Development of interactive pop-up book learning media for human circulatory system material to increase high school students' interest in learning

Authors

  • Rahmi Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Rohani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.133

Keywords:

human circulatory system, pop-up book, student learning interest

Abstract

This research aims to create a learning media in the form of a pop-up book that is applied to the content of the human circulatory system, which meets the requirements of validity, practicality, and effectiveness, and can increase students' interest in learning. The method used is Research and Development (R&D) with a 4D model, which consists of Define, Design, Develop, and Disseminate, but in this study, it is only up to the Develop stage. This study involved 33 students of grade XI Science 1 and a biology teacher at SMAS Cerdas Murni. Data was collected using validation sheets, practicality questionnaires for teachers and students, student learning interest questionnaires, and pretest and posttest questions. The validation results show that this media is highly valid, as validated by media and material experts. The practicality test showed efficient responses from teachers and students. The effectiveness of the media can be seen from the N-Gain score, indicating a high level of effectiveness, and the results of the student learning interest questionnaire show a very high level of interest. Based on these findings, this pop-up book is considered suitable as a learning tool because it meets the standards of validity, practicality, and effectiveness. In addition, this media also helps students understand the human circulatory system and grow their interest in learning biology.

 

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbentuk pop-up book yang diterapkan untuk konten sistem peredaran darah manusia, yang memenuhi syarat validitas, praktikalitas, dan efektivitas, serta dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan adalah Riset dan Pengembangan (R&D) dengan model 4D, yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate, tetapi dalam penelitian ini hanya sampai tahap Develop. Penelitian ini melibatkan 33 peserta didik kelas XI IPA 1 dan seorang guru Biologi di SMAS Cerdas Murni. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket kepraktisan untuk guru dan peserta didik, angket minat belajar peserta didik, serta soal pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan media ini sangat valid, dari ahli media dan ahli materi. Uji kepraktisan memperlihatkan tanggapan yang sangat praktis dari guru dan peserta didik. Efektivitas media terlihat dari skor N-Gain menunjukkan kategori tinggi dan hasil angket minat belajar peserta didik menunjukkan kategori sangat tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, pop-up book ini dinilai cocok sebagai alat pembelajaran karena memenuhi standar validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Selain itu, media ini turut membantu peserta didik dalam memahami sistem peredaran darah manusia dan menumbuhkan minat mereka untuk belajar Biologi.

Kata Kunci: minat belajar peserta didik; pop-up book; sistem peredaran darah manusia

References

Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan media augmented reality dalam pembelajaran mengenal bentuk rupa bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38.

Ardini, R., & Safran, S. (2024). Pop-up book Putri Tujuh to improve the ability to read aloud. Inovasi Kurikulum, 21(4), 1955-1966.

Batubara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-comic aritmatika sosial dimasa pandemi COVID-19. Jurnal Derivat, 8(1), 1-10.

Erica, S. (2021). Pengembangan media pop up book pada pembelajaran PKN di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4),110-122.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1-17.

Gulo, A. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.

Hafifah, N. B., Hadi, W., & Ritonga, M. U. (2023). Development of pop-up book learning media to improve student language skills. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 4(2), 398-412.

Haptanti, F. S., Hikmah, M., & Basuki, I. A. (2024). Peran media pembelajaran dalam pendidikan bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972-980.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.

Hasanah, N., Wardhani, R. A. A. K., & Prasiska, E. (2023). Pengembangan media pop-up book pada materi hukum dasar Kimia untuk siswa kelas X di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 6(2), 137-145.

Hazumi, Y. (2020). Development of pop-up book learning media on earth oil materials. International Journal of Science and Society, 2(1), 45-53.

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66.

Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan kepraktisan e-modul berbasis kontekstual mata pelajaran OTK sarana dan prasarana untuk peserta didik program keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 12-21.

Kamal, A. L., Ali, M. K., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan media pop up book pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 1-12.

Khaerunnisa, A. (2023). Efektivitas penggunaan pop up book sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar Biologi siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 20-28.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Kholil, M., & Nisa, N. (2025). Penggunaan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa MI dalam mengelompokkan jenis tumbuhan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 236-254.

Lanti, M., Harmoko, H., & Egok, A. S. Development of pop up book learning media at the five grade IPA content of Wonokerto state elementary school. Current Issues on Elementary Education Journal, 1(1), 56-65.

Lestari, W. D., Yuhanna, W. L., & Lukitasari, M. (2020). Pengembangan media bio pop-up book terintegrasi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada pembelajaran Biologi materi daur Biogeokimia. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(2), 130-139.

Lestariningsih, D., Rais, P., Nurdyansyah, N. (2021). Development of pop-up book learning media to improve understanding of teaching. Middle European Scientific Bulletin, 13(1), 72-77.

Oktiningrum, W., & Putri, A. R. (2023). Pengembangan bahan ajar pocket book berbasis QR code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 1(2), 55-64.

Pradiani, N. P. W. Y., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up book materi bangun ruang pada muatan pembelajaran Matematika kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456-1469.

Putri, R. R. R., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran modul elektronik (e-modul) berbasis Flip PDF Professional pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 93-104.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sari, N. A. P., Kirana, A., & Supriyatin, E. (2025). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan buku pop up sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Journal of Educational Science and E-Learning, 2(1), 71-79.

Sianturi, M., Siagian, G., & Pasaribu, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi keanekaragaman hayati. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(2), 171-178.

Silqi, V. I., & Febrianto, R. (2022). Pengembangan media pop-up book mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi untuk siswa SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 883-892.

Suparlan, S. (2020). Peran media dalam pembelajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298-311

Umar, E., & Tajeb, D. (2020). The development of pop up book learning media to improve student learning outcomes on teach i LMU social knowledge. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 7(12), 190-194.

Umiroh, A. N., & Rahmi, L. (2025). Development of big book media on songket weaving activities in Riau for elementary school. Jurnal Pendidikan Dasar, 22(3), 1227-1242.

Wafa, M. A., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar tingkat SMA/SMK. Jurnal Tawadhu, 9(1), 112-120.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan media game edukasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 1-11.

Published

29-08-2025

How to Cite

Siregar, R., & Rohani, R. (2025). Development of interactive pop-up book learning media for human circulatory system material to increase high school students’ interest in learning. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1919-1932. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.133

Similar Articles

41-50 of 64

You may also start an advanced similarity search for this article.