Development of digital teaching materials in English subject at senior high school
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.96Keywords:
digital materials, English, Google Sites, learning outcomesAbstract
The use of digital teaching materials continues to evolve with advancements in information technology. This study aims to identify students’ needs, design digital teaching materials using Google Sites, assess their validity, measure practicality, and test effectiveness. The Research and Development (RnD) method was used, integrating three development models: ADDIE, 4D, and Dick and Carey. The resulting stages included define, design, development, implementation, evaluation, and dissemination. The research was conducted at SMA Negeri 1 Sinjai, involving 30 students, one subject teacher, and two expert validators (media and content). Data were collected through questionnaires and learning tests. The digital teaching material developed is an online learning website based on Google Sites, designed to be interactive, responsive, and user-friendly. The results showed that the digital teaching materials were rated as highly valid and very practical, based on student and teacher feedback, and effective, as indicated by student activity observations and post-test results. This digital teaching material is designed to serve as an innovative alternative, supporting a more interactive and meaningful learning process.
Abstrak
Pemanfaatan bahan ajar digital dalam proses pembelajaran terus berkembang seiring kemajuan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa terhadap bahan ajar digital, merancang bahan ajar digital berbasis google sites, menilai tingkat validitas, mengukur kepraktisan, dan menguji keefektifan bahan ajar tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD), dengan menggabungkan tiga model pengembangan yaitu ADDIE, 4D, dan Dick and Carey. Tahapan yang dihasilkan meliputi define, design, development, implementation, evaluation, dan disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sinjai dengan melibatkan 30 siswa, 1 guru mata pelajaran, serta 2 validator (ahli media dan materi). Pengumpulan data menggunakan angket dan tes belajar. Bahan ajar digital yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa sebuah situs pembelajaran berbasis google sites yang dapat diakses secara daring oleh siswa maupun guru. Situs ini dirancang dengan pendekatan yang interaktif, responsif, dan mudah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar digital pada kategori sangat valid serta kategori sangat praktis berdasarkan respons siswa dan respons guru, dan kategori efektif pada observasi aktivitas siswa dan ketuntasan posttest. Pengembangan bahan ajar digital ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan bermakna.
Kata Kunci: bahan ajar digital; bahasa Inggris; Google Sites; hasil belajar
References
Adhaningrum, S. A., & Muzammil, L. (2020). Pengembangan bahan ajar IPS kontekstual tema wirausaha di kelas 6 sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 15(1), 41-52.
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran Google Sites dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20-31.
Ali, S. S. (2019). Problem based learning: A student-centered approach. English Language Teaching, 12(5), 73-78.
Aliyeva, G. B. (2023). The use of e-learning tools for teaching English in high school. E-Learning Innovations Journal, 1(2), 39-67.
Almujab, S. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi: Pendekatan efektif dalam menjawab kebutuhan diversitas siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 148-165.
Aminuddin, H., Nurhikmah H, N. H., Haling, A., & Rosihan, R. (2021). Pengembangan bahan ajar digital pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 12 Makassar. Patria Artha Technological Journal, 5(1), 58-63.
Aulia, D., Kaspul, K., & Riefani, M. K. (2021). Google Sites as a learning media in the 21st century on the protists consept. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 173-178.
Denisa, S. B., & Astimar, N. (2024). Pengembangan media flipbook digital menggunakan aplikasi Heyzine pada pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 777-787.
Dewi, N. C. (2020). Pengembangan e-learning berbasis Google Sites untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 210-216.
Ernest, I. Z. (2023). The use of Google Sites-based electronic modules in science learning against digital literacy of junior high school students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2), 293-304.
Firmansyah, Y., Sudarman, S., Partha, M. N., & Rahayu, V. P. (2023). Pengembangan Media pembelajaran berbasis web Google Sites pada mata pelajaran Ekonomi. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 5(1), 11-20.
Glogger-Frey, I., Deutscher, M., & Renkl, A. (2018). Student teachers' prior knowledge as prerequisite to learn how to assess pupils' learning strategies. Teaching and Teacher Education, 76(1), 227-241.
Hadiapurwa, A., Listiana, A., & Efendi, E. E. (2021). Digital flipbook as a learning media to improve visual literacy for 4th grade students at SDN Abdi Negara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 10(1), 8-13.
Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.
Hasyim, N., Arismunandar, Butarbutar, R., Ramli, A. M., & Malik Nur, I. D. (2024). Mind mapping of teachers’ readiness for online teaching and learning: A reflective study of urban and suburban areas. Cogent Education, 11(1), 1-14.
Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi peran guru di era digital: Tantangan dan peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154-167.
Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Google Sites terhadap hasil belajar siswa pada masa COVID-19 di SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 100-107.
Landingin, Q. K. C., Sarmiento, M. D., Turinga, J. R. C., & Corpuz, P. J. C. (2023). The clinical skills laboratory as a learning environment among nursing students: An analysis. Salettinian Open Academic Review, 5(1), 1-10.
Meiliyadi, L. A. D., Arizona, K., Wahyudi, M., Prahastiwi, R. B., & Anggraeni, D. M. (2025). Pelatihan pembelajaran berbasis Google Sites untuk meningkatkan kompetensi calon guru Fisika Universitas Islam Negeri Mataram. Al Hayat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11-21.
Mukhtar, R. U., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 873-886.
Mukti, W. M., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan Google Sites pada materi listrik statis. FKIP e-Proceeding, 5(1), 51-59.
Mulyono, M., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Digitalisasi pendidikan: Peluang dan tantangan dalam peningkatan kualitas di SMK PSM Randublatung. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 470-475.
Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web Google Sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135-146.
Nurhikmah H., Hakim, A., Kuswadi, D., Sulfianti, S., & Sujarwo, S. (2021). Developing online teaching materials for science subject during COVID-19 era. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(8), 1198-1206.
Nurussalma, S., Yuniastuti, A., Mustikaningtyas, D., & Parmin, P. (2024). Analysis of the validity and readability of Google Sites learning media with a STEM approach on mutation material to improve student critical thinking skills. Unnes Science Education Journal, 13(2), 94-100.
Nuzalifa, Y. U. (2021). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis lesson study sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48-57.
Panah, E., Ee, N. L., Matsom, H., & Jalil, N. A. M. (2022). ESL students’ use of Google Sites in language learning through heutagogy approach. Asian TESOL Journal, 2(1), 30-39.
Pattaufi, P., & Arnidah, A. (2019). Pengaruh pemanfaatan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”, 1(1), 1-10.
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan media Google Site dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas belajar peserta didik sekolah dasar. Akademika, 11(1), 163-172.
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan e-modul berbasis HOTS berbantuan Flipbook Maker sebagai bahan ajar alternatif siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247-254.
Rais, M., Hidayat, M. A., & Rahman, K. (2021). Peningkatan manajemen konten pembelajaran daring berbasis LMS Moodle bagi guru SMKN 4 Gowa. Pengabdi: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-47.
Sirozi, M. (2024). Mengatasi tantangan pembelajaran berbasis digital dengan prinsip-prinsip dan tahapan perencanaan yang tepat. Unisan Jurnal, 3(5), 71-82.
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan bahan ajar digital gerak melingkar berbantuan scratch berbasis science, technology, engineering, and mathematics. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 284-290.
Sundari, & Fauziati, E. (2021). Implikasi teori belajar bruner dalam model pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Papeda:Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128-136.
Syah, R. F., Rusimamto, P. W., Sumbawati, M. S., & Rijanto, T. (2024). Efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites Terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(2), 97-103.
Thurm, D., & Barzel, B. (2022). Teaching Mathematics with technology: A multidimensional analysis of teacher beliefs. Educational Studies in Mathematics, 109(1), 41-63.
Wicaksono, V. D., & Paksi, H. P. (2023). Google Sites as ICT learning in Indonesia: The benefits and implementation. KnE Social Sciences, 1(1), 266-289.
Yanto, R., Waskito, W., Effendi, H., & Purwanto, W. (2023). Development of web-based learning media using Google Sites in vocational high school informatics subjects. Journal of Vocational Education Studies, 6(1), 11-24.
Yoga, A. T., & Ilmi, N. B. (2024). Pengembangan aplikasi mobile math diffelearn materi aritmatika sosial berdasarkan gaya belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(3), 275-285.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Supriandi, Muhammad Rais, Awaluddin Muin, Nurhikmah H, Bahri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.