Development of interactive digital media to improve descriptive writing learning outcomes

Authors

  • Siti Khovifah Kesuma Universitas Negeri Medan Author
  • Elly Prihasti Wahyuni Universitas Negeri Medan Author
  • Zulkifli Matondang Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.93

Keywords:

Descriptive text, Digital learning media, Learning outcomes, Writing

Abstract

The transformation of education in the digital era requires teachers to develop interactive and contextual media to enhance students’ literacy skills, particularly in descriptive writing. This study aims to develop digital interactive learning materials for descriptive text writing that are valid, practical, and effective for fourth-grade students at SD Negeri 010037 Perk. Sei Dadap. The research is motivated by the low learning outcomes of students and the limited use of media suited to the needs and characteristics of elementary school children. The method employed is Research and Development (R&D) using a modified ADDIE model, consisting of analysis, design, and development stages. Validation was conducted by subject matter, media, and language experts; practicality was assessed by classroom teachers; and effectiveness was tested through pretest and posttest comparison using N-Gain calculations. Results indicate that the developed media is highly valid with an average expert validation score of 84.3%, highly practical with a teacher practicality score of 93%, and highly effective in improving learning outcomes with an N-Gain score of 0.81. This research contributes to writing literacy development through the integration of interactive digital media in elementary language instruction.

 

Abstrak

Transformasi pembelajaran di era digital menuntut guru untuk mampu mengembangkan media yang interaktif dan kontekstual guna meningkatkan keterampilan literasi peserta didik, termasuk dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar menulis teks deskripsi berbantuan media pembelajaran interaktif digital yang layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 010037 Perk. Sei Dadap. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta uji kepraktisan dilakukan oleh guru kelas, dan uji efektivitas melalui perbandingan pretest dan posttest menggunakan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif digital ini tergolong sangat layak dengan rata-rata skor 84.3%, sangat praktis dengan skor kepraktisan guru sebesar 93%, dan sangat efektif meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0.81. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan literasi menulis peserta didik melalui pendekatan berbasis digital.

Kata Kunci: hasil belajar; media pembelajaran; menulis; teks deskripsi

References

Adhwa, N., Faeza, N., Alwi, N. A., & Syam, S. S. (2025). Pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia siswa di sekolah dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 329-339.

Adib, M. F., Norsanti, T. R., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan menggunakan model problem based learning. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 1909-1917.

Al Haq, G. T., SB, N. S., & Purwati, P. D. (2024). Canva-based smart apps creator media to enhance comprehension skills of informational text for third-grade students. International Journal of Elementary Education, 8(2), 385-393.

Alfatih, A. M., Jannah, H., & Raharjo, R. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran multimedia interaktif di madrasah ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 128-141.

Asy’arie, A., Amir, A., & Suharman, A. (2025). Analisis pemanfaatan media audio-visual dan dampaknya terhadap minat belajar siswa di SDN 110 Lura. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 6(3), 517-524.

Asyifa, N., Azizah, P., & Tania, V. (2024). Keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, 2(3), 244-252.

Ayu, N., Suharno, & Chrysti Suryandari, K. (2023). Exploration: Creative thinking skills in writing essays media-based image series. International Journal of Elementary Education, 7(1), 1-7.

Budiani, L. S., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penggunaan media diorama di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1011-1016.

Cahyani, A., & Hindun, H. (2023). Pemanfaatan media digital Canva pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMK. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 4(1), 117-125.

Damayanti, E. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks eksplanasi melalui media Canva dan aplikasi Quizizz pada pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 66-72.

Fajriati, A. S., Humaira, M. A., & Efendi, I. (2024). Hambatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Quizizz. Karimah Tauhid, 3(4), 5036-5047.

Hidayat, H., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2025). Pendekatan keterampilan proses terhadap peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 245-254.

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas media pembelajaran aplikasi Quizizz secara daring terhadap perkembangan kognitif siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 251-257.

Huda, K., & Djono, D. (2025). Mengintegrasikan teori pembelajaran bermakna dan konstruktivisme dalam pembelajaran sejarah di era digital. Jurnal Artefak, 12(1), 137-146.

Ifrida, F., & Pratiwi, D. R. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based-learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 411-422.

Islami, I., & Dafit, F. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di kelas V SDN 83 Pekanbaru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1049-1059.

Juliawan, A. D., Oasis, A. R., & Syamsiyah, N. (2025). Pemanfaatan aplikasi Quizizz pada pre-test dan post-test dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 7(1), 206-218.

Khalid, I. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek sebagai terapi ekspresif terhadap emosi pada peserta didik kelas XI MAN 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 6(2), 1-13.

Khoirunnisaa, A., Aldani, V., Alwi, N. A., & Syam, S. S. (2025). Dampak media digital dalam meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia di SDN 10 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-10.

Latifah, D. N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68-75.

Mayoza, H., Harahap, T. H., & Manurung, S. A. (2024). Model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1422-1433.

Mega, M. D. C., Reffiane, F., Wakhyudin, H., & Suherni. (2023). Analisis penggunaan media Canva interaktif pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2030-2042.

Meliyani, K., & Tirtayani, L. A. (2022). Buku digital berbasis literasi pada tema binatang untuk anak kelompok B taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 99-110.

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi dalam pembelajaran menggunakan teknik tugas menyalin pendekatan individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693-700.

Muliya, M. (2022). Penerapan media quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X busana 2. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65-78.

Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). Analisis pembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa sekolah dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73-80.

Musdolifah, A., Istianingrum, R., Deden, D., Indriawati, P., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2023). Edukasi kalimat efektif sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X BR 3 SMK Negeri 3 Balikpapan. Abdimas Universal, 5(2), 297-304.

Nafasya, R. R., Jamilah, F., & Wahyuni, P. (2022). Pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis storyboard untuk menulis cerpen pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 141-152.

Ningrum, D. M. F., Ristiyani, R., & Roysa, M. (2023). Pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan aplikasi wattpad. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 26-32.

Nisa, A. C., Arismunandar, A., & Arnidah, A. (2025). Development of interactive learning media based on websites for the textile science course. Inovasi Kurikulum, 22(2), 985-998.

Noveliana, J., & Ghani, A. R. (2022). Literasi membaca dan dampaknya terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 469-475.

Nurazizah, S. A., & Darmayanti, M. (2024). Keterampilan menulis siswa sekolah dasar: Systematic literature review dan bibliometric analysis. Aksara, 36(2), 337-358.

Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan model pembelajaran brainstroming dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi berbantuan media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 9(1), 45-51.

Qatrunnada, E., & Purwati, P. D. (2024). Penerapan e-flipbook berbantuan wordwall upaya meningkatkan pemahaman menyimak teks deskripsi siswa kelas III. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(4), 231-242.

Rahmawati, F., Usman, H., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan digital book dalam pembelajaran membaca pemahaman materi teks nonfiksi kelas IV SD. Wahana Sekolah Dasar, 13(1), 80-91.

Rajagukguk, S., Tanjung, S., & Restu, R. (2025). Development of interactive multimedia on social studies learning outcomes of elementary school students. Inovasi Kurikulum, 22(2), 899-916.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96.

Rismawati, A. E., Sari, S. K. M., Asyifa, S. N., & Assidik, G. K. (2024). Peningkatkan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui kesenian tari pada siswa kelas XII di SMKN 8 Surakarta. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 6(1), 54-63.

Rohmaniyah, A., Haryadi, H., & Pristiwati, R. (2021). Media aplikasi kartu bergambar berbasis ARCS untuk pembelajaran materi menulis pantun dengan metode blended learning. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 315-322.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Salahuddin, A., Asmara, D. N., & Angraini, F. (2025). Pengembangan media pembelajaran codibook (learning comik berbasis digital book) pada pembelajaran bahasa Indonesia materi majas kelas V SD. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 127-131.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Setyaningsih, R., Suryandari, K. C., & Tatminingsih, S. (2022). Pengaruh metode bercerita terhadap karakter dan keterampilan menulis narasi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kebumen. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 447-452.

Sudrajat, A., Salsabila, F. G., & Marini, A. (2023). Digital-based flash card to increase social studies learning outcomes for elementary school students in the fourth grade. Journal of Education Technology, 7(2), 235-246.

Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan pendekatan konstruktivisme Vygotsky terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48-53.

Tarigan, F. N., Hasibuan, S. A., & Nurmayana. (2023). Pengembangan digital storytelling berbasis artificial intelligence untuk meningkatkan kemampuan literasi dan critical thinking mahasiswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 485-491.

Trisnawati, & Fauziya, D. S. (2024). Faktor penyebab kejenuhan belajar siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran bahasa Indonesia. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(5), 214-226.

Wahyudi, N. A., Amry, N. N., & Nurlaeni, B. (2024). Pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis berdasarkan perspektif siswa. Karimah Tauhid, 3(9), 10281-10291.

Widhiyanto, R., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Analisis kebutuhan modul pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi berwawasan kebinekaan global. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 151-162.

Yosoa, V. D., Widiana, I. W., & Jayanta, I. N. L. (2024). The digital learning guidebook as a new breakthrough in improving students’ reading and writing skills. Journal of Education Technology, 8(2), 249-256.

Published

28-11-2025

Similar Articles

1-10 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.