Development of virtual tour media using local history to improve learning outcomes
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.87Keywords:
learning outcomes, local history, media development, virtual tourAbstract
The research was motivated by the lack of student engagement and minimal visualization in local history learning, which has resulted in a limited understanding. Conventional media limitations have created epistemological and didactic obstacles that hinder effective learning. Therefore, a technology-based solution is needed to present historical objects interactively and contextually. This study aims to develop a 360° Virtual Tour learning media based on the local history of Candi Bahal to improve the learning outcomes of fourth-grade elementary school students in Social Studies. This study used a Research and Development (RnD) method with the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The research subjects included students and fourth-grade teachers at SD Negeri 0701 Rotan Sogo. Data were collected through observation, interviews, expert validation, and field trials. Results showed that the 360° Virtual Tour media was declared feasible by experts, practical for teachers and students, and effective in improving learning outcomes. The practicality scores reached 72.8 percent for students and 76.67 percent for teachers, while the n-Gain score was 0.56 (moderate category). The developed media contribute positively to making local history learning more contextual and engaging.
Abstrak
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterlibatan murid dan minimnya visualisasi dalam pembelajaran Sejarah lokal, yang menyebabkan pemahaman murid menjadi terbatas. Keterbatasan media konvensional menjadi hambatan epistimologis dan didaktik yang mengurangi efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi berbasis teknologi yang mampu menyajikan objek sejarah secara interaktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Virtual Tour 360° berbasis sejarah lokal Candi Bahal untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SD dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian terdiri dari murid dan guru kelas IV SD Negeri 0701 Rotan Sogo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, validasi ahli, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Virtual Tour 360° dinyatakan layak oleh para ahli, praktis digunakan oleh guru dan murid, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Rata-rata skor kepraktisan oleh murid dan guru masing-masing mencapai 72,8 persen dan 76,67 persen, sedangkan skor efektivitas berdasarkan nilai n-Gain sebesar 0,56 (kategori sedang). Media ini memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran Sejarah lokal yang lebih kontekstual dan menarik.
Kata Kunci: hasil belajar; pengembangan media; sejarah lokal; virtual tour
References
Baltzer, D., Naumann, A., Rosenberg, S., & Haunert, J. H. (2025). Graph construction and interactive visualization for virtual tours based on redundant panoramic image collections. Journal of Geovisualization and Spatial Analysis, 9(1), 1-26.
Budiarta, I. W. (2023). Integrasi kearifan lokal mulat sarira dalam pembelajaran Sejarah. Journal IKA, 21(1), 1-7.
Chalimi, I. R. (2024). Problematika pembelajaran bermuatan materi sejarah lokal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2901-2102.
Chrissandy, R. (2022). Tanggapan penonton wisata virtual video 360 derajat dengan komputer dan VR box. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 34-41.
Drakopoulos, V., & Vlasios, P. (2021). Enhancing primary school teaching through virtual reality. Journal Computer Science Research, 3(2), 11-18.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1-17.
Fannandri, S. D., & Ninawati, M. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantu media audio visual pada siswa SD kelas IV. Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 130-144.
Fauziah, I. N. N., Saputri, S. A., & Rustini, T. (2023). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa sekolah dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 125-135.
Firdaus, M. B., Tejawati, A., Budiman, E., Wahyudianto, M. R., & Anam, M. K. (2021). Virtual reality Museum Mulawarman berbasis video 360°. Jurnal Saintekom, 11(2), 130-141.
Gafar, I. A., Arif, Z., & Syefudin, S. (2022). Systematic literature review: Virtual tour 360 degree panorama. International Journal of Engineering Business and Social Science, 1(1), 1-10.
Hadiapurwa, A., Yulifar, L., Nugraha, H., & Syafitri, N. K. (2024). Assessment of the Museum Pendidikan Nasional website with System Usability Scale (SUS). 7th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2023), 1(1), 361-375.
Handayani, Z. L., Hadiapurwa, A., Azzahra, D. H., & Nugraha, H. (2021). Pembaharuan strategi dan metode pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah SMA di era pandemi COVID-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 329-426.
Haswin, A., & Putra, A. K. (2024). Pengembangan virtual tour 360o sebagai media belajar IPS materi kepulauan Maritim. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(8), 6-15.
Ifrida, F., Pratiwi, D. R., & Supriyanto, M. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 411-422.
Javaid, M., Haleem, A., Singh, R. P., & Dhall, S. (2024). Role of virtual reality in advancing education with sustainability and identification of additive manufacturing as its cost-effective enabler. Sustainable Futures, 8(9), 1-18.
Karlina, N. H., & Nugraha, A. B. (2022). Designing a video-based panorama 360 virtual tour at the Sri Baduga museum in Bandung as a media for history and culture learning for middle and high school students in the city of Bandung. ArtComm: Jurnal Komunikasi dan Desain, 5(1), 45-57.
Khasanah, U., Elliza, E., Siswati, A. N., Pujiana, S., Ma’rufah, A. K., Asmarani, P., & Sutikno, P. Y. (2025). Analisis tantangan guru dalam pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal pada peserta didik Kelas V SDN Kedungpane 2. Menara Ilmu, 19(2), 464-469.
Kukuh, R., & Herwindo, R. P. (2024). Studi penjajaran arsitektur candi Buddha di Sumatera dan Jawa dalam konteks Mahayana Vajrayana ditinjau dari tata massa, tata ruang, sosok, dan ornamentasi. Riset Arsitektur (RISA), 8(4), 423-441.
Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh media pembelajaran interaktif Canva terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179-187.
Kusdayati, R. T., & Heryandi, Y. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual tour 360 pada materi bangun ruang terhadap siswa tunarungu. Journal of Advanced Learning Media Development, 1(2), 39-53.
Listiawani, Z., & Aramudin, A. (2024). Analisis hambatan guru dalam penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 509-516.
Mardainis, M., Arifin, M., Rahmaddeni, R., & Efendi, Y. (2020). Virtual tour interaktif 360 derajat menggunakan teknik image stitching sebagai media informasi Kampus STMIK Amik Riau. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(2), 206-218.
Maryati, S., Susanto, T. T. D., Mela, A. G. K., Zebua, J. O., & Karomah, F. (2024). Improving the quality of education through technology-based learning. Perspektif Ilmu Pendidikan, 38(1), 37-46.
Maulidina, F. B., & Darmawati, D. M. (2025). The effect of using organ system board media on IPAS learning outcomes of 5th-grade elementary school. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1447-1458.
Monika, K. A. L., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2023). Penerapan project based learning berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana meningkatkan sikap gotong royong. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7-15.
Mustika, D., Hasby, H., & Saputra, H. (2024). Virtual tour training as micro-learning media for senior high school teachers. Unram Journal of Community Service, 5(3), 253-257.
Napitupulu, F. K. (2024). Pembuatan website pariwisata tentang relief candi Bahal I di Padang Lawas Utara. Student Research Journal, 2(4), 282-294.
Nata, G. N. M. (2023). Penerapan virtual tour 360 sebagai promosi wisata Desa Kenderan berbasis website. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 17(1), 30-39.
Pigai, F. Y. P., & Yulianto, S. (2024). Development of flipbook learning media to improve learning outcomes IPAS. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 5775-5781.
Prasetyo, O., & Kumalasari, D. (2021). Nilai-nilai tradisi Peusijuek sebagai pembelajaran Sejarah berbasis kearifan lokal. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 359-365.
Rahaman, H., Champion, E., & McMeekin, D. (2023). Outside inn: Exploring the heritage of a historic hotel through 360-panoramas. Heritage, 6(5), 4380-4410.
Sekarsih, F. N., Mustopa, A., Dewi, M. M., Pringgondani, R., & Kukuh, K. (2024). Wisata virtual di geopark Gunungsewu Kabupaten Gunungkidul sebagai media promosi pariwisata daerah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2600-2608.
Setiawan, M. A. (2022). Konsep pendidikan karakter terhadap norma susila di sekolah dasar. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 242-352.
Siregar, N. F. (2023). Pendampingan pembelajaran Matematika berbasis etnomatematika di desa Bahal. Jurnal Pema Tarbiyah, 2(2), 51-60.
Siswanto, A., Wargadalem, F. R., & Indriastuti, K. (2020). Tata spasial Candi Bahal I, II dan III di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 9(3), 96-101.
Tressyalina, T., Noveria, E., Arief, E., Wulandari, E., & Ramadani, N. . (2023). Analisis kebutuhan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran teks eksposisi. Journal of Education and Humanities, 1(1), 23-31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aminah Lubis, Ichwan Azhari, Samsidar Tanjung (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.