Effect of Assemblr Edu on fifth graders’ learning outcomes in the respiratory system

Authors

  • Fira Sekarani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Author
  • Kusmajid Abdullah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.91

Keywords:

Assemblr Edu, educational technology, learning outcomes, respiratory system, science education

Abstract

The background of this study is based on the low learning outcomes of students, which are attributed to the abstract nature of the material and the lack of engaging visual media. Advances in digital technology offer new opportunities in the learning process, including the use of interactive Augmented Reality (AR) media. This study aims to investigate the effect of Assemblr Edu media on science learning outcomes, specifically on the topic of the human respiratory system. The study employed a quantitative approach with a quasi-experimental method using a non-equivalent control group design. The subjects were fifth-grade elementary school students divided into an experimental class and a control class. Data were collected through pretests and posttests and analyzed using normality tests, homogeneity tests, and an Independent Samples T-Test. The results showed a significant effect of Assemblr Edu media on students’ science learning outcomes. The three-dimensional visualization provided by Assemblr Edu clarified abstract concepts, encouraged active student engagement, and created a more interactive and meaningful learning experience. Thus, the use of Assemblr Edu media is proven to be effective in improving science learning outcomes on the topic of the human respiratory system.

 

Abstrak

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh kualitas materi yang bersifat abstrak dan kurangnya media visual yang menarik. Kemajuan teknologi digital membuka peluang baru dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan media Augmented Reality (AR) yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPAS pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, dengan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Visualisasi tiga dimensi yang disediakan oleh Assemblr Edu mampu memperjelas konsep abstrak, mendorong keterlibatan aktif peserta didik, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna. Dengan demikian, penggunaan media Assemblr Edu terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi sistem pernapasan manusia.

Kata Kunci: Assemblr Edu; hasil belajar; IPAS; sistem pernapasan; teknologi pendidikan

References

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan minat belajar IPAS berbantuan media gambar pada siswa sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70.

Agfirlana, A. M. (2023). Analisis implementasi perkembangan kognisi Piaget dan Vygotsky dalam pencapaian tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Margaasih. Jurnal Tambora, 7(1), 226-234.

Ahmad, Z., Ahmad, H., & Rahman, Z. A. (2022). Penggunaan media pembelajaran augmented reality berbantuan Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 514-521.

Andryannisa, M. A. Z., Wahyudi, A. P., & Sayekti, S. P. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran akidah akhlak di SD Islam Riyadhul Jannah Depok. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3), 1-15.

Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.

Chairudin, M., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, A., & Hadi, M. S. (2023). Studi literatur pemanfaatan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran Matematika jenjang SMP/MTs. Communnity Development Journal, 4(2), 1312-1318.

Febriningrum, D. P., & Purwaningsih, S. M. (2022). Pengaruh aplikasi Assemblr Edu berbasis teknologi augmented reality terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMAN 8 Surabaya. Avatara: e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–12.

Handayani, T., & Asih, S. S. (2024). Penerapan media augmented reality menggunakan Assemblr Edu untuk meningkatkan prestasi akademik bidang IPAS di tingkat sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(2), 129-146.

Hasannah, N., Afina, A. F., Nuraeni, P., & Hadiapurwa, A. (2024). Is education possible in the metaverse especially in Indonesia?. Hipkin Journal of Educational Research, 1(1), 13-24.

Juhaeni, J., Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., Azizah, I. N., & Safaruddin, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran teka teki silang terhadap hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247.

Laili, A. M., & Nurmawati, R. (2024). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 75-83.

Lestari, R. V. A., & Hindun, H. (2024). Penerapan 4C (communication, collaboration, critical thinking, creativity) pada kurikulum merdeka di tingkat SMA. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 15-26.

Lissa'adah, L., & Widiyatmoko, A. (2023). The effectiveness of augmented reality based on Assemblr Edu to increase learning interest and student learning outcomes. Journal of Environmental and Science Education, 3(2), 79-85.

Maraharani, S. D., & Susanti, L. R. (2025). Analisis kebutuhan pengembangan media game edukasi berbantuan Canva pada mata pelajaran IPAS untuk sekolah dasar. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 275-283.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi guru sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka. Metodik Didaktik, 18(2), 54-64.

Masri, M., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh penggunaan media augmented reality Assemblr Edu dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 209-216.

Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian konseptual hasil belajar peserta didik dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhinya. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156.

Naelendra, F. G., & Azizah, S. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning metode eksperimen IPAS SD. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(3), 459-470.

Nasri, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Aden, A., & Ilmadi, I. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar ujian Matematika siswa dengan menggunakan metode analisis faktor. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 12-28.

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk meningkatkan keterampilan guru merancang project-based learning sesuai kurikulum merdeka belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 77-80.

Nurohmah, N., Suchyadi, Y., & Mulyawati, Y. (2022). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Matematika di SD Negeri Sukaharja 01 Kabupaten Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(1), 67-70.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.

Ramdhani, S. S., & Susanti, R. (2024). Cognitive level of Program for International Student Assessment (PISA) questions based on the revised Bloom’s taxonomy. European Journal of Education and Pedagogy, 5(2), 104-112.

Sari, D. M., Afriandi, P., Simanungkalit, E., Mailani, E., & Manurung, I. F. U. (2024). The effect of Assemblr Edu learning media on social science learning outcomes. Mahir: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 291-300.

Simamora, R. R., & Fauzi, R. (2022). Pengaruh media pembelajaran menggunakan aplikasi Assemblr Edu terhadap minat belajar siswa. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi), 2(3), 30-35.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191.

Tania, E. P., Patmaningrum, A., & Aini, A. Z. (2023). Penerapan media pembelajaran augmented reality melalui aplikasi Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas X SMK Negeri 1 Gondang. Dharma Pendidikan, 18(2), 126-133.

Wahidin, W. (2025). Pengembangan media pembelajaran visual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 285-295.

Yanti, E., Utari, M., & Putra, S. (2024). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 14(1), 91-101.

Yasa, A. D., Kumala, F. N., Alfianto, R. N. A., & Salimi, M. (2024). Development of human digestive organ media based on Assemblr EDU. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1371-1382.

Published

29-08-2025

How to Cite

Sekarani, F., & Abdullah, K. . (2025). Effect of Assemblr Edu on fifth graders’ learning outcomes in the respiratory system. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1635-1646. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.91

Similar Articles

41-50 of 64

You may also start an advanced similarity search for this article.