I Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 17-31. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Imawan, M. R., & Ashadi, A. (2019). Audiobooks for assisting EFL students in reading independently. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(1), 77-86.
Indrawati, I. P. T., Sukanadi, N. L., & Alvionita, N. (2021). Peningkatan keterampilan menyimak berita melalui metode cooperative script pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Denpasar. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 19(2), 160-170.
Indriastuti, F. (2015). Cerita Rakyat Dalam Format Buku Audio Digital Untuk Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknodik, 19(2),183-194. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i2.159
Kartal, G., & Simsek, H. (2017). The effects of audiobooks on EFL students’ listening comprehension. The Reading Matrix: An International Online Journal, 17(1), 112-123.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. Judika: Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23-28.
Mamat, M., Ali, T. I. M. T. M., Hashim, N., & Hazari, N. A. (2021). Buku audio sastera sebagai alternatif pembacaan karya sastera dalam era digital. Jomas: Jurnal Pengajian Melayu, 32(1), 15-28.
Mukhsen, F. (2018). Analisis perspektif mahasiswa PAI FIAI UII terhadap bahasa Inggris dan pengaruhnya pada tingkat kelulusan tes CEPT UII. (Bachelor thesis. Universitas Islam Indonesia.
Nafisah, S., & Budiarso, I. (2022). Pembuatan audio book sebagai implementasi project-based learning dalam pembelajaran english phonology. Sinastra: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra, 1(1), 61-71.
Ningsih, E. M. (2022). Supervisi kolaborasi pemanfaatan media pembelajaran audiobook di SDN Giripurno 2 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 171-181.
Pramitha, O., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan media kartu kata bergambar pahlawan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas 4 di Sekolah Dasar. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 35-145.
Putra, E. A. (2016). Anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se-kelurahan Kalumbuk Padang (penelitian deskriptif kuantitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3), 71-76.
Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., Santosa, M. H., & Adnyani, L. D. S. (2023). Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak abad 21. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Santoso, C. F., Adi, P. N., & Ariyanto, D. (2023). Peningkatan kosakata bahasa mandarin menggunakan audio book pada siswa lamban belajar di SD Aletheia Lumajang. Speed Journal: Journal of Special Education, 7(1), 8-15.
Shaadiqah, R. (2023). Pembuatan audio-book cerita anak sebagai media literasi anak di perpustakaan umum kota padang. (Doctoral dissertation, Fakultas Bahasa dan Seni UNP).
Thooft, N. A. (2011). The effect of audio books on reading comprehension and motivation (Doctoral dissertation, The College of St. Scholastica).
Tusmagambet, B. (2020). Effects of audiobooks on EFL learners' reading development: Focus on fluency and motivation. English Teaching, 75(2), 41-67.
Un'Nisa, K., & Sukarno, C. (2017). Penggunaan model pembelajaran complete sentence dengan media audio untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(8).
Widianti, T., Djuanda, D., & Gusrayani, D. D. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak dengan menerapkan model pembelajaran quantum dalam membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azzahra Rizkia, Muhamad Fahri Hidayatullah, Syahafiz Raju (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.