Development of contextual and AI-based e-learning media to increase poetry writing creativity

Authors

  • Konis Zaitun Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Author
  • Moh. Mu’minin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Author
  • Sri Yanuarsih Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.107

Keywords:

AI, contextual learning, e-learning, poetry writing, teaching media

Abstract

This study aims to develop contextual-based and artificial intelligence (AI)-based e-learning media to enhance the poetry writing creativity of Grade X vocational school students. The background of this study stems from the low ability of students in writing poetry, particularly in terms of diction, imagination, and the use of figurative language. The research employed a 4D development model (define, design, develop, disseminate). The media was developed in the form of an interactive module using Articulate Storyline, equipped with AI features that provide automatic feedback. Validation was conducted by six experts in content, language, and media. Practicality was tested using questionnaires administered to both teachers and students, while effectiveness was assessed through pretest and posttest results. Validation results indicated a high level of validity, with scores exceeding 96 percent. Practicality tests showed results of 92 percent from teachers and 93.36 percent from students. Effectiveness analysis revealed a classical completeness score of 92.86 percent. Based on these findings, the developed e-learning media is categorized as highly valid, practical, and effective for use in poetry writing instruction for Grade X vocational students.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis kontekstual dan berbasis artificial intelligence (AI) guna meningkatkan kreativitas menulis puisi peserta didik kelas X SMK. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis puisi peserta didik, terutama dalam hal diksi, imajinasi, dan pemanfaatan gaya bahasa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Produk media dikembangkan dalam bentuk modul interaktif berbasis Articulate Storyline dan dilengkapi fitur AI untuk memberikan umpan balik otomatis. Validasi dilakukan oleh enam validator yang terdiri atas ahli materi, bahasa, dan media. Uji kepraktisan dilakukan melalui angket kepada pendidik dan peserta didik, sedangkan uji keefektifan dilakukan melalui pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid dengan tingkat kevalidan di atas 96persen. Hasil uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 92 persen dari pendidik dan 93,36 persen dari peserta didik. Hasil uji keefektifan menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 92,86 persen. Berdasarkan hasil tersebut, media e-learning yang dikembangkan tergolong sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di kelas X SMK.

Kata Kunci: AI; e-learning; media pembelajaran; menulis puisi; pembelajaran kontekstual

References

Adnin, I., Sapriya, S., Rahmat, R., Ramadhan, A. R., Manik, K. G. A., Maulana, D. F., ... & Lesmana, T. (2024). Implications of ChatGPT implementation on students' understanding level in Pancasila Education subjects. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2287-2304.

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sma pada pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150-157.

Afifah, L., & Suryani, Y. (2025). Pengaruh model pembelajaran PJBL pada literasi visual multibahasa melalui poster “Anti Bullying” oleh siswa sekolah dasar. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1648-1654.

Alamsyah, B. F., Setiawan, W., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2024). Penerapan pembelajaran “Two Stay-Two Stray” dengan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman Matematika siswa kelas siswa XII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 239-246.

Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran bahasa melalui transformasi digital berbasis e-learning. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 58-66.

Dewi, P. S. (2021). E-Learning: Penerapan project based learning pada mata kuliah Media Pembelajaran. Prisma, 10(1), 97-105.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Muf’idah, L. (2022). Analisis validitas dan reliabilitas dalam mendukung ketuntasan belajar model STEM. Jurnal Buana Pendidikan, 18(1), 49-60.

Fazri, C. A., & Abror, M. (2025). Strategi peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI melalui penggunaan video visual bertema kerusakan alam. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 368-379.

Guntoro, S. N., Siswanti, H., Aldiansyah, S. D., Agustin, A., Prasetyo, A. N., & Amina, N. R. (2022). Pengembangan materi dan media pembelajaran di SDN Bogokidul Kediri dengan e-learning YouTube dan Instagram. Prapanca: Jurnal Abdimas, 2(1), 44-50.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis web pada matakuliah Profesi Kependidikan STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189.

Ilham, I., Syaharuddin, S., Irwandi, I., & Rahmaniah, R. (2025). Peningkatan keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa melalui pelatihan berbasis artificial intelligence. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(2), 717-724.

Inzaghi, R., Cahyani, A. D., Valenda, V., Ananda, M. A., & Pratama, D. (2024). Analisis penerapan Artificial Intelligence (AI) di berbagai bidang. Jurnal Rekayasa Informatika, 1(1), 36-45.

Ivan, A., Mugara, R., & Puspita, D. R. (2022). Keterampilan menulis deskripsi sekolah dasar kelas tinggi menggunakan model pembelajaran kontekstual. Journal of Elementary Education, 5(2), 409-413.

Kaniawati, E., Mardani, M. E., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 18-32.

Kiuk, Y., Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui strategi PLEASE. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10-17.

Mardiana, T., & Hajron, K. H. (2024). Efektivitas teknologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika: A systematic literature review. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 10(2), 102-116.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.

Mustika, W. P., Badrul, M., Sihombing, E. G., & Rinawati, R. (2024). Pelatihan pembuatan presentasi berbasis artificial intelligence menggunakan Wepik pada unit kerja Yayasan Kopia Raya Insani. Publikasi Pengabdian Masyarakat Komputer dan Teknologi (Pundimaskot), 3(2), 8-14.

Nisa, H. S. H., Prasetyo, T., & Febriani, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran e-learning untuk anak sekolah dasar: Analisis studi literatur. JIPSD, 1(2), 73-86.

Patindra, G. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelegence (AI) ChatGPT dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 891-900.

Pontjowulan, P. (2025). Revitalisasi literasi membaca dan menulis sebagai strategi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK menghadapi tantangan abad 21. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 3(3), 222-231.

Raga, M. Y., Noge, M. D., Sayangan, Y. V., & Wau, M. P. (2024). Efektifitas gerakan agroliterasi melalui kegiatan outing class untuk meningkatkan kreativitas menulis peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 242-250.

Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1), 89-96.

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2022). Upaya meningkatkan berpikir kritis dan mengefektifkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 427-433.

Rahmawati, S. D., Setiadi, D., & Agustiani, T. (2025). Pengaruh model pembelajaran Arias terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X di SMK IT AL-Junaediyah. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1), 114-128.

Rindiani, S., Deliani, S., & Muliatik, S. (2023). Kemampuan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(2), 150-156.

Rusdiana, R., & AR, M. R. (2024). Pemanfaatan model pembelajaran e-learning berbasis Artificial Intelegent (AI) pada pendidikan Islam. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 69-84.

Susanto, M. A., Sandi, E. A., & Shofiani, A. K. A. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dan kreativitas menulis cerpen peserta didik program sekolah penggerak angkatan pertama jenjang SMP Kota Probolinggo. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 181-190.

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.

Wibawa, G. P. R., Wisnu, I. W. G., & Paryatna, I. B. M. L. (2025). Meningkatkan kemampuan menulis puisi menggunakan metode drill dengan teknik akrostik siswa SMK 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 12(1), 51-60.

Wirahyuni, K., Anjani, A. H., & Wisudariani, N. M. R. (2021). Validitas perangkat pembelajaran teks puisi berorientasi pembelajaran e-learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 73-82.

Published

29-08-2025

How to Cite

Zaitun, K., Mu’minin, M., & Yanuarsih, S. (2025). Development of contextual and AI-based e-learning media to increase poetry writing creativity. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1771-1784. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.107

Similar Articles

41-50 of 61

You may also start an advanced similarity search for this article.