Augmented reality media Assemblr Edu in Biology learning of the excretory system to increase student learning interest

Authors

  • Annisa Rezki Samosir Universitas Islam Negri Sumatra Utara Author
  • Kartika Manalu Universitas Islam Negri Sumatra Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.120

Keywords:

Assemblr Edu, Augmented Reality, excretory system, learning interest

Abstract

This study aims to develop and implement Augmented Reality (AR)-based learning media using the Assemblr Edu application in the context of Biology learning, especially on the excretory system material. The method used is Research and Development (RnD) with a 4D development model, which consists of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. In the Define stage, needs analysis is conducted through interviews with teachers and questionnaires to students to identify challenges in learning. The Design stage includes making storyboards and developing interactive 3D organ excretory models. In the Develop stage, AR media is validated by material and media experts, and tested in class XI F1F, consisting of 36 students. The validation results show that the AR Assemblr Edu media achieved a score of 95.29 precent, which is considered "Very Valid". Teacher responses to the media reached 96.25 precent, and student responses showed a score of 95,63 precent, which is included in the "Very Practical" category. The student learning interest survey showed a score of 94.44 precent (4.78), which is included in the "Very High" category. These findings indicate that the AR Assemblr Edu media is not only effective in increasing students' interest and understanding of the excretory system but also provides an interactive and enjoyable learning experience. This study recommends the application of AR media in other Biology learning materials to increase student learning interest, especially in dealing with complex and abstract material.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan aplikasi Assemblr Edu dalam konteks pembelajaran Biologi, khususnya pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap define, analisis kebutuhan dilakukan melalui wawancara dengan guru dan kuesioner kepada peserta didik untuk mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran. Tahap Design meliputi pembuatan storyboard dan pengembangan model 3D organ ekskresi yang interaktif. Pada tahap develop, media AR divalidasi oleh ahli materi dan media, serta diuji coba di kelas XI F1F yang terdiri dari 36 peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa media AR Assemblr Edu mencapai skor 95,29 persen, yang dikategorikan sebagai "Sangat Valid". Respons guru terhadap media mencapai 96,25 persen, dan respon peserta didik menunjukkan nilai 95,63 persen, yang termasuk dalam kategori "Sangat Praktis". Survei minat belajar peserta didik menunjukkan nilaim 94,44 persen (4,78) yang termasuk dalam kategori "Sangat Tinggi". Temuan ini mengindikasikan bahwa media AR Assemblr Edu tidak hanya efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi sistem ekskresi, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan media AR dalam pembelajaran materi Biologi yang lainnya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran, terutama dalam mengatasi materi yang bersifat kompleks dan abstrak.

Kata kunci: Assemblr Edu; Augmented Reality; minat belajar; sistem ekskresi

References

Al-Ansi, A. M., Jaboob, M., Garad, A., & Al-Ansi, A. (2023). Analyzing Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) recent development in education. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 1-10.

Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandi, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi augmented reality untuk media pembelajaran Biologi di sekolah menengah pertama. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 11(2), 124-133.

Amalia, A., & Mawardini, A. (2024). Pengaruh media digital augmented reality berbantu aplikasi Assemblr Edu terhadap hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(2), 126-138.

Bakari, I., Kandowangko, N. Y., Akbar, M. N., Febriyanti, F., & Mustaqimah, N. (2025). Pengembangan augmented reality card berbasis morfologi pisang untuk pembelajaran keanekaragaman hayati di SMA. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 511-525.

Blyznyuk, O., Kachak, T., Blyznyuk, T., & Nazaruk, S. K. (2025). Quality education in the digital age: Adapting to 21st century primary school learners. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 12(1), 58-68.

Budiasningrum, R. S., Setiawan, J., & Efendi, A. S. (2025). Pentingnya pemilihan metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(2), 295-304.

Dewi, P. R. P., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas media digital Assemblr Edu dalam pengajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 77-80.

Dhar, P., Rocks, T., Samarasinghe, R. M., Stephenson, G., & Smith, C. (2021). Augmented reality in medical education: Students’ experiences and learning outcomes. Medical Education Online, 26(1), 1-9.

Einsthendi, A. D., Rasyid, M. I. A., & Wicaksono, J. B. (2024). Augmented reality: Impact on student engagement and learning. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 239-250.

García-Robles, P., Cortés-Pérez, I., Nieto-Escámez, F. A., García-López, H., Obrero-Gaitán, E., & Osuna-Pérez, M. C. (2024). Immersive virtual reality and augmented reality in anatomy education: A systematic review and meta-analysis. Anatomical Sciences Education, 17(3), 514-528.

Hamidah, L. M., Ambarwati, S., Agustina, M., Muzammil, S., & Ulfah, A. (2024). Pemanfaatan media digital berbasis web Assemblr Studio sebagai inovasi pembelajaran di era merdeka belajar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. 7(3).

Ilafi, M. M., Saputri, R., Nurohman, S., & Jumadi, J. (2023). Development of student worksheets based on augmented reality sub material phases of the moon to increase student learning motivation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7468-7473.

Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, 1(1), 7-11.

Kasan, T. F., & Suratmi, S. (2025). Pengembangan media pembelajaran 3D augmented reality menggunakan platform Sketchfab dan Assemblr Edu materi pencernaan manusia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 162-172.

Laili, A. M., & Nurmawati, R. (2024). Pengaruh Model pembelajaran PBL berbantuan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPA. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 75-83.

Legiawan, M. K., & Agustina, D. (2021). Penerapan teknologi augmented reality sistem eksresi manusia sebagai media pembelajaran berbasis android (studi kasus MA Tanwiriyyah Cianjur). Media Jurnal Informatika, 13(1), 17-25.

Masri, M., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh penggunaan media augmented reality Assemblr Edu dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 209-216.

Maulana, I., Setiawan, H. R., & Umisara, E. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan berbantuan platform Assemblr Edu. Jamu: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 5(1), 30-36.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan guru merancang project bases learning sesuai kurikulum merdeka belajar. Media Penelitian Pendidikan, 16(1), 77-80.

Nurdiyanto, R., Praherdhiono, H., & Degeng, M. D. K. (2024). Augmented reality integrated chatbot to improve learning outcomes in secondary school students. Inovasi Kurikulum, 21(2), 1041-1068.

Oktavianda, N., Rahmatan, H., Huda, I., Pada, A. U. T., Safrida, & Deviani, R. (2024). Implementation of Augmented Reality (AR) animation media to enhance learning outcomes and interest in the excretory system topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(11), 8359-8365.

Permana, T. I., Husamah, H., Nurhamdani, M. I., Zaskia, A., Savitri, A., & Salsabila, D. A. (2024). Augmented reality in biology education: A systematic literature review. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), 630-652.

Pradana, W. Y., & Nasution, M. I. P. (2023). Penggunaan teknologi dalam pendidikan tantangan guru pada abad 21. Journal Sains Student Research, 1(2), 774-778.

Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. (2022). Validitas e-book berbasis model HOMO untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi ekologi. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 116-126.

Ramadan, C. S., & Cahyaningsih, U. (2025). Efektivitas RME berbantuan Assemblr Edu dalam meningkatkan critical thinking matematis pada materi bangun ruang. Buletin Ilmiah Pendidikan, 4(1), 10-19.

Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi media pembelajaran menggunakan AR (Augmented Reality) pada materi sistem pencernaan. Biodik, 10(2), 238-248.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sadam, P. A. P., Paristiowati, M., & Syaadah, R. S. (2025). Pengembangan media pembelajaran diaroma dan 3D Hidrokarbon (Deret Homolog) menggunakan Assemblr Edu pada pembelajaran Kimia materi hidrokarbon. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 15(1), 54-59.

Santoso, M. B., Irfan, M., & Nurwati, N. (2020). Transformasi praktik pekerjaan sosial menuju masyarakat 5.0. Sosio Informa, 6(2), 170-183.

Sari, S., & Prasetyo, G. (2024). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Sejarah untuk meningkatkan minat belajar Sejarah SMA Negeri 11 Medan. Education and Learning, 4(1), 7-10.

Sugiarti, E., Hidayah, R., & Utomo, W. P. (2023). Peranan media ajar dalam mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Jurnal Kajian Pembelajaran, 4(2), 122-131.

Trikotama, R. M. A., Nurrohman, M. N., & Hutajulu, D. K. (2024). Application of augmented reality in education. Hipkin Journal of Educational Research, 1(3), 263-274.

Tika, P. N., Nisa, S. F., Faturahmah, D., Ristanto, R. H., & Isfaeni, H. (2024). Pengembangan augmented reality berbantuan Assemblr Edu untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem ekskesi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 52-64.

Wiliyanti, V., Ayu, S. N., Noperi, H., & Suryani, Y. (2024). A systematic literature review: Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Biochephy: Journal of Science Education, 4(2), 953-964.

Published

29-08-2025

How to Cite

Samosir, A. R., & Manalu, K. (2025). Augmented reality media Assemblr Edu in Biology learning of the excretory system to increase student learning interest. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1757-1770. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.120

Similar Articles

11-20 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.