Integration of AI and PBL to improve the quality of Islamic religious education: Bibliometric analysis

Authors

  • Rochmah Tri Hayuningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta Author
  • Dartim Universitas Muhammadiyah Surakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.63

Keywords:

Artificial Intelligence, bibliometric, Islamic religious education, problem-based learning

Abstract

The development of digital technology has driven a significant transformation on the world of education, including in Islamic Religious Education (PAI) learning. This study aims to analyze the integration of artificial intelligence (AI) and the Problem-Based Learning (PBL) model to improve the quality of Islamic Education learning in the digital era. The research method used is a bibliometric study of various national and international scientific publications published in the range of 2020-2025. The results of the analysis show that the application of AI and PBL will be increasingly researched and implemented in 2024, especially related to the innovation of learning methods, the effectiveness of the learning process, and the improvement of digital-based religious literacy. The integration of AI with PBL is considered capable of strengthening students' collaboration, creativity, and problem-solving skills in the context of Islamic learning. The results of systematic analysis also identified several effective implementation models, such as AI-PBL-based hybrid classrooms and the use of chatbots or digital tutor applications in supporting collaborative learning. This research has comprehensively analyzed the integration of AI and PBL learning models in an effort to improve the quality of Islamic education in the digital era.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi kecerdasan buatan (AI) dan model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran PAI di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian bibliometrik terhadap berbagai publikasi ilmiah nasional dan internasional yang terbit pada rentang tahun 2020–2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan AI dan PBL semakin banyak diteliti dan diimplementasikan pada tahun 2024, terutama terkait inovasi metode pembelajaran, efektivitas proses belajar, dan peningkatan literasi keagamaan berbasis digital. Integrasi AI dengan PBL dinilai mampu memperkuat kolaborasi, kreativitas, serta kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam konteks pembelajaran agama Islam. Hasil analisis sistematis pun mengidentifikasi beberapa model implementasi yang efektif, seperti hybrid classroom berbasis AI-PBL dan pemanfaatan chatbot atau aplikasi tutor digital dalam mendukung pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini secara komprehensif telah menganalisis integrasi AI dan model pembelajaran PBL dalam upaya meningkatkan kualitas PAI di era digital.

Kata Kunci: bibliometrik; kecerdasan buatan; pembelajaran berbasis masalah; pendidikan agama Islam

References

Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep pendidikan agama Islam dan relevansinya di abad-21. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 99-112.

Alfaid, A., & Hayani, A. (2024). Analisis dampak Artificial Intelligence (AI) pada pembelajaran PAI di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Al-Mahira: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 30-41.

Annisa, N., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Integrasi teknologi dan kecerdasan buatan manusia dalam menigkatkan pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 316-322.

Anwar, R. N. (2024). Pelatihan pemanfaatan artificial intelligence pada guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di Kota Kediri. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 119-124.

Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 01-15.

Budiyanto, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Student Research, 1(1), 24-40.

Dewi, N. A., Rajagukguk, W., & Dewi, R. (2024). Development of Mathematics learning modules with PBL models on the metacognitive skills of students. Inovasi Kurikulum, 21(1), 835-848.

Fauziyah, N., Afendi, A. R., Saputra, M. R., & Kamaria, K. (2023). Pemanfaatan aplikasi TikTok dalam pelajaran PAI sebagai media pembelajaran inovatif era digital. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 19-29.

Hafidh, Z., Nurjaman, I. M., Baits, A., & Goffary, I. (2023). Pendidikan karakter di pondok pesantren. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 15-30.

Handoyo, A. F., Sobandi, A., & Bimo, W. A. (2024). Trend and research focus on problem-based learning and learning outcome in the world: Bibliometric analysis. Inovasi Kurikulum, 21(2), 1289-1302.

Inayati, M. (2022). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran PAI: Teori David Ausubel, Vigotsky, Jerome S. Bruner. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum, dan Pendidikan, 7(2), 144-159.

Irnawati, I., Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 81-88.

Jannah, A. I. Z., Destiawan, F. S., Gina, O. N., & Azkia, Z. N. (2025). Enhancing accounting learning with curriculum and library support at SMK Daarut Tauhiid. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1), 67-80.

Jannah, M., Shafika, N., Parsetyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi digital dalam manajemen pendidikan Islam: Peluang dan tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 131-140.

Jannah, N., & Puspita, D. M. A. (2023). Urgensitas penerapan kecakapan abad 21 pada pembelajaran pendidikan agama Islam di era society 5.0. Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 137-154.

Kusumah, M. W., Herdiyanti, M. K., & Rahma, F. N. (2025). Tren riset pendidikan agama Islam pada Google Scholar: Sebuah analisis bibliometrik. Rayah Al-Islam, 9(2), 270-291.

Latifah, L., & Ngalimun, N. (2023). Pemulihan pendidikan pasca pandemi melalui transformasi digital dengan pendekatan manajemen pendidikan Islam di era society 5.0. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 41-50.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.

Mutiara, M. R. D. (2023). Penerapan pendekatan whole language dalam pengajaran literasi anak usia dini. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 115-123.

Nasir, T. M., Irawan, I., Karimah, R. S., & Robaeah, W. N. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMPN 1 Kadipaten. Manazhim, 5(1), 261-277.

Priatna, T. (2018). Inovasi pembelajaran PAI di sekolah pada era disruptive innovation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 16-41.

Purnawanto, A. T. (2019). Penerapan metode proyek dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pedagogy, 12(2), 1-11.

Purnomo, E., Zafi, A. A., & Wahid, L. A. (2022). Tranformasi strategi pembelajaran PAI di PTKIN berbasis Model pembelajaran problem based learning. Fondatia, 6(4), 862-881.

Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan inovasi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan formal. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121-142.

Rahman, T., Zamili, M., & Munawwaroh, S. (2021). The Effect of problem-based learning on learning outcomes of pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 34-47.

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh penggunaan model pembelajaran abad 21 terhadap kemampuan kognitif peserta didik sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(2), 404-418.

Rodiyah, S. K. (2022). Implementasi metode pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 1(1), 109-128.

Rozi, M. F., Suhaimi, S., & Wahyono, S. (2024). Tantangan dan peluang dosen pendidikan agama Islam dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan di Universitas Madura. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 9(1), 59-70.

Salsabila, U. H., Perwitasari, A., Amadea, N. S. F., Khasanah, K., & Afisya, B. (2022). Optimasi platform digital sebagai transformasi pendidikan Islam berkemajuan. Iqro: Journal of Islamic Education, 5(2), 95-112.

Tanjung, D. F., & Suteki, M. M. (2024). Peran kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Abshar: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 4(1), 21-26.

Umam, M. S. K., Nasyor, H. S., Arifin, M. Z., & Syafi'i, I. (2023). Inovasi pembelajaran PAI dalam menanamkan pendidikan karakter pada generasi digital native. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 59-67.

Yasmansyah, Y., & Zakir, S. (2022). Arah baru pendidikan agama Islam di era digitalisasi. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 1-10.

Zakariyah, Z., Arif, M., & Faidah, N. (2022). Analisis model kurikulum pendidikan agama Islam di abad 21. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1-13.

Published

29-08-2025

How to Cite

Hayuningsih, R. T., & Dartim, D. (2025). Integration of AI and PBL to improve the quality of Islamic religious education: Bibliometric analysis. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1933-1946. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.63

Similar Articles

1-10 of 62

You may also start an advanced similarity search for this article.