Curriculum innovation at SMK PGRI 2 Cimahi: Preparing students for the workforce
DOI:
https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i1.40Keywords:
bussines and industry world, curriculum innovation, DUDI, industry collaboration, Kurikulum MerdekaAbstract
A good curriculum not only focuses on understanding academic material but must also be able to shape students' skills and character so that they are ready to face increasingly complex global challenges. This study aims to analyze the implementation of curriculum innovation at SMK PGRI 2 Cimahi in equipping students to face the world of work through integrating technology, strengthening soft skills, and providing industrial certification. In addition, this study also examines curriculum development strategies that follow the needs of the Business World and the Industrial World (DUDI), as well as identifying the challenges faced and solutions applied in curriculum collaboration to produce graduates who are competitive and ready to enter the world of work. The research method used is qualitative, using interviews, literature, and document studies. The results of this study indicate that SMK PGRI 2 Cimahi implements two curricula, namely the Merdeka Curriculum and the 2013 Curriculum. This curriculum innovation is integrated with internship programs (PKL), technology such as MYOB accounting software, and the provision of industrial certification in collaboration with DUDI partners. In addition, soft skills are strengthened through professional ethics training and habituation programs, which involve alums in developing student skills. This research is expected to contribute to developing the SMK curriculum in Indonesia, especially in the context of globalization and digitalization.
Abstrak
Kurikulum yang baik tidak hanya berfokus pada pemahaman materi akademik saja, tetapi juga harus mampu membentuk keterampilan serta karakter peserta didik agar siap menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inovasi kurikulum di SMK PGRI 2 Cimahi dalam membekali peserta didik untuk menghadapi dunia kerja melalui pengintegrasian teknologi, penguatan soft skills, dan penyediaan sertifikasi industri. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji strategi pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan solusi yang diterapkan dalam kolaborasi kurikulum guna menghasilkan lulusan yang kompetitif dan siap memasuki dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMK PGRI 2 Cimahi menerapkan 2 kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Inovasi kurikulum ini diintegrasikan dengan program magang (PKL), penggunaan teknologi seperti perangkat lunak akuntansi MYOB, serta penyediaan sertifikasi industri yang bekerja sama dengan mitra DUDI. Selain itu, penguatan soft skills dilakukan melalui pelatihan etika profesional dan program pembiasaan, yang melibatkan alumni dalam proses pengembangan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan kurikulum SMK di Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan digitalisasi.
Kata Kunci: DUDI; dunia usaha dan dunia industri; inovasi kurikulum; kolaborasi industri; kurikulum merdeka
References
Agustina, D. W., Wahyuli, A. A., Sianturi, T. R. P., Purba, H. M., & Dwiyono, Y. (2024). Peran kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional di sekolah menengah kejuruan. Sistema: Jurnal Pendidikan, 5(1), 40-50
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50.
Anggraini, N., Gitituati, N., & Bentri, A. (2024). Analisis pengembangan kurikulum SMK Negeri 1 Enam Lingkung. Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1), 84-101.
Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with Discrepancy Model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.
Eko, R., Setiawan, D., & Yus, A. (2024). Analysis of the implementation of Profil Pelajar Pancasila through school culture. Inovasi Kurikulum, 21(1), 481-500.
Fatimah, I. F. (2021). Strategi inovasi kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16-30.
Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi kurikulum: Konsep, karakteristik dan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 43-58.
Haq, A. R. U., & Utomo, T. P. (2024). Prinsip dan pendekatan pengembangan kurikulum pendidikan dasar. Sirajuddin: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 1-11.
Iyuk, M. (2021). Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 08 Marong. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 253-260.
Komara, D. A., & Hadiapurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization of library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152.
Krisnawati, N., Mbouw, E., & Salem, S. (2021). Meningkatkan keterampilan wirausaha siswa sekolah menengah melalui pelatihan bisnis simulasi di wilayah Jakarta dan Tangerang. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 155-160.
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi merdeka belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765-777.
Lestari, N. A. P., Wahyuni, L. T. S., Lasmawan, I. W., Suastra, I. W., Dewi, M. S. A., & Astuti, N. M. I. P. (2023). Kurikulum merdeka sebagai inovasi menjawab tantangan era society 5.0 di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 736-746.
Liriwati, F. Y. (2023). Revolusi digital dan merdeka belajar: Meningkatkan daya saing siswa di era teknologi. Journal Innovation in Education, 1(3), 221-231.
Lisdiantini, N., Azis, A., Syafitri, E. M., & Thousani, H. F. (2022). Analisis efektifitas program magang untuk sinkronisasi link and match perguruan tinggi dengan dunia industri (Studi terhadap program magang mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 9(2), 22-31.
Marwiji, H., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi dalam bidang kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan penerapannya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2194-2203.
Munawar, M. R., Mahendra, K. O., Sa’adah, L., & Oktarianto, M. L. (2024). Memahami perubahan pembelajaran: Dampak inovasi kurikulum dalam konteks pendidikan dasar. Eden: Journal of Elementary and Digital Education, 1(1), 1-9.
Munthe, F., & Mataputun, Y. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 586-593.
Nasir, T. M., & Hasanah, A. (2022). Komponen-komponen kurikulum sekolah menengah pertama. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 121-130.
Nurdin, A., Samad, S. A. A., Samad, M., & Fakrurrazi, F. (2023). Government policy regarding education in Indonesia: Analysis of competence-based curriculum, educational unit level curriculum, and curriculum 2013. Journal of Governance and Social Policy, 4(1), 139-155.
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42-50.
Ouyang, M. (2023). Employing mobile learning in music education. Education and Information Technologies, 28(5), 5241-5257.
Prayoga, A. C., & Patrikha, F. D. (2024). Pengaruh mata pelajaran produktif dan prakerin melalui efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa program keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Surabaya tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 243-255.
Rochanah, S. (2021). Pengembangan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Pijar: Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 53-63
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113-124.
Rouf, M., Said, A., & Hs, D. E. R. (2020). Pengembangan kurikulum sekolah: Konsep, model dan implementasi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 5(2), 23-40.
Saputri, R. E., Putri, A. S., & Puspita, R. I. (2024). Pengaruh layanan konseling karir terhadap minat baca siswa SD. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(7), 80-90.
Setiawan, A., & Ahla, S. S. U. F. (2022). Konsep model inovasi kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan kurikulum merdeka (literature review). Al Ghazali: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 93-114.
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum pada tingkat SMK. Jurnal Education and Development, 11(3), 230-238.
Sofyan, S., Setiyadi, B., & Rahmawati, S. (2021). Pelatihan pemberdayaan perpustakaan sekolah sebagai upaya meningkatkan proses pembelajaran di SMP Negeri 25 Kabupaten Kerinci. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 62.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh pemahaman literasi digital dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap kompetensi pedagogik guru era digital learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.
Supriyanto, A., Miyono, N., & Abdullah, G. (2023). Manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam peningkatan kompetensi teknik kendaraan ringan otomotif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 837-843.
Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169.
Syukri, M., & Wahyuni, S. (2024). Perpustakaan sebagai jantung pendidikan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 319-334.
Virgiyanti, D., Dewi, I. K., & Zuliani, R. (2023). Peningkatan kompetensi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui in House Training (IHT) di SDIT Darul Ulum. Anwarul, 3(4), 751-766.
Zein, D. N., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Komara, D. A. (2023). Implementation of monitoring and evaluation of BPI Bandung high school library. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(2), 156-167.
Zulaikah, Z., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2022). In house training sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 60-65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Ayu Triani, Muhammad Aldi, Nabilla Hapsari Putri Fauzi, Risa Nur Safitri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.