Urgency of implementing the OBE curriculum in BPI department based on user satisfaction

Authors

  • Ema Hidayanti UIN Walisongo Semarang Author
  • Maryatul Kibtyah UIN Walisongo Semarang Author
  • Namira Choirani Fajri UIN Walisongo Semarang Author
  • Triyana Febriyanti UIN Walisongo Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.124

Keywords:

body of knowledge, da’wah competency, Islamic guidance and counceling, OBE curriculum, user satisfaction

Abstract

The high demand for high-quality higher education graduates encourages study programs to ensure that their curricula are on target. Therefore, curriculum development must involve graduate users so that the results can address problems and job market needs. This study aims to capture the satisfaction of graduate users of the Islamic Guidance and Counseling Study Program (BPI) at UIN Walisongo Semarang and to formulate the direction of curriculum development based on Outcome-Based Education (OBE), which focuses on da'wah competency. This study employs a qualitative method, collecting data through closed questionnaires, in-depth interviews, and discussion group forums with graduate users. The results of the study indicate that the portrait of graduate user satisfaction falls into the very good category, particularly in aspects such as ethics, cooperation, communication skills, and the use of information technology. Based on the results of the evaluation of graduate user satisfaction, the BPI Study Program formulated a Body of Knowledge (BoK) that makes da'wah the core of the OBE curriculum development. In this case, the four main disciplines that intersect with da'wah, namely, counseling, communication, guidance, and counseling, are the basis for the formation of the curriculum and courses. This study suggests that the OBE curriculum based on da'wah competency should continue to be improved so that it can meet the needs of the job market and be relevant in developing da'wah for the advancement of human civilization.

 

Abstrak

Tingginya tuntutan kualitas lulusan pendidikan tinggi mendorong program studi untuk memastikan kurikulumnya tepat sasaran. Untuk itu, pengembangan kurikulum harus melibatkan pengguna lulusan sehingga hasilnya mampu menjawab permasalahan serta kebutuhan pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memotret kepuasan pengguna lulusan Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) di UIN Walisongo Semarang serta untuk merumuskan arah pengembangan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang berfokus pada kompetensi dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui angket tertutup, wawancara mendalam, dan forum grup disscussion dengan pengguna lulusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potret kepuasan pengguna lulusan berada pada kategori sangat baik, terutama dalam aspek etika, kerja sama, kemampuan komunikasi, dan penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil evaluasi kepuasan pengguna lulusan tersebut, Program studi BPI merumuskan Body of knowledge (BoK) yang menjadikan dakwah sebagai inti dari pengembangan kurikulum OBE. Dalam hal ini, empat disiplin ilmu utama yang beririsan dengan dakwah, yaitu penyuluhan, komunikasi, konseling, dan bimbingan, menjadi dasar dalam pembentukan kurikulum dan mata kuliah. Penelitian ini menyarankan agar kurikulum OBE yang berbasis kompetensi dakwah terus disempurnakan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja dan relevan dalam pengembangan dakwah untuk kemajuan peradaban umat.

Kata Kunci: body of knowledge; bimbingan dan penyuluhan Islam; kepuasan pengguna, kurikulum OBE; kompetensi dakwah

References

Amalia, N. (2024). Tridharma perguruan tinggi untuk membangun akademik dan masyarakat berpradaban. Karimah Tauhid, 3(4), 4654-4663.

Asril, A., Syauqi, K., & Pratama, F. S. (2024). Keterserapan alumni program studi sejarah peradaban Islam di dunia kerja lewat tracer study. Majalah Ilmiah Tabuah: Talimat, Budaya, Agama, dan Humaniora, 28(1), 56-75.

Astriani, V., & Nooraeni, R. (2020). Determinan Pengangguran lulusan perguruan tinggi di Indonesia tahun 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 8(1), 31-37.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Basha, C. (2017). Role of education in social change. International Journal of Advanced Educational Research, 2(5), 236-240.

Dewi, H. S. C. P., & Erta, E. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas pembelajaran terhadap kepuasan mahasiswa. Empiricism Journal, 4(1), 261-270.

Ekawati, E., Suparta, M., & Sirin, K. (2018). Moderasi kurikulum perguruan tinggi Islam dalam deradikalisasi agama di indonesia. Istiqro, 16(1), 139-178.

Fiandi, A. (2023). Konsep Outcome Based Education (OBE) pada lembaga pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 73-77.

Harden, R. M. (2007). Outcome-based education: The future is today. Medical Teacher, 29(7), 625-629.

Hejazi, B. M. (2011). Outcomes-Based Education (OBE): A transformational perspective on quality and mobility in higher education. Outcomes-Based Education: A Transformational Perspective, 1(1), 1-30.

Jami, D. Z., & Muharam, A. (2022). Strategy for improving the quality of Islamic religious education study programs with total quality management. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 267-283.

Karbila, I. H. (2024). Strategi dan kebijakan dalam meningkatkan status akreditasi program studi di IAIN Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Gema Perencana, 3(2), 1-20.

Lisnasari, S. F., & Heryanto, H. (2023). Persepsi mahasiswa terhadap kurikulum dan pengalaman pembelajaran di perguruan tinggi (Studi kasus di universitas quality). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi [JMP-DMT], 4(3), 344-350.

Madihah, H. (2021). Strategi perencanaan alumni dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi (suatu studi kasus). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 140-148.

Manggali, C. A., Hayati, D. N., & Mundofi, A. A. (2024). Outcome based education pada kurikulum merdeka: Tantangan dan peluang dalam pendidikan agama Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 595-606.

Muzakir, M. I. (2023). Implementasi kurikulum Outcome Based Education (OBE) dalam sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118-139.

Nguyen, N. T. (2021). A study on satisfaction of users towards learning management system at International University–Vietnam National University HCMC. Asia Pacific Management Review, 26(4), 186-196.

Noferdiman, N., Firmansyah, F., Fachroerrozi, H., Yusma, D., & Indra, S. (2022). Analisis faktor penentu tingkat kepuasan pemberi kerja alumni universitas Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1344-1349.

Nurchalia, L. P., Ghifari, Y., Limbong, J. A., & Setiawati, L. (2023). Professional analysis of Educational Technology students with appropriate specializations. Inovasi Kurikulum, 20(2), 193-204.

Piliano, R., Choerunnisa, R., Alvaro, M. S., Pranadinata, S. A., Hadiapurwa, A., & Rusli, R. P. (2023). Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) curriculum evaluation. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(1), 101-112.

Pramesti, D. A., Kurnia, M., & Rahardja, B. S. (2017). Tracer studi alumni jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(2), 138-146.

Pramesti, K. D., Meisya, N. I., & Amrillah, R. (2024). Relevansi lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(4), 236-243.

Rasyid, A. H. A., Yunitasari, B., Susila, I. W., Dewanto, D., Yunus, Y., & Santoso, D. I. (2022). Pengembangan model evaluasi pembelajaran berbasis OBE. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 7(1), 8-17.

Reresi, M. L. (2024). Partisipasi alumni dalam artisipasi alumni dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi: Studi kepuasan terkait dosen, kurikulum, dan infrastruktur. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 480-492.

Rokhmat, J., & Muntaz, L. Il. (2022). Pengkajian kurikulum program studi di Pascasarjana Unram ditinjau dari OBE dan karakter BoK untuk menunjang akreditasi unggul. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 35-39.

Safitri, F. S. A., & Sutadji, E. (2025). Strategi pengembangan kompetensi lulusan pendidikan kejuruan guna meningkatkan daya saing global. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1507-1522.

Saifudin, A. (2024). Evaluasi penyusunan profil lulusan program studi kefarmasian berbasis locus dan body of knowledge. Jurnal Pharmascience, 11(1), 180-193.

Sensony, T., Sukirman, D., & Fadlillah, A. F. (2024). Student perceptions of the socialization and implementation merdeka belajar kampus merdeka program. Curricula: Journal of Curriculum Development, 3(2), 301-312.

Suranata, K., Darmawan, G. E. B., Darmawan, N. A. S., Susiani, K., & Wati, L. W. (2024). Penguatan kualitas pembelajaran berbasis kurikulum OBE melalui lesson study di LPK. Lentera Negeri, 5(2), 60-69.

Tedesco, J. C., Opertti, R., & Amadio, M. (2014). The curriculum debate: Why it is important today. Prospects, 44(4), 527-546.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.

Published

29-08-2025

How to Cite

Hidayanti, E., Kibtyah, M., Fajri, N. C., & Febriyanti, T. (2025). Urgency of implementing the OBE curriculum in BPI department based on user satisfaction. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1417-1430. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.124