Effect of classical guidance services on self-confidence of grade XI vocational students

Authors

  • Muhamad Arfan Muharam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Author
  • Dwi Dasalinda Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.89

Keywords:

character development, classical guidance, counseling services, self-confidence, students

Abstract

This study was motivated by the low self-confidence of students in facing academic and social challenges in the school environment. Classical guidance services were chosen as an intervention, as they are considered capable of holistically strengthening students’ psychological aspects. This study aimed to examine the effect of classical guidance services on enhancing students' self-confidence. A quantitative approach was employed using a one-group pretest-posttest design. The participants were 22 eleventh-grade students at SMK Islam Malahayati. The research instrument was a self-confidence questionnaire developed based on Lauster’s five key aspects: self-belief, optimism, objectivity, responsibility, and rational thinking. Data were analyzed using a paired sample t-test to assess pre- and post-treatment differences, with effect sizes calculated using Cohen’s d and Hedges’ g. The findings revealed that classical guidance had a positive impact on increasing students’ self-confidence. Students showed improvement in their belief in self-ability, optimistic attitudes, objective self-assessment, a sense of responsibility, and rational decision-making. These results were supported by statistical analysis and aligned with findings from previous studies. Therefore, classical guidance proved to be an effective approach for fostering positive attitudes and preparing students to face future challenges. 

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi tantangan akademik dan sosial di lingkungan sekolah. Layanan bimbingan klasikal dipilih sebagai intervensi untuk mengatasi permasalahan tersebut karena diyakini mampu memperkuat aspek-aspek psikologis peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMK Islam Malahayati yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket kepercayaan diri yang dikembangkan berdasarkan lima aspek utama menurut teori Lauster, yaitu keyakinan diri, sikap optimis, objektivitas, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir rasional. Data dianalisis menggunakan paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah layanan, serta dihitung ukuran efeknya menggunakan Cohen’s d dan Hedges’ g. Temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik. Peserta didik menunjukkan perkembangan dalam aspek keyakinan diri, sikap optimis, objektivitas dalam menilai diri, kemampuan bertanggung jawab, dan berpikir rasional. Hasil ini diperkuat dengan data statistik dan pembandingan dengan hasil penelitian sebelumnya yang sejalan. Layanan bimbingan klasikal terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam membentuk sikap positif dan kesiapan peserta didik dalam menghadapi tantangan masa depan.

Kata Kunci: bimbingan klasikal; kepercayaan diri; layanan bimbingan; pembentukan karakter; peserta didik

References

Agustina, S. (2024). Pengembangan dan pengukuran psikometrik inventori perencanaan karier siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis analisis rasch model. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 131-142.

Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1-15.

Andriati, N. (2015). Pengembangan model bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 36-42.

Ariati, P. (2021). Meningkatkan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah melalui layanan bimbingan klasikal pada siswa kelas 7A SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 307-317.

Astuti, R. H. Y., Suhendri, S., & Indraswati, V. (2024). Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX H melalui bimbingan klasikal model problem based learning di SMP Negeri 1 Semarang. Educatio, 19(1), 200-209.

Audrey, A. W., Murfiyana, Y. A., Muzaki, A., & Anjarsari, R. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mendukung karir siswa SMK N 3 Metro melalui program BMW. Pandu: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(4), 36-44.

Aziz, A., & Supriyadi, E. (2022). Upaya memberikan infomasi kepada siswa tehadap bimbingan dan konseling melalui layanan bimbingan klasikal bagi seluruh siswa SMP Islam Nurul Yaqin. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(1), 15-24.

Bakhtiar, N. B., Aryani, F., Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2022). Pengaruh layanan bimbingan klasikal berbasis problem based learning terhadap kepercayaan diri siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 3(2), 69-82.

Darmawani, E. (2018). Metode ekspositori dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30-44.

Dewita, E. N. (2021). Penerapan teknik eksperiential learning melalui layanan bimbingan klasikal untuk mengembangkan potensi diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Sekadau Hilir tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 1(1), 1-6.

Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15-31.

Faisal, M. A. (2019). Analisis keputusan lulusan sekolah menengah kejuruan melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8(2), 175-183.

Halmahera, A. D. S., Pratanti, A. D., Benardy, D. C. S., & Huda, S. (2024). Pelaksanaan bimbingan klasikal yang berpihak pada peserta didik: tinjauan terhadap metode, praktik dan tantangan. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 8(2), 149-161.

Haryani, H. (2018). Meningkatkan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan layanan bimbingan klasikal (RPL BK) melalui supervisi akademik bagi guru bimbingan konseling di Kalimantan Selatan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 50-55.

Igirisa, M., Rahim, M., & Kasan, I. A. (2025). Pengaruh bimbingan klasikal teknik latihan terhadap perilaku asertif dalam membina hubungan sosial dengan teman sebaya. Jambura Guidance and Counseling Journal, 6(1), 37-44.

Istiqhfarin, A. A., Christiana, E., & Nursilowati, L. (2024). Implementasi layanan bimbingan klasikal model problem based learning untuk mencegah kenakalan remaja. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 7(2), 150-159.

Mila, M. F. P. (2023). Strategi layanan klasikal sebagai usaha peningkatan kontrol emosi peserta didik. Jurnal Psikoedukasia, 1(2), 434-441.

Mutaqin, M. A., Ningsih, P. R., Winingsih, E., & Sari, U. M. P. (2025). Penerapan teknik sosiodrama dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan hubungan sosial teman sebaya. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(3), 117-128.

Nisa, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36-45.

Nurfalah, F., Fajarianto, O., Wihayati, W., & Santika, R. N. (2021). Menciptakan kepercayaan diri remaja melalui pengembangan kepribadian. Janaka: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 86-95.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan dan keputusan karier: Konsep krusial dalam layanan BK Karier. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(1), 44-51.

Nurmilasari, D., Amanda, D. D., Najwa, N. S. B., & Muzhaffarah, K. U. (2025). Strategi guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam penerapan Problem Based Learning (PBL). Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 22(1), 51-66.

Ortega‐Gómez, S., Adelantado‐Renau, M., Carbonell‐Baeza, A., Moliner‐Urdiales, D., & Jiménez‐Pavón, D. (2023). Role of physical activity and health‐related fitness on self‐confidence and interpersonal relations in 14‐year‐old adolescents from secondary school settings: DADOS study. Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, 33(10), 2068-2078.

Prada, Y. D. (2025). Layanan bimbingan konseling pada sekolah dasar. Guiding World (Bimbingan dan Konseling), 8(1), 24-29.

Pramudita, A., Amna, C. A., Ayun, A. Q., Hananto, C. A. A., Kurniawan, A., & Musyrifah, F. (2025). Perkembangan keberagamaan individu pada usia remaja dalam perspektif psikologi agama. Salam Institute Islamic Studies, 2(1), 1-12.

Putri, E. R., & Mustika, D. (2024). Implementation of extracurricular to develop a confident character for students in elementary schools. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2347-2362.

Putri, A. M., Hasibuan, U. M., Rahmi, N., & Sipahutar, W. M. (2025). Penerapan layanan bimbingan klasikal dengan pendekatan rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan efikasi diri Siswa SMK. Fatih: Journal of Contemporary Research, 2(1), 489-497.

Restini, A., Yuline, Y., & Putri, A. (2024). Efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(4), 206-216.

Rijal, F. (2016). Perkembangan jiwa agama pada masa remaja (Al-Murahiqah). Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1-14.

Sendayu, F. S., & Suriatie, M. (2024). Bimbingan kelompok mengunakan teknik cinematherapy untuk meningkatkan pemahaman kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 4(2), 75-83.

Sipahutar, A. P., & Nurhayani, N. (2024). The effect of classical counseling guidance services on increasing self-control of high school students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 6(2), 354-372.

Siregar, H. L., Hasibuan, N. A. P., Pitaloka, D., Sir, F. K., Amelia, B., & Siregar, D. (2024). Pembentukan karakter mandiri pada mahasiswa Universitas Negeri Medan. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 181-190.

Tyas, C. A., Setiawan, A., & Widiharto, C. A. (2025). The relationship between self-concept and self-confidence of junior high school students. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 9(1), 67-74.

Velyna, T. (2025). Urgensi manajemen dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 32-45.

Winarti, A., Murtana, A., & Mawardi, M. (2025). Manajemen diri pelajar sukses di masa depan di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 317-322.

Published

29-08-2025

How to Cite

Muharam, M. A., & Dasalinda, D. (2025). Effect of classical guidance services on self-confidence of grade XI vocational students. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1533-1544. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.89

Similar Articles

21-30 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.