Islamic religious education teachers' parenting in developing children's religious character at Randublatung

Authors

  • Lathifatul Ismi Fauziah Universitas Islam Negeri Walisongo Author
  • Ridwan Universitas Islam Negeri Walisongo Author
  • Agus Sutiyono Universitas Islam Negeri Walisongo Author
  • Nazih Sadatul Kahfi Universitas Islam Negeri Walisongo Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.118

Keywords:

Islamic religious education teacher, parenting style, religious character

Abstract

The decline in children's religious character is a pressing social issue that warrants serious attention. Parents, especially those who work as Islamic Religious Education (PAI) teachers, have a strategic role in shaping children's religious character. This study aims to explore the parenting patterns of PAI teachers in instilling religious values in the Randublatung District, Blora Regency. The method employed was qualitative, with a phenomenological approach, utilizing interview techniques, observation, and documentation. Data analysis was conducted through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that parents who are also PAI teachers apply authoritative and authoritarian parenting, with an emphasis on role modelling, open communication, and disciplinary supervision. They serve as moral and spiritual figures who can positively influence children's religious awareness. The application of the habituation method in daily life has proven effective in shaping children's religious character, particularly in terms of discipline in worship and the internalization of moral values. This study recommends further development with a broader sample coverage and consideration of socio-economic variables in the context of religious parenting.

 

Abstrak

Menurunnya karakter religius anak menjadi isu sosial yang memerlukan perhatian serius. Orang tua, khususnya yang berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI), memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter religius anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pola asuh guru PAI dalam menanamkan nilai religius di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang juga guru PAI menerapkan pola asuh otoritatif dan otoriter, dengan penekanan pada keteladanan, komunikasi terbuka, serta pengawasan disiplin. Mereka berperan sebagai figur moral dan spiritual yang mampu memberikan pengaruh positif terhadap kesadaran beragama anak. Penerapan metode pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari terbukti efektif membentuk karakter religius anak, terutama dalam hal kedisiplinan beribadah dan internalisasi nilai-nilai moral. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan studi lebih lanjut dengan cakupan sampel yang lebih luas serta mempertimbangkan variabel sosial-ekonomi dalam pola asuh religius.

Kata Kunci: gaya pengasuhan; guru PAI; karakter religius

References

Alam, N. A. R. (2020). Penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam di sekolah Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 145-163.

Ali, S. (2024). Pola asuh dan hambatan orang tua dalam menanamkan nilai- nilai religius pada anak remaja. Jurnal Seumubeuet: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 161-179.

Arifah, N. A., Annufus, N., & Uyun, N. (2023). Pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai-nilai agama AUD pada keluarga petani melati Desa Daramista Lenteng Sumenep. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 1-14.

Arisca, L., Karoma, K., Syarifuddin, A., & Syarnubi, S. (2020). Pengaruh kompetensi kepribadian guru pai terhadap kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 06 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(3), 295-308.

Barsihannor, B., Tahir, G., & Hasan, H. B. (2023). Minority group in urban society conflict and threats to religious freedom a case study of symbolic violence against Ahmadiyya in urban society. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 28(2), 189-204.

Baumrind, D. (2021). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95.

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi pendidikan agama Islam: Memperkuat nilai-nilai spiritual, etika, dan pemahaman keislaman dalam konteks modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75-96.

Dewi, C., Kamilah, R., Varoriz, Z., Siti, A., & Mutiara, Z. (2024). Kajian literatur sistematis: Pola asuh otoriter dan keputusan childfree pada perspektif gen Z. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 10(2), 340-355.

Dewi, W., & Dewi, L. (2024). Analysis of teacher readiness conditions in implementing characteristic school-based curriculum. Inovasi Kurikulum, 21(1), 55-66.

Elfani, S., & Utami, D. (2021). Diskursus pola asuh keluarga Tionghoa (studi relasi kuasa orangtua dalam pembentukan citra kewirausahaan pada anak). Paradigma, 1(1), 1-23.

Enda, A. K. (2017). Pola asuh otoriter dalam mendidik anak di keluarga di GKS Kambajawa: Suatu analisis pendidikan agama Kristen dan Psikologis. Jurnal Shanan, 1(1), 109-135.

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social learning theory: Cognitive and behavioral approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297-324.

Hapipah, N., & Shaleh, S. (2025). The ethnographic study of teacher experiences in implementing the Madrasah Ibtidaiyah Kuttab Al-Fatih curriculum. Inovasi Kurikulum, 22(1), 119-132.

Hartati, S., Azis, A., & Endang, U. (2020). Pengaruh pola asuh perempuan muslim pekerja terhadap pendidikan anak. Bestari, 17(1), 95-116.

Hidayatulloh, T., Saumantri, T., & Ramdani, Z. (2024). Integrating living values education into Indonesian Islamic schools: An innovation in character building. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 22(1), 137-152.

Husna, U., & Thohir, M. (2020). Religious moderation as a new approach to learning Islamic religious education in schools. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 199-222.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.

Maunah, S. (2021). Pola asuh orang tua pada pendidikan agama anak di Desa Hampalit, Katingan Hilir, Katingan. Jurnal Sosial Sains, 1(6), 499-509.

Mualimin, M. R. (2023). Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Alquran Surah Luqman Ayat 12-19 (Studi Tafsir Al-Misbah). Educatia: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 13(2), 280-292.

Ningsih, L., & Prasetya, B. (2022). Analisis pola asuh orang tua buruh tani dalam pembinaan akhlak anak di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 189-202.

Nuryadin, R. (2022). Urgensi dan metode pendidikan toleransi beragama. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 10(1), 378-399.

Parnawi, A., & Ahmed Ar Ridho, D. (2023). Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika siswa di SMK Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167-178.

Prayogo, E., & Suyadi. (2019). Pembelajaran pendidikan agama islam di era revolusi 4.0. dengan pendekatan humanistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 186-199.

Raihan, M. (2021). Penerapan Teori belajar behavioristik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas. An-Nuha, 1(1), 25-33.

Salam, R. (2016). Pola pengasuhan anak di Kampung Nelayan Kelurahan Untia, Makassar. Walasuji: Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(2), 535-550.

Samudra, M., Rahmi, E., & Sabri, Y. (2022). Al-Qur’an learning in religious education institutions analysis of proces results and problems, 1(3), 93-101.

Saputri, N. A., & Wulandari, H. (2024). Parental problems in early children's education in the digital era. Inovasi Kurikulum, 21(1), 287-302.

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 104-126.

Suhaili, A. (2023). Memahami konsep Al-Quran tentang birrul walidain: Kewajiban dan penghormatan kepada orang tua dalam Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Hadits, 6(2), 243-257.

Suparta, S., & Istiqamah, I. (2021). Pembentukan kepribadian Akhlakul Karimah anak di lingkungan keluarga nikah dini di Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 7(1), 76-99.

Tamba, W. P., Hartanto, M. F. B., & Putri, P. Y. (2024). Pancasila sebagai dasar kebijakan kesejahteraan sosial di Indonesia. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 4(2), 146-162.

Zalsabella P, D., Ulfatul C, E., & Kamal, M. (2023). Pentingnya pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter dan moral. Journal of Islamic Education, 9(1), 43-63.

Published

29-08-2025

How to Cite

Fauziah, L. I., Ridwan, R., Sutiyono, A., & Kahfi, N. S. (2025). Islamic religious education teachers’ parenting in developing children’s religious character at Randublatung. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1373-1384. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.118

Similar Articles

21-30 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.