The Influence of Articulate Storyline media on fifth-grade elementary students’ interest in learning natural sciences

Authors

  • Maizura Universitas Islam Riau
  • Muhamad Nukman Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.85

Keywords:

articulate storyline, elementary school, learning interest, natural sciences

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of using Articulate Storyline in increasing students' learning interest in science subjects. Articulate Storyline is an interactive digital learning tool that resembles PowerPoint but offers more advanced features and aligns with current technological developments. This study uses a quantitative, pre-experimental design. The research sample consisted of 30 fifth-grade students of SDN 161 Pekanbaru in the 2024–2025 academic year. Data collection techniques used documentation and questionnaires to measure the level of student learning interest. Data were analyzed using validity and reliability tests, as well as prerequisite tests such as normality, linearity, and hypothesis testing. The results showed that using Articulate Storyline increased students' interest in learning. Presenting material with systematic narratives and attractive visuals has been proven to motivate students in the learning process. Statistical analysis showed a significance value (Sig.) of <0.05, indicating a significant difference in learning interest after using this media. Thus, Articulate Storyline has been proven effective as a learning medium that can increase students' interest in learning. It is hoped that this learning media can be applied in subsequent learning.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Articulate Storyline dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Articulate Storyline adalah perangkat pembelajaran digital interaktif yang menyerupai PowerPoint, namun memiliki fitur yang lebih canggih dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen jenis pre-experimental design. Sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas V SDN 161 Pekanbaru tahun ajaran 2024–2025. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket untuk mengukur tingkat minat belajar murid. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta uji prasyarat seperti uji normalitas, linearitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Articulate Storyline memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar murid. Penyajian materi dengan narasi yang sistematis dan visual yang menarik terbukti mampu memotivasi murid dalam proses pembelajaran. Analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) kurang dari 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam minat belajar setelah penggunaan media tersebut. Dengan demikian, Articulate Storyline terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Media pembelajaran ini diharapkan dapat diterapkan pada pembelajaran selanjutnya.

Kata Kunci: articulate storyline; ilmu pengetahuan alam; minat belajar; sekolah dasar

References

Afnisah, N., Ananda, L. J., Siregar, A., Simanjuntak, E. B., & Gandamana, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis pendekatan saintifik pada materi ekosistem kelas V SD Negeri 066054 Kec. Medan Denai. Journal of Student Development Information System (JoSDIS), 3(2), 105-113.

Al Fajri, R., & Chusni, M. M. (2024). Analisis pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 360 dengan model blended POE2WE pada materi fluida statis. Biochephy: Journal of Science Education, 4(1), 216-225.

Alfy, Z. R., A'ini, Z. F., & Baihaqie, A. D. (2025). Studi Kemampuan kognitif anak PAUD Bersinar Abadi dalam memahami lingkungan sekitar. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 5(1), 8-15.

Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh media komik berwarna terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 341-350.

Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76-91.

Azizah, A. A. M. (2021). Analisis pembelajaran IPS di SD/MI dalam kurikulum 2013. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1-14.

Azzahra, R. A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tema kelistrikan pada sistem saraf untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas IX. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 681-692.

Baharuddin, B., Indana, S., & Koestiari, T. (2017). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tugas proyek materi sistem ekskresi untuk menuntaskan hasil belajar siswa SMP. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 1(1), 81-97.

Dewi, N. K. A. N. (2024). Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 222-229.

Halimah, I. N., & Indriani, F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran tematik abad 21 bagi siswa sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(2), 159-170.

Harahap, P., Pasaribu, F., Aziz, A., Awaluddin, A., & Setiawan, H. R. (2024). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik SMP di Kabupaten Aceh Singkil. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 33-48.

Hidayah, N., Nafitri, S. E., Zaky, F., & MZ, A. S. A. (2023). Pengembangan media interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline sebagai media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 83-91.

Idris, M., Pramono, S. E., & Yulianto, A. (2025). The Influence of using articulate storyline media on learning interest and results. Inovasi Kurikulum, 22(1), 235-248.

Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79.

Indriani, N., Auliya, D. R. A., Chafsoh, N. P., Pratiwi, N. O. D., & Zahroh, T. L. (2023). Pengaruh media TikTok terhadap daya tarik peserta didik dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(2), 278-285.

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate storyline sebagai media pembelajaran interaktif untuk peserta didik madrasah ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150-159.

Lakari, F., Ismail, F., & Syah, I. (2021). Upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 49-55.

Martir, L., Sayangan, Y. V., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757-766.

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183-193.

Mufidah, E., & Khori, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. Ibtida', 2(2), 124-132.

Muliani, R. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif IPA berbasis Articulate Storyline pada materi sistem tata surya SMP. Jupeis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27.

Nasrulloh, M. E., & Amal, N. M. I. (2024). Meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui pembelajaran proyek. Jurnal Tinta, 6(2), 91-99.

Nirmala, A. L., Ramadhani, C. A. F., Nofita, D., Mutmainah, H., & Arofah, Z. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis podcast untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(7), 148-155.

Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh penggunaan pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep siklus air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89-97.

Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran melalui game Educandy untuk meningkatkan karakter belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 439-448.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan media Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5025-5034.

Pradesa, K., Mintawati, H., Albert, J., Sipayung, I., & Verianti, G. (2024). Analisis peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia di Indonesia: Kajian literatur. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(1), 35-41.

Prayuda, I. C., Agung, P., Mashari, A., & Tohir, A. (2022). Pengaruh teknik ice breaking terhadap minat belajar peserta didik kelas II SD. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 4(1), 1-5.

Rajagukguk, S., Tanjung, S., & Restu, R. (2025). Development of interactive multimedia on social studies learning outcomes of elementary school students. Inovasi Kurikulum, 22(2), 899-916.

Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Cilampang melalui media pembelajaran digital dan konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 615-622.

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap dunia pendidikan (studi literatur). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-756.

Rozhana, K. M., & Anwar, M. F. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan hasil belalajar siswa sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 95-103.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Safitri, I. S., Noviyanti, S., Chan, F., Nurluthvia, K. M., & Simatupang, A. P. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS muatan IPAS di sekolah dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 77-81.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122-130.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). 144-156.

Simangungsong, R. (2025). Media vidio pembelajaran agama pada kurikulum merdeka belajar sebagai media peningkatan interaksi belakar siswa di SD Negeri 173637. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan, 1(1), 9-17.

Suardika, I. K. (2025). Analisis pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada implementasi kurikulum merdeka di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 64-69.

Utami, N. M. S., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 194-203.

Yusnaldi, E., Sihotang, A. S., Rizqi, I. H., Anggraini, N., Daulay, N. H., & Wulandari, Y. (2025). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Pema, 5(1), 80-89.

Published

28-11-2025

Similar Articles

21-30 of 95

You may also start an advanced similarity search for this article.