Development of DINA character-based materials to improve Pancasila learning outcomes
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.49Keywords:
DINA character, environmental care, learning outcomes, Pancasila education, teaching materialsAbstract
The low level of student engagement in learning and the dominant use of lecture and memorization methods, which are less effective in shaping students' understanding and character, are the background to this research. This research aims to develop DINA character-based Pancasila Education teaching materials in Christianity to improve the learning outcomes of second-grade elementary school students on the theme of environmental care. This research uses the Research and Development (RnD) method with a 4D development model approach, which consists of the stages of define, design, develop, and disseminate. Data collection instruments include observation, interviews, tests, and validation questionnaires, which are developed by experts, comprising design experts, linguists, and material experts. The validation results indicate that the developed teaching materials are highly suitable for use in learning, as they meet the eligibility criteria from various aspects. The practicality of the teaching materials is also evident through positive responses from students and teachers, who find the materials interesting, easy to use, and relevant to everyday life. The effectiveness of the teaching materials is demonstrated by an increase in students' ability to understand the material, as well as positive changes in their attitudes and behaviors regarding environmental care that align with DINA character values, such as responsibility, simplicity, and sincerity. Learning becomes more enjoyable and contextual through the integration of visuals, stories, and exploratory activities. This study recommends that the development of character-based teaching materials, such as DINA, be continued and implemented in other subjects to strengthen character education from an early age.
Abstrak
Rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran serta dominannya penggunaan metode ceramah dan hafalan yang kurang efektif dalam membentuk pemahaman dan karakter peserta didik menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pendidikan Pancasila berbasis karakter DINA dalam Katolik guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD pada tema peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan pendekatan model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahapan define, design, develop, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes, serta angket validasi oleh para ahli yang terdiri atas ahli desain, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi kriteria kelayakan dari berbagai aspek. Kepraktisan bahan ajar juga diperoleh melalui tanggapan positif peserta didik dan guru yang menilai bahan ajar menarik, mudah digunakan, serta relevan dengan kehidupan sehari-hari. Efektivitas bahan ajar ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami materi, serta adanya perubahan positif dalam sikap dan perilaku peduli lingkungan yang sejalan dengan nilai-nilai karakter DINA seperti tanggung jawab, kesederhanaan, dan ketulusan. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan kontekstual melalui integrasi visual, cerita, dan aktivitas eksploratif. Penelitian ini merekomendasikan agar pengembangan bahan ajar berbasis karakter seperti DINA terus dilakukan dan diterapkan dalam mata pelajaran lain untuk memperkuat pendidikan karakter sejak dini.
Kata Kunci: bahan ajar; hasil belajar; karakter DINA; peduli lingkungan; pendidikan Pancasila
References
Adiyatma, F. M., Nurhasanah, N., & Saputra, H. H. (2023). Implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas V SD negeri 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2229-2234.
Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 1-16.
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76-87.
Andrade, M. J. De L. S., Silva, K. R. O. Da, Gama, M. S. Dos S., Souza, T. A. B. De, & Álvares, E. B. De S. O. (2021). An Analysis on the advancement of technologies and the presence of technological resources in teaching practice. IJS - International Journal of Sciences, 2(2), 01-04.
Arifah, S., Arnidah, A., & Haling, A. (2023). Development of character education digital book students class VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene. Inovasi Kurikulum, 20(2), 289-304.
Asnita, A. (2020). Pengembangan bahan ajar PKN berbasis neurosains pada siswa kelas III sekolah dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 89-104.
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183-193.
Bagli, H., & Serifoglu, T. E. T. (2022). Product hacking as a systematic intervention: Towards new strategies and platforms in design education. International Journal of Technology and Design Education, 32(4), 2319-2342.
Broto, F. S. W. W., Suganda, T. R., & Taneo, S. Y. M. (2021). Pembuatan modul pendidikan karakter. Asawika: Media Sosialisasi Abdimas Widya Karya, 6(1), 1-6.
Fajariyani, F., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengembangan digitalisasi bahan ajar tematik berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas VI sekolah dasar. Tuladha: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 139-163.
Febriyani, S., & Isnawati, F. (2022). Penilaian otentik pada pendidikan karakter. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(2), 14-17.
Firayanti, F., Rahmanpiu, R., & Musta, R. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 47-57.
Firmansyah, F. A. A. (2020). Peran orang tua dan guru untuk mengembangkan perilaku moral dan religiusitas remaja. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 3(2), 177-186.
Firmansyah, M. C., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa sesuai nilai Pancasila di era globalisasi. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 9(1), 10-22.
Ginting, H. (2021). Pemanfaatan media belajar berbasis Canva pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 47-52.
Hadiapurwa, A., Ali, M., Ropo, E., & Hernawan, A. H. (2024). Teacher effort in strengthening student’s thinking skill and awareness upon environment conservation: PLS-SEM of Climate Change Education (CCE) study. International Journal of Environmental Impacts, 7(1), 111-119.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan teknologi dan media pembelajaran bagi siswa sekolah dasar di dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65.
Hidayat, M., Rozak, R. W. A., Hakam, K. A., Kembara, M. D., & Parhan, M. (2022). Character education in Indonesia: How is it internalized and implemented in virtual learning?. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(1), 186-198.
Idris, M. (2021). Pengembangan kurikulum dengan pendekatan model taksonomi Bloom dua dimensi. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 120-137.
Indrawan, I. K. A., & Dibia, K. (2021). Motivasi berprestasi dan minat dalam belajar mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V. Mimbar Ilmu, 26(3), 408-416.
Isfahani, H., Hutasuhut, S., & Siregar, Z. (2023). Pengembangan bahan ajar digital berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 367-377.
Jadiddah, I. T. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis komik di MIN 1 Kota Palembang. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 334-340.
Kandemir, I., & Cicek, K. (2023). Development an instructional design model selection approach for maritime education and training using fuzzy axiomatic design. Education and Information Technologies, 28(9), 11291-11312.
Malik, A. (2020). Membumikan ideologi Pancasila melalui pendidikan Pancasila sebagai upaya membangkitkan nasionalisme. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 101-108.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.
Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48.
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2020). Peran guru PPKn sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Civics: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 127-131.
Rahmawati, N. W., Sahari, S., & Zunaidah, F. N. (2023). Pengembangan bahan ajar “temuan” berbasis multimedia interaktif siswa kelas V sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 155-169.
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan karakter bangsa sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696-711.
Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.
Shamsuddin, N., & Kaur, J. (2020). Students' learning style and its effect on blended learning, does it matter?. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 195-202.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar Pancasila berbantuan platform merdeka mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155-167.
Titussiana, T. (2021). Meningkatkan kemampuan kognitif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) materi perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melalui model pembelajaran think pair share. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 51-60.
Yanti, F. (2021). Pengembangan bahan ajar inovatif berbasis saintifik pada materi analisis gravimetri. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4263-4273.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susanna Br. Ginting, Reh Bungana Br. Perangin-angin, Wildansyah Lubis (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.