Effectiveness of Genially interactive media in improving presentation competence of elementary school students

Authors

  • Rina Indrawaty IKIP Siliwangi Author
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi Author
  • Reka Yuda Mahardika IKIP Siliwangi Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.142

Keywords:

Genially, presentation competence, Interactive media

Abstract

Genially media, with all its advantages, is one of the reliable alternatives to address the challenges of modern education, particularly in creating innovative, enjoyable, and meaningful learning experiences for students. This study aims to measure the effectiveness of Genially interactive media in improving the presentation skills of fifth-grade elementary school students. The method used is quasi-experimental with a one-group pretest-posttest design. Participants consisted of 29 students selected through purposive sampling. Data were collected through presentation tests before (pretest) and after (posttest) the intervention using Genially over three sessions. Data analysis utilized the Shapiro-Wilk test for normality and the Wilcoxon Signed-Rank test to measure the significance of improvement. The results showed an average increase in presentation scores from 61.21 (pretest) to 84.48 (posttest) with significance at 0.001. These findings prove that Genially is effective in improving students' presentation competencies, supporting constructivism theory and multimedia-based learning. The implications of this study emphasize the importance of integrating digital media into the elementary school curriculum. Genially media not only serves as a learning aid but also as an effective tool in comprehensively improving presentation skills among elementary school students.

 

Abstrak

Media Genially dengan semua keunggulannya menjadi salah satu alternatif yang dapat diandalkan untuk menjawab tantangan pendidikan modern, khususnya dalam menciptakan pengalaman belajar yang inovatif, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media interaktif Genially dalam meningkatkan kompetensi presentasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Partisipan terdiri dari 29 peserta didik yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui tes presentasi sebelum (pretest) dan setelah (posttest) intervensi menggunakan Genially selama tiga pertemuan. Analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk untuk normalitas dan uji Wilcoxon Signed-Rank untuk mengukur signifikansi peningkatan. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata skor presentasi dari 61,21 (pretest) menjadi 84,48 (posttest) dengan signifikansi 0,001. Temuan ini membuktikan bahwa Genially efektif dalam meningkatkan kompetensi presentasi peserta didik, mendukung teori konstruktivisme dan pembelajaran berbasis multimedia. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya integrasi media digital dalam kurikulum sekolah dasar. Media Genially tidak hanya berperan sebagai alat bantu pembelajaran, tetapi juga sebagai sarana yang efektif dalam meningkatkan keterampilan presentasi secara menyeluruh pada peserta didik SD.

Kata Kunci: Genially; kompetensi presentasi; media interaktif

References

Azizah, F. A., Nawir, M., & Nasir, N. (2025). Pengaruh media Genially berbasis gamifikasi terhadap hasil belajar kognitif siswa ilmu pengetahuan alam SDN 170 Rumpia Kabupaten Wajo. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 428-438.

Barrera, P., & Maier, H. (2024). Implementation of Genially as a strategy in the teaching-learning process of Natural Sciences. Mendive-Revista de Educacion, 22(3), 1-15.

Cantika, V. M., Khaerunnisa, L., & Yustikarini, R. (2022). Merdeka curriculum implementation at Wonoayu 1 Junior High School as sekolah penggerak. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(2), 175-188.

Dewi, N. A., & Setiyaningsih, D. (2025). Pengaruh Media Genially terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 269-280.

Fadilah, A. N., & Kusdiyanti, H. (2023). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pengembangan media pembelajaran berbasis Genially. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 153-162.

Fahrudin, A., & Pamungkas, A. D. (2022). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan keterampilan pembuatan e-presentation dengan aplikasi Canva for Education. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, dan Karsa, 1(3), 76-81.

Fyfield, M., Henderson, M., & Phillips, M. (2022). Improving instructional video design: A systematic review. Australasian Journal of Educational Technology, 38(3), 155-183.

Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., Anggoro, S., & Diniya, D. (2022). Elementary teachers' perceptions on Genially learning media using Item Response Theory (IRT). Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(1) 1-20.

Luthfia, D., Irdiyansyah, I., & Mirawati, M. (2025). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Genially pada materi kerjasama di lingkunganku. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 4(2), 64-82.

Luthfiyah, H., Suciptaningsih, O. A., & Mas' ula, S. (2025). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran IPAS: Studi kasus penggunaan Genially pada materi ekosistem kelas 3 SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6156-6163.

Maharani, A. P., & Nasution, I. S. (2025). Pengaruh media pembelajaran berbasis web Genially terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3488-3493.

Manurung, P. (2020). Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12.

Melnytska, О., & Kudelska, O. (2024). Developing grammar competence in secondary school students via interactive apps (Bamboozle, Quizziz, Genially). Journal of Cross-Cultural Education, 1(4), 22-29.

Nurhalifah, S., & Falah, I. F. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Genially untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam PPKN kelas IV SDN 2 Puteran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 655-664.

Nursianda, A., Aulianti, F., Azzahra, F. D., & Jidan, H. (2025). Kurikulum merdeka: Based accounting learning at SMK Negeri 1 Bandung. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 29-46.

Politi, M. T., Ferreira, J. C., & Patino, C. M. (2021). Nonparametric statistical tests: friend or foe?. Jornal Brasileiro de Pneumologia, 47(4), 1-12.

Pradana, S. (2025). Efektivitas penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Dasar, 1(1), 33-39.

Prasetyo, A., Hazmin, G., Muchran, M., & Nugroho, G. S. (2023). Meningkatkan keterampilan public speaking untuk meningkatkan kemampuan komunikasi di depan umum. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 192-198.

Rahayu, W. P., Hidayat, R., Zutiasari, I., Rusmana, D., Indarwati, R. A. A., & Zumroh, S. (2023). Peningkatan kemampuan membuat media pembelajaran dengan bantuan website Genially pada guru-guru SMK Islam Batu. Portal Riset dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima), 2(3), 1-8.

Ramadhan, D. A., Segara, N. B., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2025). Pemanfaatan Canva sebagai sarana presentasi terhadap kemampuan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Unesa 1 Labschool Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 98-108.

Rinjani, S. (2024). Implementasi Media Genially dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa PBSI UIN Jakarta. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 57-64.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Saputri, D. M. A., Widodo, J. P., & Wibowo, S. (2024). The effect of Genially website-based gamification media on History learning motivation. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan dan Humaniora), 8(2), 1320-1326.

Selly, J. B., & Devi, R. A. (2025). Pengaruh penggunaan platform Genially terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem mata pelajaran IPAS kelas 3 di SD Inpres Osmok. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 402-412.

Shalimar, A. K., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis problem solving menggunakan Aplikasi Genially pada materi bangun datar kelas V. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 12(2), 272-290.

Sintya, D. D., & Utami, N. C. M. (2025). Peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui active learning tipe true or false pada siswa kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 200-218.

Suspito, M. A., Churiyah, M., Arief, M., & Basuki, A. (2023). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa tingkat SMK menggunakan media pembelajaran Genially: Improving independence and learning outcomes of vocational level students using Genially learning media. Efektor, 10(2), 207-219.

Utami, P. (2025). Peningkatan kompetensi pembuatan media presentasi interaktif berbasis teknologi digital (Canva) bagi mahasiswa kesehatan masyarakat. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 4(3), 201-211.

Wulandari, P. A. M., & Anggraini, N. (2025). Pembelajaran berdeferensiasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Carong: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(1), 108-116.

Yusuf, M. (2025). Flipped classroom: Revolusi pengajaran dalam meningkatkan partisipasi siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 4(1), 27-44.

Zulaichah, L., Pristiani, R., & Suciptaningsih, O. A. (2025). Inovasi bahan ajar berbasis Genially untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa SD dalam pembelajaran ekosistem: Studi pengembangan bahan ajar IPAS Kelas III SDN Percobaan 2 Kota Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 468-476.

Published

28-11-2025

Similar Articles

21-30 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.