Development of problem-solving-based worksheets to improve critical thinking skills in IPAS subjects
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.69Keywords:
critical thinking, development learning media, innovative learning media, problem solving, student worksheetAbstract
Student Worksheets (Lembar Kerja Peserta Didik or LKPD) are currently being developed into innovative learning media and play a crucial role in supporting the 21st-century learning process, particularly in enhancing critical thinking skills for students. This study aims to develop problem-solving-based LKPD that can improve critical thinking skills in science in grade IV of elementary school/Islamic elementary school. The need for this LKPD is supported by the low critical thinking skills of students today, as well as the importance of active and meaningful learning to face the challenges of 21st-century education. The research method used is development research with the ADDIE model, which includes the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research sample was taken by simple random sampling from grade IV students of the elementary school/Islamic elementary school in two schools, with a pretest-posttest control group experimental design. The results of the study showed that the critical thinking scores of students who used problem-solving-based LKPD increased significantly from the average pretest and posttest scores. In contrast, students who used conventional methods only experienced a smaller increase. Based on these results, it can be concluded that the development of problem-solving-based LKPD is effective in improving students' critical thinking skills, so it is recommended for use as an innovative teaching material.
Abstrak
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) saat ini berkembang menjadi media pembelajaran yang inovatif dan sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran abad 21, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem solving yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD/MI. Kebutuhan terhadap LKPD ini didukung oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik saat ini, serta pentingnya pembelajaran yang aktif dan bermakna untuk menghadapi tantangan pendidikan abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling dari peserta didik kelas IV SD/MI di dua sekolah, dengan desain eksperimen pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor berpikir kritis peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis problem solving meningkat secara signifikan dari nilai rata-rata pretest dan posttest, sedangkan peserta didik yang menggunakan metode konvensional hanya mengalami kenaikan lebih sedikit. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, sehingga direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan ajar yang inovatif.
Kata Kunci: berpikir kritis; inovasi media pembelajaran; lembar kerja peserta didik; pemecahan masalah; pengembangan media pembelajaran
References
Aedi, G. W. (2020). Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika dengan pendekatan problem solving. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 70-75.
Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33-44.
Aminah, S. (2025). Stimulasi kemampuan metakognitif pada anak usia dini melalui aktivitas reflektif berbasis bermain. Journal of Early Childhood Education Studies, 5(1), 3-10.
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis pentingnya keterampilan berpikir kritis terhadap pembelajaran bagi siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664-669.
Bintang, P., Ristiani, L., Lestari, H., & Walid, A. (2023). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS (analisis kuantitatif). Comserva Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(9), 1916-1923.
Fajriah, N. D., Mulyadi, D., & Hadiapurwa, A. (2021). An effective learning model when SBTJJ is implemented in a pandemic period for junior high school students. Mimbar Pendidikan, 6(1), 24-37.
Fauziyah, R., Budimansyah, D., & Muthaqin, D. I. (2020). Penguatan pendidikan karakter untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Civicus, 20(1), 15-25.
Fitriani, S. S. A & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 21-36.
Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.
Harun, P., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan berpikir kritis: Hubungan dan dampak dalam pengambilan keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), 164-173.
Lailiyah, Nur, N., & Widiyono, A . (2023). Pengembangan media diorama berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Basica: Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95-108.
Meha, N., Armanto, D., & Sutopo, A. (2025). Developing student worksheets (LKPD) based on Problem-Based Learning (PBL) to improve students' learning outcomes. Inovasi Kurikulum, 22(2), 847-860.
Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas e-modul sistem pencernaan berbasis problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 5(1), 36-47.
Pitriyana, S., & Arafatun, S. K. (2022). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD Kelas VI. Cendekiawan, 4(2), 141-153.
Pratiwi, I., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IV Mi Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1-5.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894-908.
Puspitasari, E. D. & Purbosari, P. P. (2021). Karakteristik bahan ajar pengembangan. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 141-146.
Putra, W. P., Gunamantha, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Pengembangan E-LKPD HOTS dalam meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 169-180.
Rahman H. H., Maulana, A., Samosir, D.S., & Syahrial, S. (2024). Perkembangan kognitif pada anak sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2), 120-125.
Rahmasari, R., Harahap, S. A., & Herdyana, T. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran tematik di kelas V SD Islam Terpadu NU Tanjung Baru TA 2022-2023. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 4(1), 51-55.
Raudoh, R. (2023). Lembar kerja peserta didik (LKPD) IPAS SMK materi makhluk hidup dan lingkungannya. Jurnal Bionatural, 10(1), 116-122.
Renda, N. T. (2019). Penerapan model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 248-257.
Ritonga, Priscila, A., Andini, Putri, N., & Layla, L. (2022). Pengembangan bahan ajaran media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343-348.
Rozali, D., Suyanti, R. D., & Dewi, R. (2024). Development of science LKPD based on inquiry training on HOTS-science literacy skills. Inovasi Kurikulum, 21(2), 1099-1112.
Salsabila, Rakhma, Y., & Muqowim, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme Lev Vygotsky dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 813-827.
Sapitri, Ardana, & Gunamantha. (2022). Pengembangan LKPD berbasis pemecahan masalah dengan pendekatan 4C untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24-32.
Sofiana, E., Roesminingsih, M. V., & Widodo, B. S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis “problem solving” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi dinamika kependudukan di Indonesia. Jurnal Education and Development, 9(1), 285-293.
Sukmawati, I. & Ghofur, M. A. (2023). Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning terintegrasi keterampilan 4C untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1020-1033.
Susanti, S., Pomalato, S. W. D., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menggunakan multimedia interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37-46.
Susilawati, E., Hamidah, I., Rustaman, N., & Liliawati, W. (2024). Problem solving learning in science education: A systematic literature review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 548-558.
Utami, S. (2022). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan problem solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 255-262.
Wirasti, R. M. K., Widyaningrum, R., Ariyanto, D. L., & Fitrianzah, S. (2024). Penguatan kompetensi guru SD dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui pendampingan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(4), 467-476.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmasari Resti Khoirina, Chairul Amriyah, Rahma Diani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.